Sukses


4 Pembalap yang Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Saat Balapan: Ada Rider Muda Indonesia

Bola.com, Jakarta - Dunia motorsport, khususnya roda dua berduka. Pembalap asal Jepang, Haruki Noguchi meninggal dunia akibat kecelakaan di Sirkuit Mandalika, Lombok.

Haruki Noguchi mengalami crash ketika mengikuti Race 2 kelas Asia Superbike 1000 di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023.

Haruki Noguchi sempat menjalani perawatan di rumah sakit selama beberapa hari. Namun lantaran cedera terlalu parah, ia harus meregang nyawa.

Wafatnya Haruki Noguchi akibat kecelakaan balapan tentu karena murni racing accident. Jika menilik belakang, beberapa pembalap juga harus kehilangan nyawa akibat balapan.

Bola.com mengumpulkan tiga kasus pembalap meninggal dunia yang sempat heboh. Yuk scroll ke bawah untuk mengetahui siapa saja mereka.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

1. Dajiro Kato

Awal kasus pembalap meninggal paling dikenal dimulai dari wafatnya pembalap Jepang, Daijiro Kato di kelas MotoGP.

Kasusnya sangat terkenal karena Daijiro Kato meninggal dunia ketika namanya sedang berkibar di kelas MotoGP. Nahasnya ia meninggal dunia pada lomba perdana musim 2003 di Sirkuit Suzuka, Jepang, 6 April 2003.

Dia menabrak dinding pembatas sirkuit setelah gagal melahap sektor chicane Casio Triangle. Kecepatan motor sang pembalap ketika menabrak dinding tersebut adalah 200 km/jam.

3 dari 5 halaman

2. Marco Simoncelli

Kasus pembalap MotoGP meninggal dunia lainnya yang sangat menyita perhatian setelah Kato. Adalah pada lomba di Sirkuit Sepang, Malaysia, 23 Oktober 2011.

Marco Simoncelli mengalami kecelakaan di lap kedua saat sedang menempati posisi keempat. Motornya kehilangan traksi di Tikungan 11 dan membuat tubuhnya tergelincir. Nahasnya ia terlindas oleh Colin Edwards dan juga sahabatnya, Valentino Rossi.

4 dari 5 halaman

3. Luis Salom

Sesi latihan bebas kelas Moto2 di Sirkuit Katalunya, Barcelona, 3 Juni 2016. Kala itu sesi latihan bebas kedua tinggal menyisakan 25 menit lagi.

Luis Salom kecelakaan ketika melahap Tikungan 13. Kamera MotoGP tidak merekam kejadian ini. Namun kamera keamanan di Tikungan 13 melihat, motor Salom menabrak kencang air fence (bantalan udara untuk pelindung sebelum ke dinding pembatas sirkuit) dan kemudian berbalik menabrak tubuh Salom.

5 dari 5 halaman

4. Afridza Munandar

Wafatnya pembalap muda Indonesia, Afridza Munandar (20 tahun) saat berlomba di Asia Talent Cup 2019, meninggalkan kisah kelam di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Afridza tutup usia setelah mengalami kecelakaan di tikungan 10 lap pertama pada balapan kedua Asia Talent Cup 2019, Sabtu (2/11/2019).

Pembalap binaan Astra Honda Motor ini tak tertolong meski sudah diterbangkan ke rumah sakit di Kuala Lumpur. 

Video Populer

Foto Populer