Sukses


Jarang Banget Lihat Pembalap MotoGP Nge-drift Saat Masuk Tikungan, Marc Marquez Berikan Penjelasan: Gara-gara Aeordinamika!

Bola.com, Jakarta - Dahulu pemandangan pembalap MotoGP melakukan aksi drift ketika masuk tikungan begitu familiar dilakukan.

Casey Stoner, Dani Pedrosa sampai Marc Marquez merupakan rider yang gemar memperlihatkan motor sliding di tikungan.

Namun gara-gara motor MotoGP era sekarang yang lebih menonjolkan aspek aerodinamika, pemandangan di atas tinggal kenangan.

Hal di atas dijelaskan pembalap Gresini Racing Marc Marquez. Menurut juara dunia MotoGP enam kali itu, motor MotoGP era sekarang butuh memaksimalkan downforce atau gaya tekan.

Sehingga Marc Marquez menilai membuat motor sliding di tikungan sudah tidak efektif. Yuk scroll ke bawah untuk membaca komentar pembalap asal Spanyol itu. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Komentar Marc Marquez

"Terutama saat mengerem dan masuk ke tikungan, Anda harus melakukan apa yang motor inginkan dan bukan apa yang Anda inginkan," kata Marc Marquez di sela-sela balapan di Sirkuit Silverstone, Inggris beberapa waktu lalu.

"Jika Anda melihat di masa lalu dengan Stoner, bahkan Pedrosa, mereka selalu meluncur dengan roda belakang dan masuk ke tikungan dengan cara itu." 

"Sekarang tidak lagi. Kenapa? Karena Anda membunuh aerodinamika dan itu menjadi lebih sulit," tambahnya. 

 

3 dari 3 halaman

Teknologi

Karena motor MotoGP era sekarang sudah menonjolkan lebih banyak teknologi, motor Kejuaraan Dunia Balap Motor sudah mirip seperti Formula 1. 

Alhasil, skill pembalap saat ini sudah tidak menjadi faktor pertama untuk kesuksesan seorang rider di lintasan. 

Faktor motor kompetitif kini lebih terpenting dari sosok pembalap itu sendiri. Salah satu buktinya betapa Marc Marquez kesulitan di Honda, tapi kemudian kembali kompetitif ketika gabung Ducati. 

Video Populer

Foto Populer