Sukses


Jorge Martin Unjuk Kemahiran Berbahasa Indonesia Jelang MotoGP Mandalika, Netizen: Pasti Warga Depok, Ayo Dinaturalisasi

Bola.com, Jakarta - Kejutan datang dari pembalap andalan Pramac Prima Racing, Jorge Martin. Rider asal Spanyol itu ternyata mahir berbahasa Indonesia, dan itu diperlihatkan dalam konferensi pers jelang MotoGP Mandalika 2024.

Jumpa media tersebut berlangsung di Sirkuit Mandalika, Kamis (26/9/2024). Selain Jorge Martin, pembalap papan atas MotoGP lainnya yang hadir adalah Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), Marc Marquez (Gresini Racing), dan Enea Bastianini (Ducati Lenovo).

Seperti biasa dalam konferensi pers para pembalap membahas berbagai hal terkait musim balapan 2024, perebutan gelar juara dunia, hingga prediksi jalannya balapan akhir pekan ini.

Namun, ada satu momen unik yang menarik perhatian, yaitu tes kemampuan berbahasa Indonesia yang diikuti keempat pembalap tersebut. Jorge Martin dkk. ditantang untuk menerjemahkan sejumlah kata Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

Jorge Martin Paling Mahir

Dalam tes bahasa tersebut, Jorge Martin mencuri perhatian awak media dan penonton dengan kemahirannya memahami Bahasa Indonesia. Martin berhasil menjawab semua pertanyaan yang diajukan dengan sempurna.

Kebolehannya tersebut menjadikan Jorge Martin sebagai pembalap dengan nilai tertinggi mengalahkan Marquez, Bastianini, dan Bagnaia.

Martin berhasil menjawab istilah-istilah umum seperti terima kasih, bendera kuning, garis start, sampai jumpa, pemenang, dan masih banyak lagi. Uniknya hanya Martin yang berhasil menjawab semua pertanyaan dengan benar.

 

3 dari 8 halaman

Marc Marquez Paling Kocak

Jika Jorge Martin unjuk kebolehan, Marc Marquez justru menciptakan momen humoris dengan jawaban-jawabannya yang jauh dari kata benar.

Beberapa contohnya, saat diminta untuk menerjemahkan "posisi start pertama", Marquez menjawab "start delay". Kemudian, untuk kata "sampai jumpa", Marquez menerjemahkannya sebagai "welcome".

Momen paling kocak adalah ketika dia mengartikan "sudut kemiringan" sebagai "elbow down". Perlu diketahui, elbow down adalah gaya balap dalam di mana pembalap menggesekkan sikunya ke aspal saat menikung.

Jawaban-jawaban Marquez ini langsung menjadi sorotan dan bahan candaan di media sosial. Netizen terlihat terhibur dengan jawaban Marquez yang cenderung ngawur dan tidak sesuai ekspektasi.

 

4 dari 8 halaman

Reaksi Netizen

Kemampuan Martin menjawab semua pertanyaan dengan benar pada tes Bahasa Indonesia memicu respons kocak dari netizen Indonesia. Banyak yang berseloroh Martin mungkin memiliki darah keturunan Indonesia.

Beberapa netizen bahkan mengusulkan agar Martin dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia. Mengingat Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, belakangan sering menaturalisasi pemain diaspora untuk memperkuat Tim Nasional Indonesia.

Berikut ini beberapa reaksi netizen melihat kemampuan berbahasa Indonesia Jorge Martin.

 

5 dari 8 halaman

Punya Darah Indonesia

6 dari 8 halaman

Ditanya Terjemahan Pawang Hujan

7 dari 8 halaman

Warga Depok Ya?

8 dari 8 halaman

Bisa Nih Dinaturalisasi

Penulis: Muhamad Luthfi Ma'ruf

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer