Sukses


Dorna Bakal Kurangi Partisipasi Spanyol di MotoGP: Bukan Cuma Pembalap, Jumlah Balapan Juga Direduksi

Bola.com, Jakarta - Spanyol sangat dominan di ajang MotoGP. Bukan cuma negara dengan jumlah pembalap terbanyak, tapi Spanyol turut jadi negara yang memiliki sirkuit terbanyak di Kejuaraan Dunia Balap Motor. 

Sebagai perbandingan, Spanyol menggelar MotoGP sebanyak empat kali pada musim 2024. Sirkuit Jerez, Catalunya, Motorland Aragon, dan Ricardo Tormo secara konsisten menjadi tempat balapan Kejuaraan Dunia Balap Motor sejak era MotoGP. 

Kemudian untuk jumlah pembalap Spanyol pada MotoGP 2024, tercatat ada sepuluh nama. Negara kedua penyumbang rider terbanyak di MotoGP ada Italia yaitu enam. 

Tidak bisa dimungkiri, MotoGP masih didominasi oleh Spanyol, sebuah tren yang ingin dibalikkan oleh Dorna sebagai penyelenggara.

Apalagi sejak pengambilalihan Liberty Media, tujuannya adalah untuk membuat grid yang lebih kosmopolitan, sehingga MotoGP menjadi olahraga yang benar-benar internasional.

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Kurangi Jumlah Pembalap asal Spanyol

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta mengungkapkan target mereka untuk jangka waktu dekat adalah mengurangi jumlah pembalap MotoGP asal Spanyol. 

"Di masa depan, jumlah pembalap Spanyol akan lebih sedikit. Saya tidak akan menambah lagi rider Spanyol," kata Ezpeleta saat diwawancara AS

"Dari mereka yang ada di sana sekarang, dan saya tidak akan mengatakan siapa, beberapa tidak boleh ada di sana,” tambahnya. 

3 dari 3 halaman

Jumlah Balapan dari Spanyol Terlalu Banyak

Bukan cuma soal jumlah pembalap di grid, dominasi Spanyol juga ditargetkan untuk berakhir di kalender balap.

"Kami tidak akan bisa terus mengadakan empat balapan di Spanyol. Yang pasti mereka akan bertahan di sana hingga 2026, lalu kita lihat saja nanti," ungkap Ezpeleta. 

Jika melihat saat ini, beberapa musim terakhir, cukup banyak negara baru masuk menjadi tuan rumah balapan MotoGP. 

Salah satunya Sirkuit Mandalika, Lombok yang masuk kalender MotoGP sejak 2022. Musim depan giliran Sirkuit Buddh, India yang dijadwalkan bakal menggelar MotoGP. 

Sumber: Corsedimoto 

Video Populer

Foto Populer