Sukses


MotoGP Malaysia Akhir Pekan Ini, Kesempatan Pertama Jorge Martin Kunci Titel Juara Dunia

Bola.com, Jakarta - Perebutan gelar dunia MotoGP 2024 resmi mencapai match point perdana dalam Seri Malaysia di Sirkuit Sepang pada 1-3 November 2024.

Pembalap Prima Pramac Racing, Jorge Martin akan punya kesempatan pertama untuk mengamankan mahkota juara meski misinya takkan mudah.

Setelah MotoGP Thailand di Sirkuit Buriram pada 25-27 Oktober 2024, Jorge Martin menduduki puncak klasemen pembalap dengan koleksi 453 poin, hanya unggul 17 poin atas rider Ducati Lenovo Team, Pecco Bagnaia. Perebutan gelar dunia pun sudah pasti makin berjalan sengit dan menegangkan.

Dengan dua seri tersisa, maka masih ada 74 poin maksimal yang bisa diperebutkan kedua pembalap.

Namun, Sepang berpotensi menjadi saksi penguncian gelar dunia oleh Martin hanya jika ia berhasil mendapatkan 21 poin tambahan atas Bagnaia sepanjang akhir pekan tersebut.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bagaimana Jika Poin Jorge Martin dan Pecco Bagnaia Sama Persis?

Jika 'Martinator' berhasil mendapatkan 21 poin tambahan atas Bagnaia di Sepang, maka ia akan menuju seri penutup di Valencia, Spanyol, pada 15-17 November 2024, sebagai juara dunia.

Pasalnya, ia akan punya keunggulan 38 poin di klasemen pembalap dan tak lagi bisa terkejar oleh Bagnaia.

Di lain sisi, jika Jorge Martin dan Bagnaia mengakhiri musim 2024 di Valencia dengan jumlah poin yang sama persis di klasemen, maka Bagnaia akan dinyatakan sebagai juara dunia.

Pasalnya, jumlah kemenangan balapan utama alias balapan Grand Prix menjadi penentu selanjutnya soal siapa yang akan jadi juara dunia.

Sejauh ini, Martin mengoleksi 14 podium termasuk 3 kemenangan di balapan utama. Sementara itu, Bagnaia mengoleksi 13 podium termasuk 9 kemenangan, yakni jumlah kemenangan yang tak mungkin lagi terkejar oleh Martin.

3 dari 3 halaman

Ducati Pastikan Sabet Triple Crown MotoGP 2024

MotoGP sendiri sudah mengumumkan MotoGP Malaysia 2024 sebagai venue #TheRematch, alias pengulangan duel 2023.

Seperti yang diketahui, Martin dan Bagnaia juga memperebutkan gelar dunia musim lalu sampai akhir musim, di mana gelar dunia akhirnya jatuh ke tangan Bagnaia.

Di lain sisi, meski masih menanti siapa pembalap yang bakal jadi juara dunia, MotoGP 2024 sudah mendapatkan pemenang gelar dunia konstruktor, yakni Ducati.

Ducati mengunci gelar ini setelah Enea Bastianini merebut kemenangan dalam MotoGP Emilia Romagna.

Gelar dunia tim pun jatuh ke tangan Ducati Lenovo Team, yang mengunci gelar ini setelah Bagnaia menang dan Bastianini finis ke-14 dalam balapan utama di Thailand. Dengan hasil ini, Ducati juga dipastikan telah mengunci gelar Triple Crown MotoGP 2024.

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya, Published 28/10/2024)

Video Populer

Foto Populer