Sukses


5 Atlet Muda Wanita yang Tampil Gemilang di Olimpiade Rio 2016

Bola.com, Jakarta - Olimpiade Rio 2016 tak hanya menjadi panggung buat atlet pria. Sejumlah atlet wanita juga mampu tampil memukau. Hebatnya, para atlet wanita yang mampu berprestasi tersebut tak hanya berasal dari perempuan yang sudah matang secara usia.

Ada beberapa atlet wanita yang sudah bisa meraih medali emas meskipun usianya masih muda. Lebih hebat lagi, mereka tak hanya meraih satu medali emas saja, tapi beberapa diantaranya mampu meraih lebih dari satu medali emas. 

Lalu siapa saja para atlet wanita muda itu dan dari cabang apa mereka bisa menyabet emas? Berikut lima atlet muda wanita dengan prestasi paling oke di Olimpiade Rio 2016:

1. Penny Oleksiak

Atlet renang Kanada yang berusia 16 tahun ini berhasil menyabet medali emas di nomor 100 meter gaya bebas pada hari Jumat (12/08/2016). Raihan ini melengkapi jumlah medalinya menjadi empat di Olimpiade Rio. Sebelumnya Penny meraih medali perak pada nomor 100 meter gaya kupu-kupu, medali perunggu pada nomor 4 x 100 meter relay, dan 4 x 200 meter relay.

Pencinta donat ini menjadi atlet Kanada pertama yang berhasil memenangkan empat medali dalam satu Olimpiade. Kesuksesan ini sudah diduga oleh mantan pelatihnya, Bill O'Toole, yang sudah melatihnya sejak umur 12 tahun.

"Dia selalu menjadi perenang berbakat. Saya sudah melihat banyak talenta yang datang dan pergi. Dari delapan perenang yang saya latih, Penny adalah yang terbaik," tegas kata Bill.

Bill menganggap salah satu kunci kesuksesan Penny adalah dia tidak gentar untuk bersaing dengan perenang yang lebih senior di tim Kanada. "Dia tidak menyia-nyiakan bakatnya dan terus berlatih dengan keras, sehingga bisa meraih hasil yang baik hari ini," ucapnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Simone Biles

2. Simone Biles

Atlet senam asal Amerika Serikat, Simone Biles, baru berusia 19 tahun ketika mengikuti Olimpiade Rio 2016 sebagai Olimpiade pertama. Debutnya berakhir manis setelah ia memenangkan tiga medali emas di cabang senam lantai.

Medali emas pertama didapatkan pada Selasa (09/08/2016). Bertanding di nomor beregu bersama atlet senam lantai lain seperti Lauren Hernandez, Madison Kocian, Aly Raisman, Gabrielle Douglas, mereka memenangkan medali emas pada kesempatan pertama tampil di Olimpiade.

Medali kedua didapatkan pada Kamis (11/8/2016), saat dia memenangkan medali emas senam nomor artistik all around putri. Ia menjadi juara nomor ini dengan selisih 2.100 poin dari lawan yang juga rekan senegaranya Aly Raisman.

Medali emas ketiga dimenangkan pada nomor vault. Biles menjadi atlet senam Amerika Serikat pertama yang memenangkan medali emas di nomor tersebut. "Nomor vault adalah sesuatu yang sangat ingin saya menangkan, jadi saya mampu fokus untuk hasil yang terbaik," ujar Biles.

3 dari 5 halaman

Katie Ledecky

3. Katie Ledecky

Katie Ledecky membuat kehebohan di cabang renang Olimpiade Rio 2016. Empat hari yang lalu, gadis 19 tahun ini berhasil mempertajam rekor yang dicetak atas namanya di nomor 800 meter gaya bebas dan memenangkan medali emas yang keempat.

Selain pada nomor ini, dia sudah memenangkan tiga medali emas, yakni pada nomor 200 meter gaya bebas, 400 meter gaya bebas, dan 4 x 200 meter gaya bebas.

Katie menjadi atlet wanita Amerika Seikat kedua yang berhasil meraih emas pada empat nomor yang berbeda di cabang renang. Ia mengikuti jejak Debbie Myer yang melakukannya di Olimpiade Mexico City 1968.

4 dari 5 halaman

Monica Puig

4. Monica Puig

Petenis berusia 20 tahun ini menjadi wanita pertama yang bisa mempersembahkan medali emas pertama untuk Puerto Rico, setelah mengalahkan Angelique Kerber dengan skor 6-4, 4-6, 6-1, Minggu (14/08/2016), di Olympic Tennis Centre.

Mónica Puig Marchán lahir pada 27 September 1993 di San Juan, Puerto Rico. Puig menjadi petenis profesional pada saat dia berumur 14 tahun pada tahun 2010. Sejauh ini dia memenangkan satu gelar WTA di turnamen Internationaux de Strasbourg. Pada tanggal 11 Juli 2016, dia mencapai peringkat 33 dunia, setelah sebelumnya menempati peringkat 263 pada tanggal 23 Juli 2012.

5 dari 5 halaman

Virginia Thrasher

5. Virginia Thrasher

Atlet menembak Amerika Serikat berusia 19 tahun ini berhasil memenangkan medali emas pertama buat Amerika Serikat di Olimpiade Rio 2016. Pada hari Sabtu (6/8/2016), ia berhasil menjuarai nomor 10 meter senapan angin dengan skor 208.0. Dia mengalahkan atlet tembak China, Du Li, yang mengumpulkan skor 207.0.

"Walaupun rasanya tak mungkin bagi saya untuk masuk final, tapi saya hanya fokus melakukan yang terbaik," ucap Virginia.

Sumber: Berbagai sumber

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer