Sukses


    4 Calon Juara Euro 2024: Inggris dan Italia Penasaran, Tetapi Prancis Ingin Berpesta di Jerman

    Bola.com, Jakarta - Berikut ini prediksi calon juara Euro 2024. Ada empat tim yang punya peluang besar, satu di antaranya Inggris.

    Euro 2024 digelar di Jerman pada 14 Juni hingga 14 Juli 2024. Portugal jadi tim kuat dan punya peluang besar meraih juara mengingat betapa impresifnya mereka selama fase kualifikasi.

    "Bagi saya, Portugal adalah salah satu dari tiga tim terkuat," kata Jose Mourinho ketika ditanya mengenai kans negaranya berbicara banyak di Euro 2024.

    "Kejutan bisa terjadi ya. Tapi melihat kualitas dan kuantitas pemain, saya pikir Portugal akan menang."

    Mourinho punya jagoan, tetapi Bola.com memiliki empat tim lainnya yang berpeluang meraih juara Euro 2024.

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 5 halaman

    Inggris

    The Three Lions memperlihatkan kemajuan yang stabil di bawah asuhan Gareth Southgate, termasuk finis sebagai runner-up di bawah Italia di Euro sebelumnya.

    Southgate telah lama dikritik karena dianggap konservatisme dan dia sendiri mengakui bahwa Inggris tidak dalam kondisi terbaiknya selama kualifikasi, yang merupakan sesuatu yang memprihatinkan mengingat mereka bisa dibilang memiliki barisan penyerang paling menarik di dunia sepak bola.

    Namun, jika Jude Bellingham dan Harry Kane sama-sama fit dan bersemangat, The Three Lions setidaknya harus melaju ke semifinal berkat hasil imbang yang paling ringan, yang akan memberi mereka keunggulan serius atas rival yang lebih lelah berjuang.

     

    3 dari 5 halaman

    Prancis

    Kekalahan dari Jerman dalam pertandingan persahabatan menimbulkan keheranan namun Perancis tetap menjadi tim Eropa dengan peringkat tertinggi di dunia saat ini.

    Pemain nomor 9 pilihan pertama Olivier Giroud bisa menjadi pembeda, tetapi selain itu, Marcus Thuram dan Randal Kolo Muani menjadi alternatif yang sangat baik di lini depan.

    Di tempat lain, kiper Mike Maignan adalah pembuat keajaiban, pertahanannya sangat bagus sehingga William Saliba masih belum bisa menjadi starter, lini tengah yang sudah tangguh telah didorong oleh munculnya bakat generasi Warren Zaire-Emery, penghubung Antoine Griezmann dalam bentuk kehidupannya, sementara Kylian Mbappe adalah penyerang paling menakutkan di dunia sepak bola.

    Yunani mungkin telah menghancurkan harapan Prancis untuk menyelesaikan kualifikasi dengan rekor sempurna dengan menahan imbang Bleus dengan skor 2-2 di Athena, tetapi setelah mengalahkan Belanda baik kandang maupun tandang dengan mudah, runner-up Piala Dunia 2022 itu bisa berjaya di Jerman.

     

    4 dari 5 halaman

    Jerman

    Mengatakan persiapan Jerman untuk Euro 2024 kurang ideal adalah sebuah pernyataan yang sangat meremehkan. Setelah gagal total mencapai babak sistem gugur Piala Dunia tahun lalu, Die Mannschaft mengalami kehancuran total, kalah empat dari enam pertandingan pertama mereka pada tahun 2023 - yang menyebabkan Hansi Flick dipecat sebagai pelatih setelah kekalahan mengejutkan 1-4 di kandang sendiri dari Jepang.

    Pelatih sementara Rudi Voller kemudian memimpin Jerman meraih kemenangan persahabatan yang meningkatkan moral atas Prancis sebelum Julian Nagelsmann meraih kemenangan, atas Amerika Serikat, dan hasil imbang, melawan Meksiko, dalam dua pertandingan pertamanya sebagai pelatih kepala baru, meski kemudian kalah dari Turki dan Austria.

    Namun, segalanya mungkin akan berjalan baik bagi bos baru, yang melihat timnya mengalahkan Prancis dan Belanda selama jeda internasional bulan Maret. Perlu juga diingat bahwa terlepas dari semua kesulitan mereka baru-baru ini di turnamen besar, Jerman masih memiliki beberapa pemain berkualitas.

    Antonio Rudiger, Joshua Kimmich dan Ilkay Gundogan terbukti tampil di level tertinggi dan sekali lagi bergabung ke dalam skuad oleh Toni Kroos, yang tergoda untuk pensiun dari kompetisi internasional, sementara Jamal Musiala dan Florian Wirtz adalah calon superstar.

    Nagelsmann jelas masih kekurangan striker kelas dunia tetapi Niclas Fullkrug memiliki rekor bagus untuk negaranya, dan bisa berpesta gol menghadapi Swiss, Skotlandia, dan Hongaria. Peluang benar-benar terbuka bagi Jerman untuk membangun momentum sejak dini.

     

    5 dari 5 halaman

    Italia

    Italia membutuhkan satu poin dari pertandingan terakhir mereka melawan Ukraina untuk maju sebagai runner-up di bawah Inggris di Grup C dan mereka mendapatkannya berkat hasil imbang 0-0 di Leverkusen. Namun, Azzurri sangat beruntung karena VAR menolak melakukan intervensi setelah apa yang terlihat seperti pelanggaran di masa tambahan waktu yang dilakukan oleh Bryan Cristante terhadap Mykhailo Mudryk di area penalti.

    Luciano Spalletti tentu saja tidak peduli. Seperti yang ia katakan dengan tepat, kualifikasi adalah yang terpenting bagi Italia setelah gagal pada Piala Dunia tahun lalu di Qatar. Dia juga mengambil alih kepemimpinan di tengah situasi yang sulit, dengan Roberto Mancini, orang yang memimpin negara tersebut meraih kejayaan di Euro 2020, secara sensasional mengundurkan diri selama musim panas untuk mengambil alih Arab Saudi.

    Spalletti sangat menyadari bahwa Italia tidak dianggap sebagai salah satu favorit, terutama setelah berada satu grup bersama Spanyol dan Kroasia, namun ia memiliki beberapa pemain hebat dalam diri Nicolo Barella, Federico Chiesa, Federico Dimarco dan Alessandro Bastoni, sementara harapannya adalah tim Genoa Penyerang kelahiran Argentina Mateo Retegui, yang telah mencetak empat gol dalam enam pertandingan pertamanya untuk negara angkatnya, mungkin saja menjadi pencetak gol yang sangat dibutuhkan Azzurri.

    Mungkin yang paling penting dari semuanya, Spalletti menunjukkan dengan kemenangan bersejarahnya di Napoli bahwa ia mampu memberikan hasil yang luar biasa dengan tim yang kurang dihargai.

    Video Populer

    Foto Populer