Sukses


    Fakta Cerita Berlin, Kota Terpadat yang Sering Gelar Event Olahraga

    Bola.com, Jakarta - Berlin menjadi salah satu dari 10 kota yang akan menggelar pertandingan Euro 2024. Sebagai ibu kota negara, Berlin juga dikenal sebagai kota yang sangat sering menggelar berbagai macam event olahraga dalam sejarahnya.

    Berlin adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Jerman, baik secara luas area maupun populasinya. Kota ini memiliki lebih dari 3,85 juta penduduk, membuat Berlin menjadi kota paling padat penduduk di Uni Eropa.

    Kota ini juga memiliki begitu banyak monumen bersejarah, seperti Victory Column, Charlottenburg Palace, Roters Rathaus, Reichstag, dan yang tentu paling terkenal adalah Brandenburg Gate, yang dulunya merupakan gerbang keluar masuk kota yang dibangun oleh Raja Prussia, Frederick William II.

    Brandenburg Gate juga merupakan saksi dari reunifikasi Jerman pada 1990, di mana Jerman Timur dan Jerman Barat akhirnya bersatu dan Tembok Berlin yang terletak di depan Brandenburg Gate diruntuhkan.

    Sebagai ibu kota negara, Berlin juga merupakan pusat pemerintahan dan politik Jerman. Berlin juga menjadi kota diplomasi dengan keberadaan 158 kedutaan negara sahabat yang ada di kota tersebut.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 4 halaman

    Sering Menggelar Event Olahraga

     

    Berlin dikenal sebagai kota yang sering menjadi tuan rumah event besar olahraga internasional. Berlin menjadi tuan rumah Olimpiade 1936 dan pertandingan final Piala Dunia 2006.

    Kejuaraan Dunia Atletik juga pernah digelar di Olympiastadion pada 2009 dan rencananya akan digelar lagi di sana pada 2025. Berlin juga menjadi salah satu tuan rumah FIBA EuroBasket 2015 dan juga menggelar final Liga Champions 2015.

    Berlin Marathon juga menjadi event tahunan yang menjadi salah satu yang selalu diikuti banyak penggemar maraton dari seluruh dunia. Berlin juga memiliki Mellowpark yang merupakan salah satu arena skate dan BMX terbesar di Eropa.

    Berlin punya banyak klub olahraga yang terkenal, seperti Union Berlin dan Hertha Berlin di sepak bola, Alba Berlin di basketball, kemudian Berlin Recycling Volley untuk bola voli.

    Ada pula Berlin Thunder yang merupakan tim american football, Eisbaren Berlin yang merupakan klub hoki es, dan Fuche Berlin yang merupakan klub handball.

    3 dari 4 halaman

    Olympiastadion, Venue Final Euro 2024

     

    Stadion utama di Kota Berlin ini akan menjadi arena pertandingan Euro 2024 nantinya. Stadion ini merupakan kandang dari Hertha Berlin yang saat ini berkompetisi di divisi 2 Bundesliga.

    Olympiastadion pertama dibangun pada 1934 hingga 1936 untuk keperluan Olimpiade Berlin 1936. Stadion ini dua kali mengalami renovasi, di mana yang terakhir dilakukan untuk keperluan Piala Dunia 2006.

    Pada Euro 2024 nanti, Olympiastadion akan menggelar enam pertandingan, tiga di antaranya di fase grup, sementara tiga lainnya di fase knockout.

    Pertandingan pembuka Grup B antara Spanyol kontra Kroasia pada 15 Juni, laga kedua Grup D antara Polandia kontra Austria pada 21 Juni, laga ketiga Grup D antara Belanda kontra Austria pada 25 Juni, kemudian satu pertandingan 16 besar pada 29 Juni, satu pertandingan perempat final pada 6 Juli, dan pertandingan final Euro 2024 pada 14 Juli 2024.

    4 dari 4 halaman

    Pertandingan Euro 2024 di Berlin

     

    15 Juni 2024: Spanyol vs Kroasia (Grup B)

    21 Juni 2024: Polandia vs Austria (Grup D)

    25 Juni 2024: Belanda vs Austria (Grup D)

    29 Juni 2024: 16 Besar

    6 Juli 2024: Perempat Final

    14 Juli 2024: Final

    Video Populer

    Foto Populer