Sukses


    Fakta Cerita Munich, Kota yang Identik dengan Klub Raksasa Jerman dan Tragedi yang Menimpa MU

    Bola.com, Jakarta - Munich merupakan kota metropolitan dan menjadi satu di antara tonggak perekonomian Jerman. Kini, kota yang identik dengan klub raksasa Jerman, Bayern Munchen, dan tragedi memilukan yang menimpa Manchester United itu, bakal menjadi tuan rumah Euro 2024.

    Saat ini, Munich berstatus sebagai kota berpenduduk terbesar ketiga di Jerman, setelah Berlin dan Hamburg. Berdasarkan data dari Eurostat, jumlah penduduk kota Munich mencapai angka 1,472 juta pada 2019.

    Meski memiliki jumlah penduduk yang terbilang padat, kekuatan ekonomi Munich di atas rata-rata kota lainnya di Jerman. Situasi tersebut tercermin dari jumlah angka pengangguran di kota tersebut yang berada di angka 3,5 persen pada 2018.

    Berkembang pesatnya perekonomian di kota Munich tak lepas dari infrastruktur yang menunjang serta kehadiran perusahaan raksasa Eropa. Mulai dari Siemens (Elektronik), BMW (otomotif), MAN AG (produsen truk), dan Allianz (keuangan).

    Selain itu, Munich juga berdiri kantor pusat komponen pesawat terbang MTU Aero Engines, produsen mesin injection molding Krauss-Maffei, produsen kamera dan penerangan Arri, perusahaan semikonduktor Infineon Technologies, produsen lampu Osram, dan kantor pusat perusahaan asing di Jerman, seperti McDonald's dan Microsoft.

    Tak hanya perekonomian, kota Munich juga memiliki beragam tempat hiburan dan wisata menarik bagi para turin. Beberapa di antaranya adalah Marienplatz yang merupakan alun-alun besar dan terbuka di Munich, Englischer Garten adalah taman kota terbesar di Jerman, Museum BMW, dan tentu saja festival Oktoberfest.

    Pada pertengahan tahun ini, kota yang memiliki luas 310,43 km persegi tersebut bakal menggelar turnamen akbar antarnegara Eropa, Euro 2024. Allianz Arena yang merupakan kandang dari Bayern Munchen bakal menghelat sejumlah pertandingan, satu di antaranya adalah partai semifinal.

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 4 halaman

    Identik dengan Bayern Munchen

    Kota Munich memang tak bisa dilepaskan dari kehadiran Bayern Munchen. Tim yang didirikan sejak 27 Februari 1900 tersebut merupakan klub tersukses di Jerman dan juga Eropa.

    Mereka berhasil meraih 33 trofi Bundesliga dan itu adalah yang terbanyak dibandingkan tim-tim lainnya. FC Nurnberg yang berada di urutan kedua hanya mengoleksi sembilan gelar juara, sedangkan Borussia Dortmund di tempat ketiga mengoleksi delapan titel juara Liga Jerman.

    Selain di Bundesliga, Bayern Munchen juga mendominasi pada ajang DFB Pokal. Tercatat, mereka mampu meraih 20 gelar juara, unggul 14 trofi atas Werder Bremen di urutan kedua yang baru meraih enam trofi.

    Adapun di Liga Champions, The Bavarians telah mengoleksi enam trofi sekaligus yang terbanyak dibandingkan klub-klub Jerman lainnya.

    Tak hanya Bayern Munchen, kota tersebut juga memiliki klub lainnya, yakni TSV 1860 Munchen. Namun bedanya, klub yang dijuluki Die Lowen tersebut kini berlaga di 3. Liga atau kasta ketiga Liga Jerman.

    3 dari 4 halaman

    Tragedi Munich

    Di tengah gemerlapnya dan majunya kota Munich, ada juga tragedi memilukan yang terjadi di kota tersebut. Satu yang paling dikenang dan diingat dalam dunia olahraga adalah musibah jatuhnya pesawat yang memboyong pemain Manchester United pada 1958.

    Kala itu, pada 6 Februari, Tim Setan Merah berniat pulang ke Inggris setelah menjalani partai Piala Champions kontra Red Star Belgrade. Pesawat yang mereka tumpangi berhenti mengisi bahan bakar di Bandar Udara Kota Munich.

    Namun, keputusan pilot James Thain dan Kenneth Rayment yang mengabaikan anjuran menginap berakibat fatal. Kerusakan pada mesin pesawat bagian kiri, ditambah salju yang mulai turun menyebabkan pesawat mengalami kecelakaan.

    Sebanyak 20 dari 44 penumpang meninggal di tempat, sementara tiga lainnya menyusul di Rumah Sakit Rechts der Isar, Munich. Delapan penumpang di antaranya adalah pemain Manchester United, yakni Duncan Edwards, Roger Byrne, Geoff Bent, Eddie Colman, Mark Jones, David Pegg, Tommy Taylor, dan Billy Whelan.

    Sementara itu, pelatih kepala MU, Matt Busby, menderita cedera parah dan berada dalam kondisi kritis selama berminggu-minggu. Di sisi lain, pilot James Thain justru selamat dari kecelakaan itu.

     

    4 dari 4 halaman

    Jadwal Pertandingan Euro 2024 di Munich

    Fase Grup

    • 14/6/2024 Jerman Vs Skotlandia - Grup A
    • 20/6/2024 Slovenia Vs Serbia - Grup C
    • 25/6/2024 Denmark Vs Serbia - Grup C
    • 17/6/2024 Rumania Vs Ukraina - Grup E

    16 Besar

    • 3/7/2024 Juara Grup E Vs Peringkat tiga terbaik Group A/B/C/D

    Semifinal

    • 9 Juli 2024
    Sepak Bola Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer