Sukses


    Fakta dan Cerita Dortmund: Nuansa Hitam-Kuning dan Kesedihan Timnas Jerman

    Bola.com, Jakarta - Dortmund menjadi salah satu kota tuan rumah Euro 2024. Kota dengan luas 280,71 km persegi ini merupakan kota terbesar ketiga di wilayah North Rhine-Westphalia.

    Dortmund adalah kota yang cukup padat di Jerman. Populasi terbaru mereka (2022) hampir mencapai 600 ribu jiwa.

    Dortmund merupakan kota yang cukup tua. Kota ini didirikan pada tahun 882 masehi. Saat ini umur kota tersebut sudah mencapai 1.142 tahun.

    Selain itu, Dortmund juga memiliki peran yang sangat penting bagi Jerman secara umum. Kota tersebut memiliki pelabuhan yang sangat penting bagi negara tersebut.

    Lebih dari 900 perusahaan yang bergerak di bidang logistik, serta lembaga ilmiah yang diakui secara nasional dan internasional beroperasi di Pelabuhan Dortmund.

    Pelabuhan Dortmund, yang mengakhiri Kanal Dortmund-Ems yang menghubungkan Dortmund ke Laut Utara , merupakan pelabuhan kanal terbesar di Eropa dengan 10 dermaga dan panjang dermaga 11 km.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 4 halaman

    Milik Si Hitam-Kuning

    Bicara Dortmund, tentu tak bisa melepaskan klub besar yang lahir dann eksis di kota tersebut. Klub yang dimaksud adalah Borussia Dortmund.

    Borussia Dortmund adalah salah satu klub tersukses Jerman. Die Roten juga cukup konsisten menjadi pesaing kuat bagi Bayern Munchen, terutama dalam 10 hingga 20 tahun terakhir.

    Borussia Dortmund pernah delapan kali menjadi juara Bundesliga. Mereka juga pernah sekali menjadi juara di ajang Liga Champions.

    BVB Stadion Dortmund, menjadi kandang dari Borussia Dortmund. Stadion itu sangat ikonik dengan yellow wall. Yakni sebuah tribune yang kerap diisi dengan koreo hebat dari para penggemar Bayern Munchen.

    Stadion berkapasitas 66 ribu kursi itu juga akan berperan penting di Euro 2024. Beberapa laga penting siap digelar di stadion yang dibuka pada 1974 itu.

    3 dari 4 halaman

    Kesedihan Semifinal Piala Dunia 2006

    Timnas Jerman menggelar pertandingan di berbagai kota di Jerman. Der Panzer tak hanya bermain di ibu kota, Berlin saja.

    Dortmund pun cukup sering mendapatkan kesempatan menggelar laga Timnas Jerman. Satu yang paling tak terlupakan terjadi di semifinal Piala Dunia 2006.

    Namun, semifinal Piala Dunia 2006 itu menjadi cerita sedih bagi publik Jerman. Saat itu skuad Die Mannschaft dikalahkan Italia dengan skor 2-0.

    Fabio Grosso dan Alessandro Del Piero menjadi pembuat derita di Dortmund. Fans Jerman yang memadati BVB Stadion Dortmund pun menangis histeris dengan kekalahan itu.

    Timnas Italia pada akhirnya melaju ke final dan menjadi juara Piala Dunia 2006 setelah menang atas Timnas Prancis lewat adu tendangan penalti.

    4 dari 4 halaman

    Jadwal Pertandingan Euro 2024 di Dortmund

    Fase Grup

    • 15 Juni 2024: Italia Vs Albania
    • 25 Juni 2024: Prancis Vs Polandia
    • 18 Juni 2024: Turki Vs Georgia
    • 22 Juni 2024: Turki Vs Portugal

    Babak 16 Besar

    • 29 Juni 2024

    Semifinal

    • 10 Juli 2024

     

    Video Populer

    Foto Populer