Sukses


Hasil Pertandingan Euro 2024: Pecahkan Rekor Milik Cristiano Ronaldo, Wonderkid Real Madrid Bawa Turki Bungkam Georgia

Bola.com, Jakarta - Timnas Turki memulai Euro 2024 dengan sangat baik. Bermain di BVB Stadion, Dortmund, Selasa (18/6/2024), Turki menang 3-1 atas Georgia. Wonderkid Real Madrid, Arda Guler, juga berhasil mencetak rekor yang mengakhiri dua dekade rekor milik Cristiano Ronaldo.

Turki memulai pertandingan pertama mereka di Euro 2024 dengan performa yang lebih baik. Dalam 20 menit pertama pertandingan, Turki terlihat lebih mendominasi jalannya laga.

Pada menit ke-22, Turki mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol. Namun, sayangnya upaya yang dilakukan Kaan Ayhan membuat bola masih membentur tiang gawang.

Tiga menit berselang Turki benar-benar memecah kebuntuan. Tepatnya pada menit ke-25, Mert Muldur mencetak gol yang membawa Turki unggul 1-0 lewat tendangan keras dari luar kotak penalti, memaksimalkan sundulan bek Georgia, Lasha Dvali, yang bermaksud melakukan clearance.

Dua menit berselang, Kenan Yildiz menjebol gawang Georgia. Namun, setelah pemeriksaan melalui VAR, sang bomber dianggap sudah berada di posisi offside sebelum bola dikirimkan kepadanya.

Tertekan selama setengah jam permainan, Georgia akhirnya sukses mencetak gol penyeimbang kedudukan. Georges Mikautadze menjebol gawang Turki setelah menerima umpan dari Giorgi Kochorashvili.

Kedudukan imbang 1-1 antara Turki dan Georgia pun bertahan hingga 45 menit pertama pertandingan Grup F Euro 2024 ini berakhir.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Arda Guler Cetak Rekor

Pada babak kedua, Turki tak mengendurkan tekanan. Namun, Georgia tetap berusaha lepas dari tekanan untuk bisa maju menyerang dan menciptakan peluang.

Gelandang muda Turki yang memperkuat Real Madrid, Arda Guler, sukses membawa timnya kembali unggul atas Georgia. Pemain berusia 19 tahun itu mencetak gol pada menit ke-65 untuk membawa Turki unggul 2-1.

Tembakan keras yang dilepaskannya dari luar kotak penalti mengalir ke sudut atas tiang jauh gawang Georgia. Laju bola yang sedikit berkelok membuat kiper Georgia, Giorgi Mamardashvili tak mampu menjangkau bola yang masuk ke dalam gawangnya dengan kencang.

Gol ini membuat Arda Guler berhasil memecahkan rekor yang dimiliki Cristiano Ronaldo sebagai pemain termuda yang mencetak gol dalam debutnya di Piala Eropa.

Arda Guler mencetak gol ini dalam usia 19 tahun 114 hari, sementara rekor yang dimiliki Cristiano Ronaldo sebelumnya gol yang dicetak pada usia 19 tahun 128 hari pada Euro 2004.

Meski sudah unggul 2-1, Turki belum puas. Meski Georgia berusaha untuk bisa kembali menyamakan kedudukan, Turki justru berhasil menambah keunggulan menjadi 3-1 lewat gol yang dicetak Kerem Akturkoglu pada menit 90'+7.

Tak lama kemudian wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir. Turki pun meraih tiga poin pertamanya di Euro 2024 dengan catatan rekor yang juga dibuat oleh Arda Guler.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

 

  • Turki (4-2-3-1): Fehmi Mert Gunok; Mert Muldur, Samet Akaydin, Abdulkerim Bardakci, Ferdi Kadioglu; Hakan Calhanoglu, Kaan Ayhan; Arda Guler, Orkun Kokcu, Kenan Yildiz; Baris Alper Yilmas
  • Pelatih: Vincenzo Montella
  • Georgia (3-5-2): Giorgi Mamardashvili; Solomon Kverkvelia, Guram Kashia, Lasha Dvali; Otar Kakabadze, Giorgi Chakvetadze, Anzor Mekvabishvili, Giorgi Kochorashvili, Giorgi Tsitaishvili; Khvicha Kvaratskheila, Georges Mikautadze
  • Pelatih: Willy Sagnol
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer