Sukses


Francisco Conceicao Sang Pahlawan Kemenangan Portugal atas Rep Ceska di Euro 2024, Mengalir Darah dari Bapaknya Sebagai Pemain Top

Bola.com, Jakarta - Portugal meraih kemenangan krusial mengalahkan Republik Ceska pada matchday pertama Grup F Euro 2024. Selecao das Quinas menang tipis 2-1 atas Ceska di Stadion Leipzig, Rabu (19/6/2023) dini hari WIB.

Bertanding di Leipzig Stadium, Rabu (19/06/2024) dini hari WIB, Portugal menang dengan skor 2-1. Rep Ceska unggul lebih dahulu lewat gol Luka Provod di menit ke-62.

Beruntung Portugal bisa bangkit di sisa pertandingan, terbantu gol bunuh diri Robin Hranac (69') hingga akhirnya Francisco Conceicao mencetak gol kemenangan di menit 90+2.

Siapa sosok Francisco Conceicao? Ia adalah putra dari eks pemain Portugal Sergio Conceicao, pesepak bola terkenal di era awal milenium baru. Sergio Conceicao pernah berkelana di klub besar Italia seperti Parma, Lazio, dan Inter Milan.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Penentu Kemenangan

Francisco Conceicao mencetak gol kemenangan di menit-menit akhir untuk membawa Portugal menang 2-1 melawan Czechia di Kejuaraan Eropa 2024 di Leipzig di Jerman. Membuat Selecao das Quinas menempel Turki di posisi teratas Grup F.

Francisco masuk ke lapangan pada akhir waktu normal dan mencetak gol dalam beberapa detik setelah masuk dari bangku cadangan. Ia enjadi super-sub terbaik untuk tim asuhan Roberto Martinez. Itu juga merupakan gol internasional senior pertamanya, yang memastikan tiga poin krusial bagi Portugal di pertandingan Grup F.

3 dari 6 halaman

Putra Gelandang Legendaris

Dia adalah putra mantan pemain internasional Portugal Sérgio Conceicão, yang merupakan pahlawan hattrick negaranya di Euro 2000, melawan Jerman. Sergio Conceicao dikenal sebagai gelandang enerjik, lincak, dan brilian di masanya.

Setelah melakukan debutnya pada bulan Maret tahun ini, Francisco melangkah ketika timnya sangat membutuhkan gol, menjaga tradisi keluarganya dalam mengharumkan nama negara melalui permainan yang indah. Menariknya, Francisco punya posisi bermain yang sama seperti ayahnya, yakni sayap kanan.

4 dari 6 halaman

Kiprah Francisco Conceicao

Conceição lahir di Coimbra pada 14 Desember 2002 dan mulai bermain sepak bola di bawah pengaruh saudara laki-lakinya, Moises dan Rodrigo, di Belenenses, sebelum pindah ke akademi Sporting pada tahun 2011 pada usia delapan tahun, menghabiskan enam musim di klub tersebut.

Ia pernah mengenyam ilmu di Belanda bersama Ajax Amsterdam, dan kini membela panji-panji FC Porto. Adapun kiprahnya sepanjang musim 2023/2024 adalah mencetk delapan gol dan delapan assist dari total 43 pertandingan di semua kompetisi.

5 dari 6 halaman

Pecahkan Rekor

Usia Francisco Conceicao saat mencetak gol ke gawang Rep Ceska adalah 21 tahun 187 hari. Dia jadi pencetak gol termuda ketiga Portugal di putaran final Piala Eropa. Dua lainnya adalah Renato Sanches (vs Polandia, Euro 2016, 18 tahun 317 hari) dan Cristiano Ronaldo (vs Greece, Euro 2004, 19 tahun 128 hari).

Setelah berselang 24 tahun dari hari sang ayah yang terakhir mencetak gol. Sergio Conceicao mencetak gol untuk Portugal ke gawang Jerman di Euro 2000, kini sang anak jadi pahlawan Portugal di Euro 2024.

Sumber: Sportstar

 

6 dari 6 halaman

Biodata Pemain

Nama: Francisco Conceicao

Tempat/Tanggal Lahir: Coimbra, 14 Desember 2002

Klub Saat Ini: FC Porto

Caps di Timnas Senior Portugal: 1 / 1 Gol

Video Populer

Foto Populer