Sukses


Punya Banyak Pemain Bintang dan Berstatus Tuan Rumah, Timnas Jerman Dijagokan Jadi yang Terbaik di Euro 2024

Bola.com, Jakarta - Timnas Jerman diprediksi bakal melaju jauh di Euro 2024. Opini itu datang dari pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto.

Asisten pelatih PSIM Yogyakarta itu meyakini, tim berjulukan Der Panzer tersebut bisa menjadi yang terbaik dalam turnamen sepak bola terbesar di benua Eropa. Bukan tanpa alasan Erwan Hendarwanto menjagokan Timnas Jerman di Euro 2024.

"Untuk ajang Euro 2024 sejauh ini saya menjagokan Jerman akan melaju jauh. Timnas Jerman diperkuat kombinasi pemain-pemain senior dan pemain muda yang cukup kenyang pengalaman internasional," ujar Erwan kepada Bola.com, Sabtu (22/6/2024).

"Banyak pemain yang memperkuat tim-tim besar Eropa. Di sana ada Toni Kroos, Antonio Rudiger, Joshua Kimmich, Manuel Neuer, hingga pemain muda Jamal Musiala," sambungnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bermain Kolektif

Menurut Erwan Hendarwanto, Timnas Jerman sejauh ini menunjukkan permainan kolektif. Dari dua laga yang dijalani, tim besutan Julian Nagelsmann itu selalu meraih kemenangan. Mereka sukses menumbangkan Skotlandia dengan skor telak 5-1 dan menekuk Hungaria 2-0.

Kemenangan atas Hungaria mengantarkan Der Panzer lolos ke-16 besar Euro 2024. Mereka kini bertengger di puncak Grup A dengan perolehan enam poin.

Meski menyisakan satu laga lagi, perolehan poin itu sudah cukup meloloskan Jerman ke babak berikutnya. Pada partai terakhir fase grup, Die Mannschaft akan berjumpa Swiss di Stadion Deutsche Bank Park, Frankfurt, Jerman, 24 Juni 2024.

"Jerman juga bermain dengan kolektivitas tim yang baik selain juga faktor tuan rumah menjadikan motivasi tersendiri," kata pelatih berusia 47 tahun itu.

 

3 dari 4 halaman

Toni Kross Tak Ada Habisnya

Solidnya permainan Timnas Jerman tidak lepas dari penampilan apik gelandang Real Madrid, Toni Kroos. Erwan Hendarwanto menyebut, Kroos punya peran begitu sentral di skuad Der Panzer, yakni si pengendali permainan yang memiliki visi bermain mumpuni.

Mantan juru taktik Persekat Tegal itu menilai, Toni Kroos merupakan satu di antara pemain kunci dalam dua laga awal Timnas Jerman di Euro 2024. Sebagai gelandang, Kroos punya atribut komplet.

Selain teknik dan operan, pemain Greifswald, Die Mannschaft itu juga andal dalam mengatur tempo permainan serta tendangan jarak jauh yang mematikan.

"Kunci permainan Timnas Jerman ada di Toni Kroos yang menurut saya masih menjadi gelandang terbaik di ajang ini. Kroos selalu menunjukkan penampilan terbaiknya di setiap pertandingan, baik di level klub maupun tim nasional," puji Erwan Hendarwanto.

4 dari 4 halaman

Klasemen, Hasil, dan Jadwal Grup A

 Posisi Negara Main Menang Seri Kalah SG Poin
1  Jerman  2  2  0  0  7-1  6
2  Swiss   2  1  1  0  4-2  4
3  Skotlandia  2  0  1  1  2-7  1
4  Hungaria  2  0  0  2  1-5  0

Jadwal Pertandingan

Matchday 1

  • 14 Juni 2024 - Jerman Vs Skotlandia (5-1)
  • 15 Juni 2024 - Hungaria Vs Swiss (1-3)

Matchday 2

  • 19 Juni 2024 - Jerman Vs Hungaria (2-0)
  • 19 Juni 2024 - Skotlandia Vs Swiss (1-1)

Matchday 3

  • 23 Juni 2024 - Skotlandia Vs Hungaria
  • 23 Juni 2024 - Swiss Vs Jerman
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer