Sukses


Mengingat Lagi Aturan Baru Euro 2024 Penentu Lolos 16 Besar, Ada Adu Penalti di Fase Grup

Bola.com, Jakarta Euro 2024 sudah memasuki matchday kedua. Sejauh ini, hanya Spanyol dan tuan rumah Jerman yang telah memastikan tempat di 16 besar, artinya hanya 14 tiket saja yang tersisa diperebutkan oleh 22 tim lain.

Sebanyak 24 tim berkompetisi di Euro 2024 yang terbagi dalam enam grup masing-masing berisi empat tim. Di setiap grup, otomatis ada dua tim yang lolos ke tahap selanjutnya. Empat sisanya adalah empat tim peringkat ketiga terbaik.

Nah, Euro 2024 memiliki regulasi dalam penentuan tempat yang lebih tinggi selama fase grup. Hal ini sedikit berbeda dengan sejumlah kompetisi domestik di Eropa.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Head-to-head Dulu

Jika di kompetisi lain, seperti Premier League, selisih gol jadi penentu dua tim dengan poin yang sama, namun hal ini tidak akan terjadi di Euro 2024. Sebaliknya, peringkat tabel akhir akan ditentukan berdasarkan rekor head-to-head.

Penentu pertama yang menentukan posisi akhir mereka akan ditentukan oleh performa kedua tim saat berhadapan langsung satu sama lain. Namun, jika pertandingan itu berakhir imbang, ada kriteria penentu lain.

Di sinilah selisih gol dan gol yang dicetak antar tim yang bersangkutan kembali dan penentunya. Dan jika tidak, siapa yang menang paling banyak.

3 dari 4 halaman

Adu Penalti

Menariknya, jika ada dua tim yang setara dalam semua faktor peringkat yang disebutkan di atas, grup tersebut kemudian dapat ditentukan melalui adu penalti terakhir untuk menentukan posisi akhir.

Namun hal ini memerlukan serangkaian peristiwa yang luar biasa, dan hanya akan terjadi jika kedua tim tersebut bermain melawan satu sama lain di pertandingan grup terakhir.

Jika adu penalti tidak memungkinkan, maka akan ditentukan oleh siapa yang memiliki catatan disiplin terbaik di grup secara keseluruhan.

Terakhir, jika semuanya gagal, hal itu akan dilakukan oleh siapa yang memiliki posisi tertinggi di peringkat Kualifikasi Euro 2024. Sedangkan Jerman yang lolos otomatis karena status tuan rumah, situasi mereka akan diselesaikan dengan undian.

4 dari 4 halaman

Hasil Matchday 2 Euro 2024

Grup A

Jerman 2-0 Hungaria

Skotlandia 1-1 Swiss

Grup B

Kroasia 2-2 Albania

Spanyol 1-0 Italia

Grup C

Slovenia 1-1 Serbia

Denmark 1-1 Inggris

Grup D

Polandia 1-3 Austria

Belanda 0-0 Prancis

Grup E

Slovakia 1-2 Ukraina

Jadwal Matchday 2

Grup E

Belgia vs Romania (Minggu, 23 Juni 2024, pkl. 02.00 WIB)

Grup F

Georgia vs Rep. Ceko (Sabtu, 22 Juni 2024, pkl. 20.00 WIB)

Turki Portugal (Sabtu, 22 Juni 2024, pkl. 23.00 WIB)

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer