Sukses


    4 Nasib Juara Euro Sebelumnya, Italia Akan Ikuti Jejak Spanyol atau Portugal?

    Bola.com, Leipzig - Kiprah Timnas Italia masih kurang meyakinkan sejauh ini di Euro 2024. Tim berjulukan Gli Azzurri itu tersendat-sendat di persaingan Grup B.

    Italia memulai Grup B Euro 2024 dengan kemenangan. Gli Azzurri mengalahkan Timnas Albania 2-1 lewat gol Alessandro Bastoni dan Nicolo Barella. Namun, pasukan Luciano Spalletti itu kebobolan lebih dulu.

    Dalam matchday kedua Grup B, Italia keok 0-1 dari Timnas Spanyol buntut gol bunuh diri dari Riccardo Calafiori. Meski hanya kalah tipis, tapi secara permainan Gli Azzurri kurang menggigit.

    Padahal, Italia adalah juara bertahan Euro. Tetapi, karena macetnya regenerasi, Gli Azzurri belum mempunyai penerus Marco Verratti hingga Lorenzo Insigne.

    Secara komposisi pemain, Italia memang tidak terlalu spesial. Nama-nama seperti Davide Frattesi hingga Gianluca Scamacca yang selalu menjadi starter, tampil melempem di Euro 2024.

    Dalam laga terakhir Grup B Euro 2024, Italia akan melawan Timnas Kroasia di Red Bull Arena, Leipzig, pada 25 Juni 2024. Gli Azzurri wajib menang jika tidak mau tersingkir secara prematur.

    Bagaimana pencapaian juara bertahan Euro sebelum Italia?

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 5 halaman

    Yunani Juara Euro 2004

    Angelos Charisteas, Theodoros Zagorakis, hingga Giorgos Karagounis adalah jagoan-jagoan Timnas Yunani ketika menjuarai Euro 2004 setelah mengalahkan tuan rumah Timnas Portugal 1-0 di babak final.

    Bagaimana perjalanan Yunani di Euro 2008? Jawabannya babak belur. Masih diperkuat Angelos Charisteas sampai Giorgos Karagounis, tim berjulukan The Pirate Ship itu selalu kalah dari tiga pertandingan dan tersingkir di penyisihan grup.

    3 dari 5 halaman

    Spanyol Juara Euro 2008

    Generasi emas Spanyol lahir pada Euro 2008. Dipimpin oleh Iker Casillas, tim dengan sebutan lain La Furia Roja ini berhasil keluar sebagai juara dengan rekor 100 persen kemenangan.

    Spanyol juga menjadi jawara Piala Dunia 2010. Pada Euro 2012, supremasi Andres Iniesta dkk. belum berakhir. La Furia Roja kembali dikukuhkan menjadi yang terbaik sesudah membantai Italia dengan empat gol tanpa balas di partai puncak.

    4 dari 5 halaman

    Spanyol Juara Euro 2012

    Hegemoni Spanyol berhenti di Euro 2016. Tanpa pemain-pemain seperti Xavi Hernandez, David Villa, hingga Fernando Torres, La Furia Roja menyerah di babak 16 besar setelah kalah 0-2 dari Italia.

    La Furia Roja mulai melakukan regenerasi ketika memunculkan nama-nama seperti Alvaro Morata, Koke, sampai Thiago, namun belum bisa menggantikan peran para seniornya di Euro 2016.

    5 dari 5 halaman

    Portugal Juara Euro 2016

    Untuk pertama kalinya, Timnas Portugal menjuarai Euro. Cristiano Ronaldo dkk. menjadi yang terbaik pada 2016 berkat sukses memupuskan harapan Timnas Prancis 1-0 di final lewat gol Eder dalam masa perpanjangan waktu.

    Di Euro 2020, Portugal terseok-seok. Tim berjulukan Selecao itu hanya bisa menduduki peringkat ketiga terbaik untuk lolos ke 16 besar setelah kalah bersaing dari Prancis dan Jerman. Portugal rontok di perdelapan final buntut keok 0-1 dari Timnas Belgia.

    Video Populer

    Foto Populer