Sukses


8 Fakta Menarik Setelah Timnas Portugal Gulung Turki pada Laga Kedua Grup F Euro 2024

Bola.com, Dortmund - Timnas Portugal berhasil menggulung Turki pada laga kedua Grup F Euro 2024. Sejumlah fakta menarik tersaji selepas duel kedua tim.

Portugal bersua Turki di BVB Stadion Dortmund, Dortmund, Sabtu (22/6/2024) malam WIB. Diperkuat para pemain bintangnya, mulai dari Bernardo Silva, Rafael Leao, Bruno Fernandes, hingga Cristiano Ronaldo, A Selecao tampil percaya diri.

Timnas Portugal mencatatkan 56,5 persen penguasaan bola, berbanding 43,5 persen milik Turki. Portugal juga melepaskan 12 tembakan yang tiga di antaranya mengarah ke gawang.

Di sisi lain, Timnas Turki memperoleh tiga peluang bagus dari 11 kesempatan. Bermain menekan, A Selecao berhasil menyudahi pertandingan dengan skor tiga gol tanpa balas.

Ketiga gol kemenangan Timnas Portugal disarangkan Bernardo Silva pada menit ke-21, gol bunuh diri Samet Akaydin menit ke-28, dan gol dari Bruno Fernandes menit ke-56.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Lolos Ke-16 Besar

Berkat kemenangan tersebut, Portugal menghuni puncak Grup F Euro 2024 dengan nilai enam. Mereka unggul tiga angka atas Turki di tempat kedua, dan memimpin lima poin atas Republik Ceska di urutan ketiga serta Georgia di dasar grup.

Dengan pertandingan musim ini yang menyisakan satu laga lagi, Timnas Portugal dipastikan lolos ke-16 besar Euro 2024 sebagai juara Grup F. Pada fase selanjutnya, mereka bakal bersua peringkat ketiga Grup A, B, atau C.

Adapun lawan terakhir A Selecao di Grup F Euro 2024 adalah Georgia di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Kamis (27/6/2024) dini hari WIB. Pada hari yang sama, Timnas Turki bakal berhadapan dengan Republik Ceska di Volksparkstadion, Hamburg.

Sejumlah data dan fakta menarik tersaji selepas duel Timnas Portugal versus Timnas Turki. Berikut ini ulasannya.

 

3 dari 4 halaman

Data dan fakta:

1. Timnas Portugal berhasil lolos ke fase knock-out Euro untuk kesembilan kalinya. A Selecao mempertahankan catatan sempurna dengan lolos dari fase grup turnamen tersebut.

2. Cristiano Ronaldo kini menyandang status sebagai pemain dengan koleksi gol terbanyak pada laga internasional (130 gol). Namun, Ronaldo belum pernah sekalipun mencetak gol dari empat pertemuan terakhir kontra Turki.

3. Timnas Portugal telah memenangkan seluruh 12 pertandingan ketika Bernardo Silva mencetak gol.

4. Pepe memperpanjang rekor sebagai pemain tertua yang berlaga di Piala Eropa, yakni 41 tahun 117 hari.

 

4 dari 4 halaman

Data dan fakta

5. Samet Akaydin menjadi pemain ke-26 yang mencetak gol bunuh diri di Piala Eropa, dan yang keenam di turnamen tahun ini.

6. Timnas Portugal telah memenangkan empat pertemuan kontra Turki di Euro, dan tak kebobolan satu gol pun.

7. Portugal untuk ketiga kalinya berhasil memulai fase grup Euro dengan meraih dua kemenangan beruntun. Sebelumnya terjadi pada Euro 2000 dan 2008.

8. Timnas Portugal sukses meraih 15 kemenangan dan menelan dua kekalahan dari 17 pertandingan terakhir diseluruh ajang.

Sumber: UEFA

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer