Sukses


4 Opsi Lini Tengah Timnas Inggris Setelah Gagal Mengalahkan Denmark di Euro 2024

 

Bola.com, Jakarta - Timnas Inggris akan kembali melakoni pertandingan lanjutan Grup C Euro 2024, Rabu (26/6/2024). Tiga Singa harus memenangkan duel melawan Slovenia guna mengamankan langkah ke fase selanjutnya.

Pada laga kedua Grup C Euro 2024, tim asuhan Gareth Southgate tampil mengecewakan karena hanya mampu bermain imbang 1-1 kontra Denmark.

Sempat unggul lewat gol Harry Kane, Inggris akhirnya harus puas bermain imbang menyusul gol balasan Denmark yang dicetak Morten Hjulmand.

Hasil ini membuktikan kalau Inggris memiliki banyak masalah yang harus diselesaikan jika ingin memenangkan duel pertandingan terakhir penyisihan grup melawan Slovenia.

Dalam laga nanti, Harry Kane harus bisa tampil maksimal dan itu adalah salah satu hal yang perlu diingat tim pelatih. Dua penyerang lainnya, Ollie Watkins dan Ivan Toney, bermain di sayap.

Namun, yang lebih mendesak adalah membenahi lini tengah The Three Lions yang tampak terkepung.

Untuk dua pertandingan melawan Serbia dan Denmark sejauh ini, Declan Rice dan Trent Alexander-Arnold telah diturunkan sebagai pasangan dua pemain di lini tengah, sementara Jude Bellingham telah diberi lebih banyak peluang untuk mencetak gol.

Harus diakui, sejak pertandingan pertama, lini tengah Inggris yang bertabur bintang belum menunjukkan hasil yang baik. Kondisi tersebut bisa dimanfaatkan oleh Serbia dan Denmark.

Inilah saatnya untuk berbenah. Berikut empat opsi di lini tengah yang bisa jadi pertimbangan Gareth Southgate untuk laga terakhir Grup C Euro 2024, seperti dilansir Givemesport:

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Opsi 1: Bellingham Bermitra dengan Foden di 10, Anthony Gordon Geser ke Kiri

Salah satu masalah utamanya adalah mendapatkan performa terbaik dari Phil Foden, yang berpotensi menjadi salah satu ancaman paling mematikan bagi Southgate musim panas ini.

Menggunakannya di sisi kiri sejauh ini belum membuahkan hasil - jadi mengapa tidak membawanya ke posisi favoritnya, sehingga melakukan sihirnya, di belakang striker?

Agar sesuai dengan cara berpikir pragmatis Southgate dan pengaturan anak buahnya, mungkin ada kekhawatiran mengenai dampaknya bagi Bellingham.

Permata Los Blancos telah memainkan peran utama bagi Inggris, mencetak satu-satunya gol mereka di pertandingan pembuka. Namun hal ini bisa saja berhasil, mengingat Bellingham telah memainkan peran serupa selama bertahun-tahun.

Peluang pemain berusia 20 tahun ini untuk melangkah maju, melampaui lawan dan menjadi efektif dalam menyerang tidak akan sepenuhnya hilang darinya karena energinya akan memungkinkan dia untuk berada di sini, di sana, dan di mana saja.

Anthony Gordon akan menjadi orang yang menggantikan Foden di sayap kiri dan keterusterangan, kecepatan, dan ancaman dribbling pemain Newcastle United itu akan menjadi pemandangan yang disambut baik oleh para penggemar dan pemain Inggris.

3 dari 5 halaman

Opsi 2: Foden dan Bellingham di depan Rice

Memiliki Foden dan Bellingham, dua kandidat utama peraih Ballon d'Or 2024, yang bekerja di lini serang, berusaha memberi umpan kepada Kane dan mendatangkan malapetaka akan menjadi hal yang optimal, bukan?

Di level klub, pasangan ini diberi izin untuk berkeliaran, tetapi kebebasan menyerang mereka agak terbatas di Timnas Inggris, dan mereka harus tetap berada dalam lingkup struktur Southgate.

Membayangkan keduanya saling berhadapan di belakang Kane mengingatkan para penggemar akan kemampuan Inggris, terutama dengan dua pemain terbaik Eropa yang menonjolkan kemampuan mereka di area tersebut.

Itu akan meninggalkan bintang Arsenal, Rice, dengan banyak tanggung jawab bertahan.

Tentu saja, Bellingham masih akan diminta oleh Southgate dan timnya untuk melepaskan Rice dari tugas tersebut dengan menelusuri kembali dan meninggalkan Foden untuk menciptakan kekacauan di sepertiga akhir lapangan. Namun, ini bukan tempat yang paling unggul dari pemain kelahiran Stourbridge itu.

Gelandang andalan ini sebaiknya menjadi pembuat perbedaan, namun dengan Southgate kemungkinan akan tetap menggunakan dua pemainnya di lini tengah, ada sesuatu yang harus diberikan, dan mungkin saja eksploitasi kreatif mantan pemain Birmingham City itu hanya terbatas pada nama memberikan preferensi posisinya.

4 dari 5 halaman

Opsi 3: Gallagher Menggantikan Alexander-Arnold

Terlepas dari semua kehebatan Alexander-Arnold dalam menguasai bola, seperti yang ditunjukkan oleh rangkaian assist-nya selama bertahun-tahun untuk Liverpool, yang kurang darinya adalah disiplin bertahan.

Terlihat dari betapa mudahnya dia dan rekan senegaranya dilewati sejauh ini, sehingga menjatuhkannya langsung untuk gelandang lain bisa menjadi jalan ke depan.

Dalam pertandingan pembuka Euro 2024 yang dijalani Inggris, wakil kapten The Reds, yang secara luas dianggap sebagai salah satu bek kanan terbaik dalam sejarah Liga Premier, beberapa kali terjebak dalam posisi membelakangi permainan, yang hanya dapat dikaitkan dengan kekurangannya pengalaman bermain di tengah.

Di level klub, Alexander-Arnold terbiasa menjadi bek kanan dengan tanggung jawab bertahan yang lebih sedikit - namun menjadi bagian dari formasi tiga gelandang Inggris terbukti terlalu berat.

Conor Gallagher, yang tampil impresif bersama Chelsea musim lalu, akan menjadi pengganti ideal.

Baik berpengalaman maupun berbakat, pemain berusia 24 tahun ini tidak sepenuhnya bisa mengontrol penguasaan bola, namun energinya yang pekerja keras dan kemauannya untuk berlari ke bawah bisa memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan Inggris.

5 dari 5 halaman

Opsi 4: Kobbie Mainoo atau Adam Wharton Diberi Kesempatan

Kobbie Mainoo dari Manchester United dan Adam Wharton dari Crystal Palace, meskipun usia mereka masih muda, lebih dari cukup mampu untuk mempertaruhkan klaim pada starting line-up Southgate.

Apa yang tidak bisa dikendalikan oleh Gallagher disediakan secara berlimpah oleh kedua anak muda itu.

Mainoo memulai debutnya di turnamen besar dengan penampilan cameo selama empat menit melawan Serbia ketika ia menggantikan Bellingham.

Namun, apa yang ia tunjukkan untuk tim Old Trafford sepanjang musim 2023/24 membuktikan bahwa usia hanyalah angka.

Mampu mendikte permainan dengan sempurna, memberikan perlawanan kepada media, dan fakta bahwa ia memiliki insting untuk memberikan umpan dan mencetak gol bisa berarti dongeng Mainoo musim ini - yang membuatnya menjadi pemain reguler di Old Trafford dan salah satu talenta muda terbaik di dunia sepakbola - bisa mencapai level baru musim panas ini dengan dia bermitra dengan Rice mulai pertandingan Slovenia dan seterusnya.

Apa yang bisa memberi Mainoo keunggulan atas Alexander-Arnold adalah bahwa dia, tentu saja, adalah seorang gelandang dan bermain 35 kali di sana untuk klub domestiknya pada musim 2023/24.

Namun, kurangnya pengalamannya bisa menjadi masalah di mata Southgate. Hal yang sama juga berlaku bagi Wharton, meski sifatnya yang tidak bisa diubah bisa menjadikannya pilihan yang solid juga, setelah musim terobosannya bersama klub ibu kota.

Sumber: Givemesport

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer