Sukses


Sapu Bersih Kemenangan dalam 3 Laga Fase Grup Euro 2024, Spanyol Berpotensi Mengulang Kesuksesan 2008?

Bola.com, Jakarta - Timnas Spanyol berhasil melangkah ke 16 besar Euro 2024 dengan catatan positif. Tiga kemenangan dan tanpa kebobolan dilewati oleh La Furia Roja di Grup B Euro 2024. Mampukah anak asuh Luis de la Fuente itu mengulang sukses pendahulunya di Euro 2008.

Spanyol memastikan diri lolos ke 16 besar Euro 2024 dengan rekor yang ciamik. La Furia Roja selalu meraih kemenangan dalam tiga pertandingan yang dijalani di fase grup ini.

Pertama, Spanyol mengawali Euro 2024 dengan kemenangan yang meyakinkan, 3-0 ats Kroasia. Alvaro Morata, Fabian Ruiz, dan Dani Carvajal menjadi aktor terciptanya ketiga gol tersebut.

Setelah itu, Spanyol berhasil meraih kemenangan 1-0 atas Italia dalam pertandingan keduanya di Grup B Euro 2024 lewat gol bunuh diri Riccardo Calafiori. Sementara pada laga terakhir fase grup, Spanyol menang 1-0 atas Albania lewat gol Ferran Torres.

Menariknya, torehan tanpa terkalahkan, bahkan selalu menang ini mirip dengan pencapaian yang dilakukan Timnas Spanyol pada Euro 2028, di mana La Furia Roja mengakhirinya dengan gelar juara.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Momen Kesuksesan 2008

Pada Euro 2008, Timnas Spanyol juga berhasil melewati fase grup dengan kemenangan sempurna. Saat itu, Spanyol tergabung di Grup D bersama rusia, Swedia, dan Yunani.

Spanyol mengawali kiprah di Euro 2008 dengan kemenangan 4-1 atas Rusia. Dalam pertandingan itu, David Villa mencetak hattrick, sementara satu gol lain dicetak oleh Cesc Fabregas.

Kemudian Spanyol menang 2-1 atas Swedia dan Yunani dalam dua laga berikutnya. Fernando Torres dan David Villa menjebol gawang Swedia, sementara Ruben de la Red dan Dani Guiza yang menjebol gawang Yunani.

Pada saat itu, tim yang lolos ke fase knockout tampil di babak perempat final. Spanyol bertemu Italia dan menang melalui drama adu penalti setelah bermain imbang tanpa gol dalam 120 menit permainan.

Melaju ke semifinal, Spanyol kemudian menang 3-0 atas Rusia untuk bisa mendapatkan tiket ke final berkat gol Xavi Hernandez, Dani Guiza, dan David Silva. Melawan Jerman di laga puncak, Spanyol menang tipis 1-0 berkat gol tunggal Fernando Torres.

Pertanyaannya, mampukah skuad Spanyol di Euro 2024 ini untuk mengulang kesuksesan pendahulunya 16 tahun silam?

3 dari 3 halaman

Spanyol 2008 Lebih Produktif, Kini Tanpa Kebobolan di Fase Grup

Bicara hasil pertandingan di fase grup, meski sama-sama mengoleksi tiga kemenangan, ada perbedaan antara Spanyol di era Euro 2008 dengan Piala Eropa 2024 kali ini.

Pada edisi 2008, Spanyol mampu mencetak delapan gol dalam tiga laga di fase grup. Catatan itu membuat Spanyol menjadi tim nomor dua paling produktif di fase grup Euro 2008, hanya tertinggal satu gol di belakang Belanda yang paling produktif saat itu.

Sementara pada edisi 2024 ini, Spanyol terbilang kurang produktif. Dari tiga laga yang sudah dijalani di fase grup, Spanyol hanya mencetak lima gol saja. Namun, menariknya selisih gol yang dimiliki Spanyol pada 2008 dan 2024 sama, yaitu plus 5.

Ya itu karena Spanyol pada Euro 2024 berhasil tanpa kebobolan dalam tiga pertandingan, alias selalu clean sheet di fase grup. Sementara Spanyol pada 2008 tercatat selalu kebobolan satu gol dalam setiap pertandingan.

Sumber: Squawka

Video Populer

Foto Populer