Sukses


    Italia Susah Payah Tembus ke 16 Besar Euro 2024, Gianluca Pandeynuwu: Yang Penting Lolos Lah!

    Bola.com, Jakarta - Keberhasilan Italia lolos ke babak 16 besar Euro 2024 disambut meriah para pendukungnya. Bukan hanya pendukung yang ada di stadion atau negaranya sana, fans Timnas Italia yang tersebar di belahan dunia termasuk di Indonesia.

    Kiper Persis Solo musim lalu, Gianluca Pandeynuwu yang mengaku senang tim idolanya lolos ke babak selanjutnya. Gli Azzurri menemani Spanyol untuk melaju ke babak 16 besar Euro 2024, Italia akan bertemu Swiss.

    Meski terseok-seok di babak penyisihan grup dengan catatan 1 kali menang, 1 kali kalah dan satu kali seri, raihan empat poin cukup mengantarkan Italia sebagai runner up dan meloloskan mereka ke babak 16 besar.

    Bertanding di laga terakhir babak penyisihan grup B melawan Kroasia Selasa dini hari (25/6/2024) di Red Bull Arena, Leipzig, tim berjuluk Gli Azzurri hanya mampu bermain imbang 1-1.

    Gol untuk di Kroasia dicetak Luka Modric menit ke-55. Sedangkan gol semata wayang untuk Italia dicetak Mattia Zaccagni di masa injury time (90+8).

    "Dari awal saya memang ngefans sama Italia, dan saya percaya Italia akan menjadi juara karena punya mental juara sebagai juara bertahan. Ditambah mereka punya pemain-pemain yang berpengalaman," kata Gianluca Pandeynuwu kepada Bola.com selasa pagi.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 4 halaman

    Kurang Greget

    Namun, kiper yang mempunyai nama lengkap Gianluca Claudio Pandeynuwu itu tak menutup mata jika perjalanan Italia di babak penyisihan grup kurang greget.

    Dengan torehan satu kali menang vs Albania (2-1), satu kali kalah vs Spanyol (1-0) dan satu kali seri vs Kroasia (1-1), menurut kiper kelahiran Tomohon, Sulawesi Utara ini perjalanan Italia lebih berat ketimbang Piala Eropa empat tahun lalu.

    "Tiga pertandingan di babak penyisihan grup mungkin bisa dibilang itu pemanasan mesin Italia saja. Mereka akan tampil lebih bagus dan maksimal di babak 16 besar nanti karena memiliki beberapa pemain yang sangat berpengalaman seperti Barella, Bastoni, dan Federico Chiesa," ungkapnya.

    3 dari 4 halaman

    Yakin Kembali Juara

    Pada tahun 2020, Italia tergabung di Grup A bersama Wales, Swiss dan Turki. Italia pun sukses menjadi juara grup setelah di tiga laga babak penyisihan grup mampu mengalahkan Wales (1-0), Swiss (3-0), dan mengalahkan Turki (3-0).

    Meski raihan Italia saat ini tidak sebagus Piala Eropa 2020, Gianluca tetap optimistis Gli Azzurri bisa lolos ke final dan juara.

    "Semangat juang mereka pun terlihat sangat militan sekali. Buktinya meski tertinggal satu gol dari Kroasia, mereka tidak patah arang. Hasilnya mereka lolos ke babak 16 besar meski hanya meraih seri. Yang penting lolos dulu ke 16 besar," tambahnya sambil tertawa lebar.

    4 dari 4 halaman

    Soal Persaingan

    Lantas siapa yang akan menyulitkan Italia di babak selanjutnya? Pemain yang pernah mengawal gawang Borneo FC ini menilai Jerman akan menjadi batu sandungan Italia.

    Jadi, Gianluca berharap Italia tidak bertemu Jerman di babak 16 besar atau semi final. Cukup ketemu di partai final, karena menurut Gianluca jika bertemu dengan Jerman di partai final maka akan tersaji laga ketat dan menarik serta enak di tonton.

    "Kalau ketemu jerman di babak 16 besar, pasti nyusahin juga itu Jerman. Karena Jerman kan tuan rumah, mereka pun catatnnya bagus di babak penyisihan grup. Berharap Italia ketemu Jerman di final saja, biar ada tontonan menarik di final nanti," Gianluca mengakhiri pembicaraan.

    Video Populer

    Foto Populer