Sukses


4 Fakta Menarik Hasil Grup F Euro 2024: Portugal Kalah, Cristiano Ronaldo Tetap Cetak Rekor

Bola.com, Jakarta - Portugal mengalami kekalahan dalam laga terakhirnya di Grup F Euro 2024, Kamis (27/6/2024) dini hari WIB. Hasil itu membuat Georgia berhasil ikut lolos ke 16 besar Euro 2024 bersama Portugal dan Turki, yang juga meraih kemenangan setelah membungkam Rep. Ceska.

Dalam laga terakhir Grup F Euro 2024, Portugal kalah 0-2 dari Georgia. Gawang Diogo Costa dua kali dibobol oleh Georgia, masing-masing oleh Khvicha Kvaratskhelia saat laga baru berjalan dua menit, dan Georges Mikautadze lewat titik putih pada menit ke-57.

Sementara itu, Turki berhasil lolos ke 16 besar Euro 2024 sebagai runner-up setelah menang 2-1 atas Rep. Ceska. Hakan Calhanoglu membuka keunggulan Turki lewat gol pada menit ke-51.

Setelah kedudukan sempat disamakan oleh Rep. Ceska lewat gol Tomas Soucek, Tuurki kembali berhasil meraih keunggulan lewat gol yang dicetak oleh Cenk Tosun pada masa injury time.

Berikut empat fakta menarik yang tersaji setelah duel terakhir di Grup F Euro 2024:

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Jumlah Gol Georges Mikautadze Lebih Banyak dari Inggris, Prancis, dan Belgia

Saat Portugal kalah, Georges Mikautadze memberikan kontribusi nyata bagi Georgia berupa satu assist untuk Khvicha Kvaratskhelia dan satu gol atas namanya sendiri melalui titik putih.

Gol yang dicetaknya ke gawang Portugal membuat pemain Georgia itu untuk sementara nangkring di puncak daftar top scorer Euro 2024 dengan torehan tiga gol.

Jumlah gol pemain Georgia ini bahkan lebih baik dari jumlah gol beberapa tim besar di Euro 2024, seperti Inggris, Prancis dan Belgia, yang masing-masing hanya mencetak dua gol dalam tiga pertandingan di fase grup.

 

 
3 dari 5 halaman

Cristiano Ronaldo Cetak Rekor Lagi

Cristiano Ronaldo memang gagal membawa Portugal meraih kemenangan di laga terakhir fase grup Euro 2024. Namun, Portugal tetap melaju ke 16 besar setelah lebih dulu meraih kemenangan dalam dua laga pertama.

Menariknya, saat Portugal kalah, Cristiano Ronaldo tetap tidak ketinggalan untuk membuat rekor lagi untuk dirinya sendiri. Dalam pertanidngan itu, Cristiano Ronaldo tercatat sudah 50 kali tampil di turnamen besar yang diikutinya.

Jika didetailkan, ini merupakan pertandingan ke-28 Cristiano Ronaldo sepanjang mengikuti Piala Eropa. Sementara jika ditambah 22 kali penampilannya di Piala Dunia, maka pertandingan melawan Georgia merupakan pertandingan ke-50.

Cristiano Ronaldo menjadi pemain Eropa pertama yang mencapai 50 penampilan di turnamen besar internasional.

 

4 dari 5 halaman

Georgia Ikuti Jejak Yunani di Euro 2004, Bakal Juara juga?

Pada gelaran Euro 2004, atau 20 tahun silam, Yunani berhasil menjalani pertandingan pertama dalam turnamen besar pertama dengan meraih kemenangan atas Portugal. Kemudian mereka berhasil angkat trofi pada akhir turnamen.

Kini 20 tahun kemudian, Georgia menjalani pertandingan pertama dalam turnamen besar dengan kemenangan 2-0 atas Portugal di Euro 2024.

Pertanyaannya kemudian, mampukah Georgia juga melakukan hal yang sama seperti Yunani 20 tahun silam?

5 dari 5 halaman

Kebangkitan Turki

Ini menjadi kali pertama Turki mencapai fase knockout Piala Eropa sejak 2008, di mana ketika itu mereka berhasil melangkah hingga semifinal.

Pada Euro 2024 ini, Turki memiliki enam poin, atau dua kali lipat dari yang mereka dapatkan jika menggabungkan hasil di Euro 2016 dan 2020.

 

Sumber: Squawka

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer