Sukses


VIDEO: Hancurkan Portugal, Georgia Cetak Sejarah Lolos ke 16 Besar Euro 2024

Bola.com, Jakarta - Georgia mencatat sejarah setelah mengalahkan Portugal 2-0 pada laga terakhir Grup F Euro 2024, Kamis (27/6/2024) dini hari WIB, di Veltins Arena.

Hasil ini membuat Georgia lolos ke babak 16 besar Euro 2024 sebagai salah satu tim peringkat tiga terbaik.

Laga baru berjalan dua menit, gawang Portugal sudah harus kebobolan. Khvicha Kvaratskhelia menjadi aktornya, lewat kecerdikannya mengecoh kiper lawan.

Portugal tak hentinya memberikan serangan bagi lini pertahanan Georgia. Namun, satu pun tidak ada yang berbuah gol.

Pada menit ke-28 Portugal kembali mengancam gawang Georgia lewat tembakan Francisco Conceicao yang masih melenceng. Dalam situasi ini wasit memberikan kartu kuning kepada Ronaldo yang marah-marah serta protes berlebihan setelah dijatuhkan oleh pemain Georgia Luka Lochoshvili di kotak penalti.

Namun wasit tidak memberikan penalti atas insiden tersebut, malah memberikan kartu kuning kepada Ronaldo. Ronaldo pun tampak murka setelah mendapat kartu kuning dari wasit.

Pada menit ke-55 wasit menghentikan pertandingan sementara karena mendapat panggilan VAR terkait potensial penalti untuk Georgia setelah Luka Lochoshvili dijatuhkan bek Portugal Antonio Silva di kotak penalti pada menit ke-53. Wasit sempat menilai insiden itu bukan pelanggaran, tapi laporan VAR membuat wasit mengubah keputusannya tersebut.

Eksekusi penalti berhasil dijalankan dengan sempurna oleh Georges Mikautadze untuk bawa Georgia unggul 2-0 atas Portugal pada menit ke-57.

Hingga pertandingan berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Georgia menang 2-0 atas Portugal. Hasil ini membuat Georgia berhasil lolos ke babak 16 besar Euro 2024 sebagai tim peringkat ketiga terbaik.

Video Populer

Foto Populer