Sukses


Para Raksasa yang Terancam Angkat Koper di Babak 16 Besar Euro 2024: Prancis atau Belgia Bakal Pulang, Siapa Lagi yang Nyusul?

Bola.com, Jakarta - Berakhir sudah fase grup Euro 2024. Kini turnamen sepak bola tertinggi di Benua Eropa tersebut akan mulai memasuki fase knockout alias babak gugur.

Ada 16 tim yang dipastikan lolos ke 16 besar Euro 2024, di mana semua tim besar berhasil melangkah maju dari fase grup.

Keenam belas tim yang lolos ke babak 16 besar Euro 2024 antara lain; Jerman, Swiss, Spanyol, Italia, Inggris, Denmark, Prancis, Austria, Belanda, Slovenia, Rumania, Belgia, Portugal, Slovakia, Turki, dan Georgia.

Adapun bagan pertandingan di babak 16 besar Euro 2024 telah ditentukan. Menariknya, beberapa tim besar bisa saja tersingkir lebih cepat. Yuk simak ulasan menarik potensi para raksasa yang mungkin tersingkir berikut ini.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Prancis

Timnas Prancis tetap menjadi tim favorit menjelang turnamen sebesar Piala Eropa atau Piala Dunia. Les Bleus sudah dua kali merengkuh trofi Euro edisi 1984 dan 2000. Mereka juga dua kali juara Piala Dunia, bahkan edisi 2022 merupakan runner-up.

Prancis tidak pernah kehabisan talenta berbakat, termasuk pada sosok Kylian Mbappe saat ini. Namun hal itu bukan jaminan, sebab mereka tidak terlalu superior di babak penyisihan Grup C.

Prancis harus puas finis sebagai runner-up Grup dengan nilai 5, di bawah Austria yang unggul satu poin. Pasukan Didier Deschamps juga sangat sulit mencetak gol, yaitu membikin dua gol dari tiga laga, serta kemasukan satu gol. Uniknya, dua gol yang dicetak Prancis melalui aksi bunuh diri lawan dan eksekusi penalti Kylian Mbappe.

Belgia akan menjadi lawannya di babak 16 besar, yang merupakan tim dengan skuad tak kalah mewah. Apapun yang terjadi Prancis atau Belgia bakal pulang di babak ini jika menelan kekalahan dalam laga di Esprit Arena, Dusseldorf, Senin (1/7/2024) malam WIB.

3 dari 5 halaman

Belgia

Kondisi Belgia mirip dengan Prancis selama mengarungi persaingan di fase grup. Belgia adalah runner-up grup E dengan koleksi empat poin, sama seperti Rumania, Slovakia, Ukraina.

Namun beruntung bagi Kevin De Bruyne dkk. yang punya selisih gol yang lebih baik yakni surplus satu gol. Penampilan pasukan Roberto Martinez juga kurang menggigit, diawali dengan kekalahan dari Slovakia (0-1), menang 2-0 atas Rumania, dan imbang tanpa gol kontra Ukraina.

Belgia juga dalam mode irit mencetak gol, sebab baru dua kali mereka menjebol gawang lawan. Itu pun melalui gelandang Youri Tielemans dan Kevin De Bruyne. Apapun yang terjadi lagi, Prancis atau Belgia bakal pulang di babak ini jika menelan kekalahan.

4 dari 5 halaman

Italia

Kemudian ada Timnas Italia dalam daftar ini. Sebenarnya kurang pas jika Gli Azzurri bakal tersingkir lebih cepat dari Euro 2024, mengingat statusnya sebagai juara bertahan.

Akan tetapi melihat penampilannya dalam tiga laga di fase grup, kurang meyakinkan. Mereka susah payah mengalahkan Albania 2-1 setelah gol kilat dari lawannya.

Kemudian keok 0-1 dari Spanyol sebagai pesaing terberatnya. Italia kemudian nyaris tersingkir saat menghadapi Kroasia di laga terakhir Grup B. Mereka tertinggal 0-1 lewat gol Luka Modric.

Beruntung Mattia Zaccagni mencetak gol penyama skor pada detik-detik terakhi masa injury time. Gol yang memastikan Italia sebagai runner-up Grup dengan nilai 4.

Italia akan bertemu Swiss, runner-up dari Grup A. Swiss mampu menahan imbang tuan rumah Jerman dan tak pernah kalah selama fase grup. Bisa saja Swiss menjadi momok menakutkan bagi Italia dalam duel di Olimpiade Berlin, Sabtu (29/6/2024) malam WIB.

5 dari 5 halaman

Liputan Eksklusif Bola.com di Euro 2024

Sahabat Bola.com, yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman untuk melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024_ver 2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Video Populer

Foto Populer