Sukses


Jersey Timnas Indonesia Dilirik dan Dipuji Suporter Jerman di Euro 2024: Saya Suka, Bagus Sekali

Bola.com, Dortmund - Ketika tengah melihat keseruan suporter Timnas Jerman yang hadir di fanzone Euro 2024 di Friedentsplatz, Dortmund, Sabtu (29/6/2024), Bola.com melihat ada nama Oratmangoen melintas di depan pandangan. Setelah diamati lebih jelas, ya itu adalah jersey Timnas Indonesia.

Adalah Amirshah Muhammad Ghifary, seorang Mahasiswa Universitas Airlangga yang tengah menjalani program pertukaran pelajar di Dortmund, yang mengenakan jersey tersebut. Bola.com kemudian menyapa pria berusia 24 tahun asal Surabaya itu dan berbincang cukup lama.

Erry, sapaan karib Amirshah Muhammad Ghifary, datang sebenarnya dengan membawa dua buah jersey. Satu jersey tandang Timnas Indonesia terbaru keluaran Erspro. Kemudian satu jersey kandang Timnas Indonesia milik aparel Mills.

Kehadiran Erry di tengah fanzone Euro 2024 ini tak hanya mencuri perhatian Bola.com, tetapi juga banyak suporter lain yang seperti bertanya-tanya sembari mempertegas jersey apa yang tengah dikenakannya.

"Maaf, kalau boleh tahu, ini jersey tim apa?" tanya seorang penggemar yang tertarik dengan jersey yang tengah dikenakan Erry di fanzone Euro 2024 itu.

Terkejut dengan pertanyaan itu, Erry langsung menjawab, "Indonesia."

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Langsung Diajak Foto Bareng

Suporter Jerman keturunan Inggris tersebut langsung meminta izin untuk berfoto bersama karena ia sangat senang melihat jersey-jersey berbeda. Ia pun meminta rekannya untuk mengabadikan momen itu.

"Jersey ini bagus, saya suka. Terima kasih, wow, ini luar biasa," ujar suporter dengan jersey Jerman berwarna hijau itu.

"Bagus sekali jersey Indonesia ini," lanjutnya dengan memperlihatkan gestur jempol untuk Erry yang datang dengan jersey Indonesia tersebut.

 

3 dari 5 halaman

Dikagumi oleh Kolektor Jersey

Tak sampai di situ, ketika Bola.com tengah berbincang lebih lanjut dengan Erry, satu lagi suporter Jerman menghampirinya dengan penuh keyakinan.

"Kamu pakai jersey Indonesia?" ujar suporter yang belakangan diketahui bernama Andy, sembari menepuk punggung Erry.

"Ya, ini Indonesia," jawab Erry.

"Wow bagus sekali, boleh saya berfoto dengan kamu?" lanjut Andy.

Erry pun sempat mengeluarkan jersey merah dari tasnya dan meminta pendapat suporter Jerman itu mengenai mana jersey yang lebih bagus menurutnya. Andy yang ternyata merupakan kolektor jersey ini mengaku selalu suka jersey dengan lengan pendek.

"Aku tidak bisa mengatakannya. Namun, saya adalah kolektor jersey, dan saya menyukai jersey dengan short sleeve," ujarnya dan langsung mengajak Erry berfoto bersama.

4 dari 5 halaman

Ternyata Seorang Bonek

Erry berasal dari Surabaya dan berkuliah di Universitas Airlangga. Ia tengah menjalani program pertukaran pelajar ke Jerman, yang merupakan kali kedua baginya.

Sebelumnya ia juga pernah menjalani program perkuliahan di Dortmund pada 2019, dan ketika mendapatkan kesempatan untuk kembali ke Jerman, ia tidak menyia-nyiakannya.

Sementara alasannya hadir di fanzone, karena sulit untuk mendapatkan tiket, ia memang memilih datang ke area terbuka itu karena sangat menyukai atmosfer sepak bola. Bahkan ia juga pernah nonton pertandingan Borussia Dortmund secara langsung di Signal Iduna Park.

Sudah sampai Jerman dan sempat menginjakkan kaki di stadion, Erry pun mengaku juga mengikuti Persebaya Surabaya. "Boleh dibilang, aku ini Bonek lah mas," ujarnya saat berbincang dengan Bola.com.

Bicara mengenai mana atmosfer yang lebih luar biasa ketika menonton pertandingan langsung di Dortmund dan Surabaya, ia mengaku keduanya sama-sama luar biasa, terutama karena Dortmund juga memiliki penggemar yang luar biasa seperti halnya Bonek.

5 dari 5 halaman

Langsung dari Jerman

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer