Sukses


16 Besar Euro 2024: Slovakia Respek Kekuatan Inggris tapi Bakal Tetap Tampil Menyerang

Bola.com, Jakarta - Manajer Slovakia, Francesco Calzona, mewanti-wanti bahwa Inggris adalah lawan yang sulit dikalahkan pada pertandingan 16 besar Euro 2024 pada hari Minggu (30/06) pukul 23.00 WIB.

Pasalnya, The Three Lions belum terkalahkan selama fase grup. Tim asuhan Gareth Southgate meraih lima poin di babak grup berkat mengalahkan Serbia 1-0 serta bermain imbang melawan Denmark dan Slovenia.

Inggris pun lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup C dan belum menelan kekalahan. Namun, penampilan mereka yang kurang memuaskan menimbulkan lebih banyak perbincangan dan pertanyaan.

Gareth Southgate hingga kini masih berjuang untuk mencari susunan pemain terbaiknya, terutama di lini tengah.

Dia telah mencoba memasang Trent Alexander-Arnold, Conor Gallagher, dan Kobbie Mainoo sebagai rekan untuk Declan Rice di tengah.

Selain itu, selama fase grup The Three Lions bermain kurang stabil setelah Kieran Trippier terpaksa dipasang sebagai bek kiri menggantikan Luke Shaw yang absen.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Inggris Bisa Jadi Tim Tak Terkalahkan

Kendati demikian, Calzona, pelatih Slovakia, percaya bahwa Inggris dapat menjadi tim yang tak terkalahkan.

Walaupun Inggris belum mencapai level terbaiknya, Calzona bersikeras bahwa mereka akan makin sulit untuk dihentikan apabila mencapai performa terbaik.

"Ketika Inggris tampil luar biasa sebagai tim dalam turnamen ini, mereka dapat menjadi tim yang tak terkalahkan," kata Calzona kepada para wartawan di konferensi pers prapertandingan.

Menurutnya, Inggris memiliki skuad yang dengan kualitas terbaik di Euro 2024. Calzona menambahkan bahwa tim asuhan Southgate memiliki fisik, teknik, dan kreativitas yang baik.

"Kita perlu memanfaatkan titik lemah yang mereka miliki, tetapi harus selalu waspada karena ini adalah tim yang bisa menghukum setiap saat," 

"Jika berbicara tentang kualitas dua skuad ini, jelas kami lebih rendah. Mereka bernilai 1,5 miliar euro, sementara kami hanya sekitar 150 juta euro. Jadi kita 10 kali lebih kecil dari mereka," imbuh Calzona.

 

3 dari 3 halaman

Slovakia Tetap Menyerang

Meskipun ia mengakui kualitas yang dimiliki oleh Southgate dan anak asuhnya, Calzona bersikeras bahwa Slovakia akan tetap tampil menyerang.

"Saya beruntung karena memiliki tim yang sangat fokus dan ingin bermain secara menyerang. Kami harus solid secara defensif, kami harus peduli dengan detail, saya percaya pada pemain. Sampai sekarang mereka memberikan banyak kepuasan dalam hal performa dan perilaku,” ungkap Calzona.

Slovakia mengawali Euro 2024 dengan kemenangan mengejutkan 1-0 atas Belgia. Namun, mereka kalah dari Ukraina dan bermain imbang dengan Rumania. 

Hasil tersebut membawa The Falcons lolos ke 16 besar sebagai peringkat ketiga terbaik. Meskipun keempat tim di Grup E finis dengan empat poin, Slovakia berada di atas Ukraina setelah unggul selisih gol dan berhak menemani Rumania dan Belgia ke fase gugur.

Sumber: Sportsmole

Video Populer

Foto Populer