Sukses


8 Fakta Menarik Setelah Timnas Spanyol Pesta Gol ke Gawang Georgia pada Euro 2024

Bola.com, Koln - Timnas Spanyol pesta gol ke gawang Georgia pada laga 16 besar Euro 2024, Senin (1/7/2024) dini hari WIB. Sejumlah fakta menarik tersaji selepas pertandingan Spanyol versus Georgia.

La Roja bentrok dengan Timnas Georgia di Cologne Stadium, Koln. Bermain dengan skuad terbaiknya, Timnas Spanyol tampil percaya diri sejak bola digulirkan.

Anak asuh Luis de la Fuente tersebut mencatatkan 75,2 persen penguasaan bola, berbanding 24,8 persen yang ditorehkan Georgia. Selain itu, Spanyol juga melepaskan 35 tembakan yang 13 di antaranya mengarah ke gawang.

Adapun Georgia tak memiliki satu pun peluang bagus dari empat kesempatan. Bermain dominan, Timnas Spanyol berhasil menyudahi pertandingan dengan kemenangan 4-1.

Keempat gol Spanyol disarangkan Rodri menit ke-39, Fabian Ruiz menit ke-51, Nico Williams menit ke-75, dan Dani Olmo menit ke-83. Sementara itu, gol tunggal Timnas Georgia tercipta akibat gol bunuh diri bek Timnas Spanyol, Robin Le Normand.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Jumpa Timnas Jerman

Berkat kemenangan atas Georgia, Timnas Spanyol melenggang ke perempat final Euro 2024. Lawan berikutnya yang akan dihadapi Spanyol adalah Timnas Jerman.

Sebelumnya, Jerman berhasil membungkam Denmark dua gol tanpa balas pada 16 besar di Westfalenstadion, Dortmund, Minggu (30/6/2024) dini hari WIB.

Rencananya, duel Timnas Spanyol versus Timnas Jerman pada perempat final Euro 2024 akan bergulir di MHPArena, Stuttgart, 5 Juli 2024.

Sejumlah fakta menarik tersaji selepas duel kedua tim. Berikut ini ulasannya.

 

3 dari 5 halaman

Data dan fakta

1. Timnas Spanyol telah memenangkan tujuh dari delapan duel terakhir kontra Georgia diseluruh ajang. Satu-satunya kekalahan Spanyol dari Georgia adalah pada partai persahabatan 2016 (kalah 0-1).

2. Tidak termasuk adu penalti, Timnas Spanyol hanya menelan dua kekalahan dari 26 pertandingan terakhir putaran final Euro (17 menang; 7 imbang).

3. Tidak termasuk adu penalti, Timnas Spanyol belum pernah menelan kekalahan dari 10 pertandingan terakhir putaran final Euro (6 menang; 4 imbang).

4. Timnas Georgia hanya gagal mencetak gol dalam satu dari 13 pertandingan internasional terakhir.

 

4 dari 5 halaman

Data dan fakta

5. Sebanyak 25 dari 26 pemain Timnas Spanyol telah tampil pada putaran final Euro 2024. Sejauh ini, hanya kiper Alex Remiro yang belum bermain.

6. Nico Williams menjadi pemain termuda kedua yang mencetak gol dalam pertandingan fase knock-out Euro untuk Timnas Spanyol, dalam usia 21 tahun 354 hari. Dia memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang Ferran Torres (21 tahun 119 hari pada Euro 2020).

7. Tidak ada pemain yang memberikan assist lebih banyak di Euro 2024 selain Lamine Yamal (2 assist). Yamal menjadi remaja pertama yang membuat banyak assist dalam satu turnamen Kejuaraan Eropa, sejak Cristiano Ronaldo pada Euro 2004.

8. Lamine Yamal adalah pemain berusia 21 tahun ke bawah yang menciptakan peluang terbanyak dalam satu pertandingan fase knock-out Piala Eropa (sejak 1980). Yamal mengkreasikan enam peluang pada duel melawan Georgia pada Euro 2024, sejajar Cesc Fabregas dengan enam peluang pada Euro 2008 dan Pedri.

Sumber: UEFA, Opta

5 dari 5 halaman

Saksikan Liputan Eksklusif Euro 2024 di Bola.com

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Video Populer

Foto Populer