Sukses


Laporan dari Jerman : Pengalaman Jalan Bareng Fans Inggris di Euro 2024, Enggak Kebagian Bus, Mandi Keringat karena Berdesakan di Kereta

Bola.com, Gelsenkirchen - Selama berada di Jerman untuk Euro 2024, pengalaman yang satu ini tidak akan terlupakan bagi Bola.com. Nonton bareng pertandingan bareng fans Inggris, bahkan merasakan bagaimana berjalan menuju dan dari arena nonton bareng untuk bisa mendapatkan transportasi.

Pengalaman ini didapatkan ketika menuju Gelsenkirchen, di mana pertandingan antara Timnas Inggris dan Slovakia di babak 16 besar Euro 2024 berlangsung pada Minggu (30/7/2024).

Meski hari itu merupakan hari 'malas' bagi warga Jerman untuk beraktivitas, di mana banyak toko dan pusat perbelanjaan tutup seperti tradisinya, tetapi pertandingan tersebut membuat perjalanan menuju Gelsenkirchen maupun di kota itu sendiri tetap ramai.

Keramaian sudah dirasakan ketika turun kereta di Essen untuk transit menuju Gelsenkirchen. Dalam kereta selanjutnya itu, sudah cukup banyak penggemar Inggris di dalam kereta, mereka berbincang dengan kerabatnya membahas pertandingan yang akan berlangsung.

Dan ketika sampai di Stasion Sentral Gelsenkirchen, area publik itu benar-benar dipenuhi oleh penggemar Inggris yang berjalan sembari berteriak-teriak yang disambut dengan teriakan penggemar lainnya.

Pihak keamanan di stasiun pun diperketat dengan jumlah petugas kepolisian yang lebih banyak dari biasanya. Boleh dibilang selain ketika Jerman sedang bertanding di Euro 2024, hari pertandingan yang dijalani Inggris juga merupakan hari yang sangat ramai.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Gagal ke Stadion karena Bus dan Trem Selalu Penuh

Bola.com pun memutuskan untuk mengikuti para penggemar Inggris itu menuju stadion. Rupanya petugas setempat sudah mempersiapkan potensi kerumunan yang besar pada hari itu dan mempersiapkan transportasi bus khusus dan trem untuk para penggemar Inggris menuju stadion.

Ketika para penggemar Inggris tiba di stasiun, melalui pengeras suara ada volunteer Euro 2024 yang mengarahkan mereka untuk langsung turun ke basement dan menggunakan trem menuju stadion.

Namun, tak sedikit pula penggemar Inggris yang kemudian berkumpul di area terbuka di dekat stasiun dan kemudian bersama-sama beranjak ke stadion menggunakan transportasi bus.

Bermaksud untuk bisa mampir ke Arena AufSchalke sebelum pertandingan dimulai, petugas benar-benar memberikan prioritas kepada mereka yang mengenakan atribut Inggris untuk lebih dulu naik ke bus agar segera menuju ke stadion.

Mengingat waktu yang sudah cukup mepet hingga kick-off pertandingan, Bola.com pun tidak memaksakan diri untuk bisa ke stadion dan mengikuti rombongan penggemar Inggris lain yang lebih sedikit menuju Fan Zone Euro 2024 di Gelsenkirchen.

3 dari 4 halaman

Hampir Sesak Napas dan Mandi Keringat di Kereta

Seusai menikmati pertandingan bersama fans Inggris di fan zone Euro 2024, Bola.com memutuskan untuk langsung pulang tanpa menunggu laga antara Spanyol kontra Georgia. Waktu ketika pertandingan Inggris berakhir menunjukkan hampir pukul 9 malam.

Mengingat transportasi menuju penginapan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, akhirnya langsung bergegas meninggalkan fan zone menjadi opsi yang diambil.

Namun, sepertinya banyak pula penggemar Inggris yang berpikir serupa. Dimulai ketika naik bus dari lokasi fan zone menuju stasiun sentral, hingga akhirnya naik kereta, berdesakan bukanlah hal yang bisa dihindari.

Mengingat sistem perjalanan kereta di Jerman yang sangat rumit dan harus diperhatikan dengan seksama, Bola.com tak ingin ketinggalan kereta yang memang sudah dipilih untuk bisa sampai di tujuan. Setidaknya ada satu kali transit yang harus dijalani.

Ketika naik kereta pertama dari Gelsenkirchen, di mana transportasi itu menuju hingga Monchengladbach, berdesakan dengan para suporter harus dihadapi. Bahkan untuk sekadar mengambil kamera dari tas demi mengabadikan momen itu saja sudah tidak mungkin.

Udara menjadi sangat panas, keringat bercucuran, dan pada akhirnya napas pun menjadi sedikit berat. Beruntung hanya satu stasiun kemudian Bola.com harus turun untuk transit, di mana perjalanan selama 10 menit di kereta pertama terasa begitu berat.

Barulah ketika turun di Stasiun Sentral Essen untuk transit, semua itu berakhir. Lebih banyak suporter Inggris terus melanjutkan perjalanan dengan kereta yang sama ketimbang turun di Essen dan melanjutkan perjalanan dengan kereta yang lain.

4 dari 4 halaman

Laporan dari Jerman

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer