Sukses


Italia Remuk Redam di Euro 2024: Spalletti Dicap Arogan, Allegri Cocok Jadi Penggantinya

Bola.com, Roma - Italia gagal total dalam bersaing di ajang Euro 2024. Gli Azzurri baru saja disingkirkan secara memalukan oleh Swiss pada babak 16 besar.

Italia kalah memalukan 0-2, yang membuat mereka harus pulang lebih cepat dari Jerman. Italia juga hanya menjadi runner-up Grup B di babak penyisihan.

Luciano Spalletti selaku pelatih diklaim sebagai sosok yang harus bertanggung jawab atas kegagalan Italia di Euro 2024.

Namun demikian, federasi sepak bola Italia atau FIGC. Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) Gabriele Gravina telah mengkonfirmasi tidak akan memecat Luciano Spalletti sebagai pelatih Timnas Italia.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Orang Sombong

Mantan ketua Formula 1 dan pengusaha Italia, Flavio Briatore ikut memberikan kritikan keras kepada Luciano Spalletti. Ia menganggap Spelletti adalah orang sombong atas bencana terbesar dalam sejarah Italia di Piala Eropa.

“Tersingkirnya Euro adalah sebuah kejutan, bencana terbesar dalam sejarah tim Italia,” kata Flavio Briatore dilansir dari Football Italia.

“Ada kekacauan, sepertinya para pemain berada di pertandingan pertama bersama-sama, kepala mereka tertunduk, mereka tidak tahu harus berada di posisi mana. Saya juga tidak mengerti keputusan untuk memainkan Nicolò Fagioli."

3 dari 5 halaman

Kesalahan Fatal

“Mungkin Spalletti terlalu sombong. Dia tidak membuat grup, itu adalah sekelompok anak-anak yang ketakutan, bahkan pemain seperti Federico Chiesa dan Nicolò Barella terlihat seperti tidak punya karakter. Giorgio Chiellini bukanlah Pele, tapi dia tidak menyerah dan akan menyemangati rekan satu timnya," beber Briatore.

“Kekalahan bisa terjadi, tapi kekalahan kami tidak bisa diterima. Saat peluit akhir dibunyikan, para pemain kami tampak bahagia, atau setidaknya lega karena semuanya sudah berakhir.”

4 dari 5 halaman

Ide Gantikan dengan Allegri

Briatore tidak hanya memiliki gagasan yang jelas tentang siapa yang harus menggantikan Spalletti di masa depan, namun bahkan berbicara langsung dengan kandidat pilihannya yakni menyebut nama Massimiliano Allegri.

Allegri dipecat oleh Juventus setelah memenangkan Coppa Italia, menyusul perselisihan di belakang layar dengan Direktur Juventus, Cristiano Giuntoli. Sementara Spalletti menjadi pelatih Italia pada 1 September menggantikan Roberto Mancini yang mengundurkan diri.

“Allegri akan menjadi pelatih top menurut saya. Dia tidak akan memiliki tekanan yang sama setiap hari di klub sepak bola dan sudah memiliki banyak pengalaman. Saya berbicara dengannya selama pertandingan melawan Swiss. Dia mengatakan kepada saya bahwa kami harus bermain seperti yang dilakukan Italia dalam sejarah, tanpa berusaha meniru negara lain. Kami bukan Spanyol."

“Di Euro lalu, kami menang bukan karena kami skuad terbaik, tapi kami sangat bersatu. Jika Gigio Donnarumma tidak melakukan keajaiban, kami akan kebobolan lima gol di setiap pertandingan turnamen ini. Saat ini, kami tidak memiliki pemain yang memenuhi standar. Pantas saja Donnarumma satu-satunya yang bermain di luar negeri," jelas Briatore.

Sumber: Football Italia

5 dari 5 halaman

Nikmati Konten Ciamik Bola.com Langsung dari Jerman

Sahabat Bola.com, yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman untuk melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

 

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024_ver 2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Video Populer

Foto Populer