Sukses


Laporan dari Jerman: Ngobrol Kedekatan 2 Negara dengan Fans Belanda di Euro 2024, Banyak Komunitas Indonesia di Den Haag

Bola.com, Munchen - Lewat kesempatan berbincang dengan fans Belanda bernama Branco di public viewing Euro 2024 di Munchen, Bola.com mengetahui banyak orang Indonesia bahagia tinggal di Belanda.

Seperti halnya kepada suporter Belanda lain yang hadir di Olympiapark, Bola.com juga bertemu dengan Branco, seorang warga negara Belanda yang dalam beberapa tahun terakhir tinggal di Munchen.

Ketika ditanya mengenai Ragnar Oratmangoen dkk, seperti halnya beberapa fans Belanda yang lain, Branco mengaku tidak mengetahui siapa saja pemain-pemain yang ditunjukkan Bola.com.

Namun, ketika melihat jersey yang digunakan Bola.com, Branco tahu bahwa pemain yang ditanyakan adalah mereka yang bermain untuk Indonesia.

"Mereka dari Indonesia dan main di Belanda? Makanya kamu tanyakan mereka kepada saya?" tanya Branco.

Setelah dijelaskan mengenai siapa saja mereka, Branco akhirnya paham tujuan saya bertanya. Ia kemudian menyebut Belanda dan Indonesia memang banyak keterkaitan.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sejarah Sudah Berlalu, Sekarang Sudah Bahagia

Branco kemudian mengatakan sangat wajar jika para pemain tersebut lahir dan berkarier di Belanda, karena memang banyak orang Indonesia di Belanda, bukan hanya sekadar yang keturunan.

"Orang Indonesia yang asli itu banyak di Belanda. Mereka bahkan punya komunitas yang cukup besar di Den Haag," kisah Branco kepada Bola.com.

"Negara kita punya sejarah yang panjang, memang bukan sejarah yang bagus. Namun, Anda tahu maksud saya, kita semua sudah baik-baik saja, banyak juga orang Indonesia bahagia tinggal di Belanda," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Banyak Pemain Bola Keturunan Indonesia di Belanda

Hal senada juga sempat diungkapkan oleh Amirshah Muhammad Ghifary ketika bertemu dengan Bola.com di Dortmund. Erry sapaan karibnya, mengakui banyak sekali pemain sepak bola keturunan Indonesia di Belanda.

Ceritanya berawal ketika ia main ke Groningen, salah satu daerah di Belanda, karena adanya kegiatan olahraga antar-PPI di Eropa.

Saat itu, Erry melihat betapa banyak orang-orang di Belanda yang memiliki darah Indonesia menjadi pemain sepak bola sejak usia muda.

"Memang banyak banget loh mas di sana orang-orang yang halfblood dengan Indonesia. Mereka banyak yang main sepak bola dan mainnya bagus-bagus," ujar Erry saat itu.

4 dari 4 halaman

Laporan Langsung dari Jerman

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer