Sukses


Kiper-Kiper Terbaik di Euro 2024 Versi Mantan Penjaga Gawang Persebaya, Siapa Saja Ya?

Bola.com, Jakarta - Mantan kiper Persebaya, Alfonsius Kelvan menyebut tiga kiper terbaik di Euro 2024 hingga babak 16 besar kali adalah kiper Jerman, Manuel Neuer, kiper Swiss Yann Sommer dan kiper Spanyol Unai Simon Bilbao.

Bukan tanpa alasan, pria yang pernah mengawal gawang Madura United itu menyebut ketiga kiper tersebut memiliki prestasi yang mumpuni baik di klub maupun di tim nasional.

Alfon menyebut Manuel Neuer mempunyai jam terbang yan tinggi baik di timnas dan klub yang dibelanya saat ini Bayern Munchen. Selama mengawal gawang Jerman di Piala Eropa 2024, tampil di empat pertandingan tanpa kebobolan.

"Siapa yang tidak kenal dengan sosok kiper Jerman ini. Postur yang bagus, jam terbang tinggi, pengalaman di timnas dan di klub yang sangat mumpuni. Sangat membantu sekali di sektor gawang," kata Alfonsius Kelvan kepada Bolacom, Rabu (3/07/2024).

Justru buat saya faktor Manuel Neuer ini Jerman bisa tembus final. Karena sosok Manuel Neuer dengan segudang pengalamannya, bisa memimpin rekan-rekannya untuk terus melaju ke babak selanjut. Bisa jadi sampai final," lanjutnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kiper Swiss

Selain Neuer, ada nama Yann Sommer, penjaga gawang Swiss yang tampil brilian. Kelvan mengakui Yann Sommer tampil bagus apalagi saat melawan Italia di pertandingan terakhir atau saat babak 16 besar.

"Ini juga merupakan kiper bagus. Apalagi saat melawan Italia kemarin. Walaupun tidak banyak melakukan penyelamatan yang berarti. Sosok penjaga gawang Inter Milan ini memiliki pengalaman yang tidak kalah apik dari kiper legendaris seperti Manuel Neuer. Bisa kita lihat dia sukses membawa Swiss masuk 16 besar. Refleks bagus, ketenangannya juga oke," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Kehebatan Unai Simon

Sedangkan untuk Unai Simon, pria yang kini melatih di Akademi Royal Indonesia Jakarta ini menilai kiper tersebut layak berada di jajaran kiper terbaik Piala Eropa 2024 apalagi setelah kesuksesannya memblok penalti pemain bintang Kroasia Bruno Petkovic.

"Kiper yang sukses memblok penalti Bruno Petkovic menurut saya dia sudah layak dikatakan kiper top. Kenapa? Karena di usia 27 tahun dia bisa tampil tenang dan heroik di gelaran Euro tahun ini."

"Tepisan penalti kemarin itu juga salah satu momen yang menurut saya cukup untuk membuktikan bahwa dia salah satu kiper terbaik Timnas Spanyol saat ini, bahkan di Euro tahun ini," tuturnya.

"Semoga kesuksesan dia berlanjut ke final dan juara. Karena sebenarnya saya menjagokan Spanyol juara di Piala Eropa tahun ini. Mereka tim yang bagus, dan sangat layak mendapatkan trophy juara," kiper yang pernah memperkuat Persiba Balikpapan musim 2016 di Liga 1 mengakhiri pembicaraan.

4 dari 4 halaman

Laporan Bola.com Langsung dari Jerman

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer