Sukses


Phil Foden Kasihan Lihat Gareth Southgate di Euro 2024: Pemain Inggris Harus Ikut Bertanggung Jawab!

Bola.com, Jakarta - Penyerang Timnas Inggris, Phil Foden, blak-blakan membala sang pelatih, Gareth Southgate, yang banyak dikritik dan disalahkan sepanjang perhelatan Euro 2024. Dia menyesalkan situasi itu karena menurutnya para pemain harus ikut bertanggung jawab. 

Timnas Inggris melangkah ke perempat final Euro setelah mengalahkan Slovakia melalui perpanjangan waktu di babak 16 besar. The Three Lions akan berjumpa Swiss pada babak 8 besar. 

Namun, cara bermain Inggris menuai banyak kritikan, terutama terkait keputusan Southgate dalam pemilihan tim dan taktik. 

“Para pemain harus menanggung sebagian kesalahan,” kata Foden, seperti dikutip dari BBC, Kamis (4/7/2024). 

“Harus ada beberapa pemimpin yang berkumpul dan mencari solusi mengapa taktik ini tidak berhasil. Tidak banyak yang bisa dilakukan manajer. Dia menyiapkan Anda dalam sebuah sistem dan memberi tahu Anda cara menekan. Jika tidak berjalan seperti itu, Anda harus menyelesaikannya," imbuh Phil Foden. 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Alasan Kasihan terhadap Southgate

Tekanan yang mengarah ke Southgate sepanjang Euro 2024 sangat besar. Tekanan itu makin besar menjelang laga perempat final kontra Swiss, Sabtu (6/7/2024). 

“Saya merasa kasihan pada Gareth. Dalam latihan, dia meminta kami untuk menekan di lapangan dan saya merasa kadang-kadang, hal seperti itu harus datang dari kesadaran para pemain," tutur Foden. 

“Kami harus menjadi pemimpin. Dalam pertandingan kami bisa lebih sering berkumpul dan mencari solusi."

“Jadi ya, kami sudah membicarakannya lebih lanjut. Jika hal ini terjadi lagi di sebuah pertandingan, kami bisa berkumpul dan mencari solusi, melihat apa yang salah dan menyesuaikan tekanan kami," imbuh pemain Manchester City itu. 

 

3 dari 4 halaman

Janji Foden

Phil Foden adalah Pemain Terbaik Premier League Musim Ini dan terpilih sebagai Pemain Terbaik Asosiasi Penulis Sepak Bola Tahun Ini untuk musim 2023/2024. Ia berperan besar membantu Manchester City menyabet gelar liga.

Namun, dia belum mencetak gol di Euro 2024 dan kesulitan untuk meneruskan performa apik seperti di Liga Inggris.

“Saya bukan pemain terbaik di Premier League yang datang ke sini dan tidak menunjukkannya,” kata pemain berusia 24 tahun itu.

“Tetapi di setiap pertandingan saya membuat sedikit kemajuan dan, mudah-mudahan, saya bisa menampilkan penampilan bagus untuk Inggris," tegas Foden. 

Sumber: BBC

4 dari 4 halaman

Laporan Langsung Bola.com dari Jerman

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer