Sukses


Laporan Langsung dari Jerman : Belum Apa-Apa, Jerman Vs Spanyol Sudah Ramai Siapa yang Bakal ke Semifinal Euro 2024

Bola.com, Jakarta - Hari-hari yang panas di Jerman. Frankfurt, Dusseldorf, Berlin sampai Munich atau Munchen adalah sederet kota yang sudah saya lewati selama berada di Jerman. Peliputan Euro 2024 memberi tantangan tersendiri, karena lokasi yang wajib berubah-ubah demi memberikan sesuatu yang berbeda bagi Sahabat Bola.com.

Capai?, sudah tentu tidak. Sebaliknya, energi saya selalu kembali 100 persen, bahkan mungkin lebih, setiap kali bangun pagi. Meski kadang masih lupa selisih lima jam dengan waktu Indonesia bagian Barat, tapi selalu ingin memberi yang menarik dan 'panas'.

Kata panas sudah akrab di telinga saya, terutama pada dua hari terakhir. Gara-garanya bukan karena 'summer' yang kadang tak konsisten di Jerman, melainkan keberadaan Spanyol. Lho kok bisa?

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Laga Panas

Situasi itu merujuk ke arah pertandingan babak perempat final Euro 2024. Timnas Jerman, yang menjadi favorit, akan bertemu dengan Timnas Spanyol, yang mendadak jadi unggulan. Bentrok dua raksasa Eropa ini akan terjadi pada Jumat (5/7/2024) di MHPArena, Stuttgart.

Situasi tersebut menjadikan beberapa warga yang saya temui mulai khawatir. Mereka mengaku bisa melihat bahaya besar ketika timnas kesayangan mereka bersua raksasa seperti Spanyol.

Mereka cemas, karena Timnas Spanyol tampil bagus sejak fase grup. Hal itu terlihat ketika mereka membabat tanpa ampun Georgia dengan skor 4-1. Kombinasi pasukan muda dan senior menjadi senjata yang tak boleh dilewatkan begitu saja oleh Timnas Jerman.

Pertandingan Timnas Jerman kontra Timnas Spanyol menjadi bahan pembicaraan yang seru di kalangan masyarakat, fans dari luar negeri dan jurnalis. Dari kalangan jurnalis misalnya, menganggap tantangan terberat Jerman justru akan datang dari Spanyol, bukan tim lain.

 

3 dari 6 halaman

Langkah Berat

Dua jurnalis Kicker. Philip Röber dan Sebastian Wolff meyakini, langkah bersua Spanyol menjadi pondasi kuat agar timnas mereka bisa berjaya di rumah sendiri. Tentu saja bukan perkara mudah menghentikan laju Spanyol, meski modal Jerman juga tergolong sangat kuat.

Philip Röber dan Sebastian Wolff menganggap, kekuatan Jerman dan Spanyol seimbang, setidaknya jika melihat statistik sejak fase grup. Dua negara yang sama-sama mengoleksi tiga gelar Piala Eropa ini memiliki senjata agresivitas yang tak jauh beda, Jerman mengoleksi 10 gol dan Spanyol (9 gol).

Bag Philip, setelah menghadapi Skotlandia, Hungaria, Swiss dan menyingkirkan Denmark, bersua SPanyol adalah hujian tertinggi. "Kami akan menghadapi negara yang kuanggap terkuat di fase perempat final ini. Spanyol adalah satu di antara favorit," jelasnya.

 

4 dari 6 halaman

Komentar Khusus

Komentar Philip Rober sejalan dengan hasil yang menjadi modal Timnas Spanyol. Mereka menggilas Kroasia dengan skor 3-0 dan menaklukkan Georgia melalui skor telak, 4-1. "Saya yakin pelatih Julian Nagelsmann sudah memiliki taktik dan strategi berbeda, karena Spanyol punya sesuatu yang tak sama dengan Georgia," tegas Sebastian Wolff.

Pertemuan Timna Jerman dan Spanyol layak mendapat status 'big match'. Saya beberapa kali bersua dengan fans Jerman, dan berpendapat yang sama. Tapi, tetap saja mereka yakin tuan rumah akan melaju ke semifinal, dan menunggu pemenang Portugal Vs Prancis.

 

5 dari 6 halaman

Statistik Seimbang

Sekedar informasi, secara statistik Timnas Spanyol dan Jerman tak terlalu jauh. Spanyol kebobolan 1 gol, 61 kali menembak dengan 30 di antaranya tepat sasaran. Sementara itu, Jerman kebobolan dua kali, dengan 54 tembakan (29 tepat).

Terkait permainan, nilai akurasi umpan Timnas Spanyol berada di angka 90,48 persen. Sedangkan Jerman ada di 91,64 persen. Kini, publik Jerman dan Spanyol akan sama-sama menunggu apa yang terjadi pada besok petang waktu setempat atau pukul 23.00 WIB.

Pasti menegangkan?, sudah pasti, karena saya juga merasakan itu.

6 dari 6 halaman

Laporan Khusus

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024_ver 2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer