Sukses


Jude Bellingham Kena 2 Sanksi dari UEFA Gara-Gara Selebrasi Kontrovesial, Tetapi Masih Bisa Main Lawan Swiss

Bola.com, Jakarta - Jude Bellingham dijatuhi larangan bermain satu pertandingan karena selebrasinya melawan Slovakia. Selain itu, sang gelandang juga mendapatkan sanksi berupa denda.

Jude Bellingham didenda €30.000 dan skorsing satu pertandingan karena selebrasi memegang selangkangan setelah mencetak gol penyeimbang di menit-menit akhir dalam kemenangan tipis Inggris pada babak 16 besar atas Slovakia.

UEFA melakukan investigasi selama tiga hari sejak insiden tersebut dan memunculkan kabar bahwa Bellingham bisa saja absen melawan Swiss. Namun beruntung buat Inggris, pemain Real Madrid itu 'lolos' dari sanksi yang memberatkan The Three Lions.

Jude Bellingham sebenarnya mendapatkan larangan bertanding sebanyak satu laga, tetapi hanya akan berlaku jika dalam 12 bulan ke depan, ia kembali melanggar peraturan etika dan perilaku. Dengan begitu, sanksi yang diterimanya adalah masa percobaan saja.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bellingham Membantah

Bintang Real Madrid tersebut membantah bahwa selebrasi tersebut dimaksudkan sebagai sikap tidak sopan terhadap tim Slovakia. Jude Bellingham menegaskan itu diarahkan kepada teman-teman dekatnya di stadion.

"Itu adalah isyarat bercanda terhadap beberapa teman dekat yang hadir di pertandingan. Saya sangat menghormati cara tim Slovakia bermain," kata Bellingham.

Bellingham kemungkinan besar akan masuk skuad pertama Southgate pada hari Sabtu setelah menjadi starter dalam empat pertandingan sebelumnya. Ada desas-desus bahwa mantan pelatih Middlesbrough itu berencana untuk kembali ke formasi tiga bek menyusul skorsing Marc Guehi.

 

3 dari 4 halaman

Beda Perlakuan

Di sisi lain, perlakuan yang diperlihatkan UEFA kepada Jude Bellingham membuat fans Turki marah besar. Mereka menilai badan sepak bola Eropa itu tidak adil.

Seperti diketahui, Merih Demiral langsung disanksi dua pertandingan karena selebrasi 'kepala serigala'. Gesture itu dituduh Jerman sebagai simbol dari Wolfsgruss dari kelompok Grey Wolves, sebuah organisasi sayap kanan Turki.

"UEFA hanya butuh tiga jam untuk menghukum Demiral, sanksi dua pertandingan, sedangkan Bellingham butuh tiga hari, satu masa percobaan dan denda 30ribu euro saja. #BeFairUEFA" tulis netizen Turki di laman X.

"Dobel standar nih UEFA," tambah akun @politicturk.

4 dari 4 halaman

Liputan Eksklusif Euro 2024

Sahabat Bola.com, yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman untuk melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

 

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024_ver 2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer