Sukses


    Laporan Langsung dari Jerman : Menjajal Transportasi Unik Schwebebahn di Wuppertal, Seperti Melayang di Atas Sungai

    Bola.com, Wuppertal - Selama lebih dari satu pekan Bola.com menetap di Wuppertal, Jerman, ketika melakukan peliputan Euro 2024 di beberapa kota, seperti Dortmund, Gelsenkirchen, Dusseldorf, dan Koln. Namun, siapa sangka di kota kecil ini punya transportasi yang unik dan hanya ada di kota tersebut.

    Transportasi unik itu bernama Schwebebahn, atau kereta rel suspensi. Rel terletak di atas kereta yang membuat moda transportasi yang satu ini seakan tergantung di udara.

    Dengan tiket seharga 3,40 euro, atau sekitar Rp59 ribu, kereta ini bisa membawa penumpang melintasi kota Wuppertal, mulai dari Oberbarben yang ada di paling timur kota, hingga ke Vohwinkel yang ada di barat.

    Bola.com pun mencoba naik Schwebebahn, yang terdiri dari dua gerbong, untuk merasakan sensasinya. Untuk percobaan pertama saya mencoba naik di gerbong kedua dan duduk di bagian paling belakang.

    Pemandangan sangat indah di bagian belakang karena Schwebebahn memiliki rel bagian atas yang mengikuti alur Sungai Wupper.

    Apa yang terlihat di belakang benar-benar menarik. Hanya saja karena menggunakan tumpuan atas, kereta yang hanya beroperasi di Wuppertal ini seperti menggantung dan terasa goyangannya ketika berjalan.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 4 halaman

    Mayoritas Jalurnya di Atas Sungai

    Jalur Schwebebahn terletak sepanjang hampir 14 kilometer dari timur ke barat Wuppertal, dari Oberbarmen hingga Vohwinkel di kecil di daerah administrasi Dusseldorf tersebut.

    Jalur ini adalah jalur kereta gantung elektrik tertua di dunia yang dibangun antara 1897 hingga 1903 dan dibuka kali pertama pada 1901.

    Sebagian besar jalurnya, yaitu sekitar 10 kilometer, berada di atas Sungai Wupper yang terletak antara Oberbarmen hingga Sonnborner Strasse. Sementara 3,3 kilometer sisanya berada di jalur lembah antara Sonnborner Strasse dan Vohwinkel.

    Satu kali perjalanan dari ujung yang satu ke ujung yang lain hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam. Kurun waktu itu didapatkan Bola.com ketika menjajalnya pada Senin (8/7/2024) sore waktu setempat.

    3 dari 4 halaman

    Mirip MRT dengan Posisi Rel Terbalik

    Dengan memiliki 25 titik stop sepanjang Kota Wuppertal, transportasi ini menjadi pilihan bagi masyarakat yang memang beraktivitas di dalam kota.

    Alasannya karena titik stasiun yang satu dengan yang lain tidak terlalu jauh sehingga mereka yang menggunakan moda transportasi ini bisa memilih stasiun terdekat untuk naik dan turun.

    Tentu saja ini berbeda dengan moda transportasi rel kereta pada umumnya, di mana Wuppertal pun turut dilewati. Dari pengalaman Bola.com selalu naik kereta selama di Jerman, setidaknya ada empat stasiun yang dilewati oleh kereta di Wuppertal.

    Artinya jika Anda hanya beraktivitas di dalam kota tetap menggunakan kereta dengan rel normal, maka Anda masih harus menggunakan transportasi lanjutan seperti bus untuk bisa sampai di tujuan.

    Namun, dengan menggunakan Schwebebahn, Anda bisa memilih stasiun terdekat dari tujuan dan cukup berjalan kaki sesaat untuk bisa mencapai tempat tersebut.

    4 dari 4 halaman

    Laporan dari Jerman

    Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

    <p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Sepak Bola Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer