Sukses


    Deretan Fakta Menarik usai Spanyol Kandaskan Prancis di Semifinal Euro 2024: Lamine Yamal Menyala! Kylian Mbappe Memble

    Bola.com, Jakarta - Spanyol sukses melangkah ke final Euro 2024. Tim Matador berhasil menggasak Prancis 2-1 pada semifinal di Allianz Arena, Munchen, Rabu (10/7/2024) dini hari WIB.

    Prancis sempat unggul terlebih dahulu lewat gol striker Prancis, Randal Kolo Muani. Kemudian Spanyol mencatat comeback gemilang. Lamine Yamal menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Disusul gol penentu dari Dani Olmo.

    Hasil ini membuat Spanyol akan tampil pada partai final Euro 2024, bertemu pemenang antara Inggris kontra Belanda yang baru akan bermain Kamis (11/7/2024) dini hari WIB. Adapun partai final dimainkan di Stadion Olimpiade Berlin, Senin (15/7/2024) dini hari WIB.

    Bola.com menghimpun beberapa catatan atau fakta menarik dalam pertandingan Spanyol versus Prancis. Yuk simak daftarnya di bawah ini.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 7 halaman

    Rekor Lamine Yamal

    Pemain belia Spanyol, Lamine Yamal menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Piala Eropa. Pemain asal klub Barcelona itu menjadi pencetak gol pada usia 16 tahun 362 hari dan menjadi yang paling muda dalam sejarah Piala Eropa.

    Dalam pertandingan Spanyol kontra Prancis tadi, Lamine Yamal mencetak gol indah melalui tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti ke tiang jauh, bola tidak dapat diantisipasi oleh kiper Prancis, Mike Maignan. Skor pun berubah menjadi 1-1.

    Yamal mengalahkan rekor pemain Swiss Johan Vonlanthen asal Swiss, yang berusia 18 tahun 141 hari ketika menyamakan kedudukan melawan Prancis di Euro 2004, memecahkan rekor Wayne Rooney yang bertahan selama empat hari.

    3 dari 7 halaman

    Kekalahan Pertama Kante Bersama Prancis

    Untuk pertama kalinya, Prancis kalah dalam pertandingan di turnamen besar dengan kehadiran N'Golo Kante. Pemain Al-Ittihad itu sebelumnya mencatat 21 pertandingan tanpa terkalahkan bersama Prancis.

    Namun akhirnya berujung pada kekalahan saat melawan Spanyol dini hari tadi. Squawka mencatat Kante bersama Prancis punya rincian 13 kemenangan, 8 hasil imbang, dan sekali kalah.

    Rekor tak terkalahkan terpanjang yang pernah dialami pemain Eropa mana pun telah berakhir.

    4 dari 7 halaman

    Spanyol Selalu Menang di Euro 2024

    Kiprah Spanyol di Euro 2024 terbilang luar biasa. Mereka selalu mencatatkan kemenangan sejak pertandingan di fase grup.

    La Furia Roja secara beruntun mengalahkan Kroasia, Italia, Albania, Georgia, Jerman, dan terbaru Prancis. Mampukah mereka kembali menang dan juara di final nanti?

    5 dari 7 halaman

    Goresan Emas Dani Olmo

    Dani Olmo jadi pemain andalan anyar Spanyol di Euro 2024. Ia ikut mencetak gol kemenangan timnya atas Prancis dini hari tadi.

    Menariknya, Dani Olmo adalah pemain Spanyol pertama yang mencetak gol dalam tiga pertandingan babak sistem gugur berturut-turut di turnamen internasional besar. Pemain RB Leipzig itu menjebol gawang Georgia (16 besar), Jerman (perempat final), dan Prancis (semifinal).

    6 dari 7 halaman

    Kyian Mbappe Loyo

    Bintang sekaligus kapten Prancis, Kylian Mbappe tak bisa berbuat banyak menyelamatkan timnya. Ia memang menyumbang assist atas gol yang dicetak Randal Kolo Muani ke gawang Spanyol.

    Namun secara keseluruhan Mbappe tak banyak memberikan kontribusi berarti untuk tim Ayam Jantan. Satu di antara peluang terbaik didapatkan menjelang waktu normal berakhir, namun bola sepakan kaki kanannya jauh dari sasaran.

    Mbappe cuma menetak satu gol sepanjang perhelatan Euro 2024. Gol Mbappe dicetak ke gawang Polandia pada babak penyisihan grup.

    7 dari 7 halaman

    Nikmati Sajian Euro 2024 Eksklusif di Bola.com

    Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

    <p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Video Populer

    Foto Populer