Sukses


    Laporan Langsung dari Jerman : Dewi Fortuna Menempel di Punggung Dani Olmo, Api Spanyol Terus Menyala sampai Final Euro 2024 ?

    Bola.com, Jakarta - Lamine Yamal dan Dani Olmo menjadi pemantik kebahagiaan fans Timnas Spanyol di seluruh dunia, tak terkecuali saya. Dua nama tersebut mendapat atensi dari seluruh pihak, tak sekadar penggemar melainkan juga kalangan media, artis sampai pejabat pemerintah.

    Yamal dan Olmo menjadi pencetak gol Timnas Spanyol kala menenggelamkan Prancis, pada babak semifinal Euro 2024, di Allianz Aren, tadi malam. Gol yang Yamal terjadi pada menit ke-21, dan Olmo mencatatkan nama di papan skor, empat menit berselang.

    Sebelumnya, pemain Prancis, Randal Kolo Muani, membuat fans Timnas Spanyol sempat terhenyak. Pada menit ke-8, sundulan pemain PSG tersebut merobek gawang Tim Matador.

    Walhasil, kemenangan 2-1 membuat Timnas Spanyol sudah nangkring di laga final. Mereka sedang menunggu satu finalis lagi, yakni hasil dari pertempuran dua raksasa, Belanda kontra Inggris, malam ini.

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 6 halaman

    Sosok Lain

    Bagi fans Spanyol yang saya temui, sosok Lamine Yamal tidaklah terlalu mengejutkan. Pusat perbincangan mereka justru mengarah ke kubu Daniel Olmo Carvajal. Yup, Dani Olmo dianggap sedang mendapat anugerah berupa dewi fortuna yang sedang menempel kencang.

    Maklum, Olmo bukanlah pemain inti yang kerap dipakai sejak menit awal oleh pelatih de la Fuente. Padahal, dia adalah pemakai jersey bernomor punggung 10, yang identik dengan penggawa superpenting.

    Namun, mendadak ia 'menyala' di Euro 2024 ketika datang dari bangku cadangan. Total, ia sudah mengemas tiga gol di turnamen ini. Selain merobek gawang Prancis, dini hari tadi WIB, ia mengoyak jala dua negara lainnya, yakni Georgia dan tuan rumah, Jerman.

     

    3 dari 6 halaman

    Gol Pembuka

    Olmo mencetak gol pembuka di Euro 2024 ketika Jerman menumpas Georgia dengan skor 4-1. Pada laga di RheinEnergieStadion tersebut, ia mengoleksi gol keempat jawara Euro edisi 2008 dan 2012 tersebut.

    Lalu, gol kedua lahir ketika dirinya membuat rakyat Jerman menangis. Yup, Olmo mengoyak gawang Jerman di MHP Arena, Stuttgart, ketika Spanyol menggulung Jerman dengan skor 2-1.

    Aksi Olmo memang sangat menyakitkan, karena golnya terjadi hanya beberapa menit jelang masa perpanjangan waktu babak kedua selesai!. "Saya pikir seluruh masyarakat Spanyol bergembira, dan Olmo menjadi kekuatan yang mendadak wajib hadir di setiap laga. Dia bisa merealisasikan kepercayaan pelatih dan publik," komentar Silvia Costa, fans Spanyol yang mengaku merinding sesaat setelah wasit asal Slovenia, Slavko Vincic, meniup peluit tanda selesai pertandingan tadi malam.

     

    4 dari 6 halaman

    Wakil Banyak Orang

    Komentar Silvia bisa menjadi perwakilan dari ratusan juta pendukung Timnas Spanyol di Euro 2024. Sepak terjang Dani Olmo memang layak menjadi perhatian. Satu yang pasti, dia sangat hafal dengan karakter setiap stadion. Maklum, ia berkarier bersama RB Leipzig FC..

    Sebelum bergabung di Leipzig, Dani Olmo menjadi pemain yang bersinar bareng Dinamo Zagreb. Sebelumnya, pemain berusia 26 tahun ini berstatus lulusan akademi sepak bola Espanyol dan Barcelona.

    Kini, Olmo sudah menjelma menjadi calon top skorer Euro 2024. Pemain berpostur 176 cm ini sudah mengemas tiga gol. Ia berada di posisi teratas bersama empat nama lain, yakni Georges Mikautadze (Georgia), Jamal Musiala (Jerman), Cody Gakpo (Belanda) dan Ivan Schranz (Slovakia).

     

    5 dari 6 halaman

    Pesaing Utama

    Jika menilik nama-nama di atas, pesaing utama Olmo adalah bomber Belanda, Cody Gakpo. Nama terakhir baru bermain dini hari nanti WIB. Terlepas dari hasil yang bakal didapat Gakpo, sosok Olmo tetap memiliki kelas tersendiri.

    Bagi Olmo, cedera pemain muda asal Barcelona, Pedri seolah menjadi berkah. Tak bermaksu 'mensyukuri' ketiadaan Pedri, namun Olmo tak akan menjadi bahan perbincangan hangat andai menit bermainnya masih minim.

    Tiga gol di Euro 2024, menjadi bagian dari koleksi 11 gol Olmo bersama Timnas Spanyol. Ia mencetak gol perdana bersama timnas senior pada 15 November 2019. Kala itu, sang korban adalah Malta, dalam pertandingan di panggung kualifikasi Euro 2020.

    Setelah itu, gawang yang menjadi korban adalah Georgia, Kosovo, Albania, Kosta Rika, Norwegia dan Brasil. Kini, Dani Olmo akan mengemban tugas berat lagi, yakni laga puncak kontra pemenang Belanda Vs Inggris.

    Terlepas dari penampilan sepanjang Euro 2024, Olmo telah membuktikan kapasitasnya sebagai pemain yna gsanggup mengemban tanggung jawab. Setidaknya, kini fans Timnas Spanyol berharap Olmo bisa mempertahankan permainan level tinggi di Berlin, akhir pekan ini. (Tri Wahyu Utami)

    6 dari 6 halaman

    Laporan Khusus

    Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

    <p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Sepak Bola Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer