Sukses


    Penalti Kontroversial Inggris Vs Belanda di Semifinal Euro 2024 Sudah Sesuai Aturan, Ini Penjelasannya

    Bola.com, Dortmund - Inggris lolos ke final Euro 2024 usai menang 2-1 atas Belanda di semifinal dalam laga di Stadion Signal Iduna Park, Kamis (11/7/2024) dini hari WIB. Pertandingan ini sedikit diwarnai gol kontroversial yang dicetak Harry Kane pada babak pertama.

    The Three Lions (julukan Timnas Inggris) tertinggal terlebih dahulu di Signal Iduna Park di Dortmund pada Rabu malam setelah sepakan Xavi Simons berhasil menaklukkan Jordan Pickford pada menit ketujuh.

    Namun, sembilan menit kemudian, pasukan Gareth Southgate mendapat peluang besar untuk menyamakan kedudukan setelah pemain Belanda Denzel Dumfries dinilai melakukan pelanggaran terhadap kapten Inggris Harry Kane di dalam kotak penalti.

    Wasit Felix Zwayer kemudian mengecek VAR dan mendapat protes dari para pemain Belanda. Harry Kane maju dan mencetak gol untuk menjadikan kedudukan 1-1 tetapi keputusan untuk memberikan penalti kepada Timnas Inggris disambut dengan perbedaan pendapat.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 4 halaman

    Kontak Fisik

    Aturan yang ditetapkan oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB), yang dipatuhi UEFA, mungkin menjelaskan mengapa wasit Felix Zwayer memberikan hadiah penalti kepada Inggris. Ternyata keputusan itu berdasarkan aturan yang ada.

    “Dilakukan dengan lawan di dekatnya dan mencegah lawan memainkan bola karena takut cedera," bunyi aturan itu dikutip dari Sportbible.

    “Bermain dengan cara yang berbahaya tidak melibatkan kontak fisik antar pemain. Jika terjadi kontak fisik maka tindakan tersebut menjadi pelanggaran yang diancam dengan tendangan bebas langsung atau tendangan penalti.”

    “Dalam kasus kontak fisik, wasit harus mempertimbangkan dengan hati-hati kemungkinan besar pelanggaran juga telah dilakukan.”

    3 dari 4 halaman

    Keputusan Aneh

    Mantan bek Inggris Gary Neville juga terkejut dengan keputusan penalti tersebut dan mengatakan di ITV kalau keputusan penalti sangat memalukan.

    "Sebagai seorang bek, ini memalukan. Keputusan yang memalukan. Untuk memberikannya kepada saya sebagai penalti kapan saja, tapi dalam pertandingan sepenting ini...," ucap Gary Neville.

    “Dia masuk secara alami untuk mencoba memblok tembakan. Itu bukan penalti bagi saya dan tidak ada pemain Inggris yang mengklaim hal itu," lanjutnya.

    Wasit Zwayer menjadi sorotan sebelum pertandingan karena kontroversi sebelumnya dan keputusan terbaru ini tidak akan menguntungkannya.

    Sumber: Sportbible

    4 dari 4 halaman

    Liputan Bola.com Langsung dari Jerman

    Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

    <p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Video Populer

    Foto Populer