Sukses


    6 Pemain dengan Performa Paling Kinclong di Euro 2024: Lamine Yamal Kecil-Kecil Cabe Rawit

    Bola.com, Jakarta - Pesta sepak bola akbar Euro 2024 akan segera mencapai partai puncak. Spanyol dijadwalkan akan bersua dengan Inggris dalam laga final di Olympiastadion, Berlin, Senin (15/7/2024) dini hari WIB.

    Timnas Spanyol tentu dalam upaya keras untuk meraih trofi keempatnya, setelah menjadi juara pada edisi 1964, 2008, dan 2012. La Roja juga tak terkalahkan dalam enam pertandingan sejak fase grup Euro 2024.

    Satu-satunya kegagalan menang di waktu normal adalah ketika bersua tuan rumah Jerman pada perempat final. Duel itu berakhir 1-1 sampai 90 menit, tetapi Spanyol kemudian lolos ke semifinal dengan skor 2-1 berkat gol Mikel Merino pada menit ke-119.

    Di semifinal, tim asuhan Luis de la Fuente itu sukses menggebuk Prancis yang juga kandidat kuat juara.

    Adapun Timnas Inggris tercatat belum pernah menjadi kampiun di Euro. Mereka sempat tampil kurang meyakinkan di Grup C dengan hasil satu menang dan dua seri. Namun, itu rupanya sudah cukup untuk ke fase gugur dengan status juara Grup C.

    Pada 16 besar, Tim Tiga Singa bersusah payah mengalahkan Slovakia. Demikian halnya perempat final yang sampai harus ditentukan dengan babak adu penalti melawan Swiss. Namun, Timnas Inggris secara mengejutkan malah menang 2-1 atas Belanda pada semifinal

    Setelah sejumlah pertandingan digelar, muncul beberapa nama yang pantas dianggap dengan performa paling kinclong dari berbagai tim kontestan Euro 2024. Simak ulasannya:

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 8 halaman

    Lamine Yamal (Spanyol)

    Winger belia berusia 16 tahun ini sudah memiliki reputasi apik sebelum Euro 2024. Performanya pun terlihat semakin menanjak di Euro tahun ini dengan membukukan sejumlah catatan gemilang.

    Gol yang dicetaknya di semifinal melawan Prancis tercipta secara brilian. Apalagi, gol itu jadi hasil kemenangan penting 2-1 bagi Spanyol yang sekaligus tiket ke final.

    Sebelumnya, Lamine Yamal juga pernah mencetak gol serupa, yang kebetulan juga melawan Prancis pada Euro U-17 2023. Namun, apa yang ditampilkannya selama Euro 2024 jauh lebih baik dan masih terus mengundang decak kagum.

     

    3 dari 8 halaman

    Cody Gakpo (Belanda)

    Penyerang milik Liverpool ini punya kontribusi yang apik juga untuk Belanda di Euro 2024 lewat tiga golnya. Secara keseluruhan, apa yang ditampilkannya memang cukup mengesankan di turnamen ini.

    Gakpo sebenarnya kerap tampil labil sejak bergabung ke Liverpool dari PSV Eindhoven dengan harga 40 juta euro pada Januari 2023. Di level timnas, dia rupanya memiliki kualitas permainan yang jauh lebih baik.

    Performa bersama Belanda ini menjadi ajang pembuktiannya kepada Arne Slot, manajer anyar Liverpool. Kebetulan, Arne Slot juga merupakan pelatih asal Belanda yang selama beberapa musim berkiprah di Eredivisie.

     

    4 dari 8 halaman

    Dani Olmo (Spanyol)

    Pemain satu ini memiliki perjalanan karier yang unik dengan belum pernah membela klub negara asalnya sepanjang karier profesional. Namun, kontribusinya untuk Tim Matador sudah tidak diragukan lagi.

    Dani Olmo kerap jadi penentu ketika negaranya membutuhkan. Sejauh ini, dia telah mencetak tiga gol dan dua assist di Euro 2024.

    Kebetulan semua golnya dicetak pada fase gugur. Dia tampil mengesankan saat melawan dua tim kandidat kuat juara lain, yakni Jerman dan Prancis.

    Dengan status sebagai pemain RB Leipzig, Olmo tak ragu membobol gawang Jerman di perempat final. Terbaru, dia mencetak gol penentu kemenangan saat Spanyol membungkam Timnas Prancis dengan skor 2-1 di semifinal.

     

    5 dari 8 halaman

    Marc Guehi (Inggris)

    Nama satu ini jadi kejutan di Euro 2024. Dia mungkin tidak akan main jika Harry Maguire dalam kondisi bugar. Marc Guehi bukanlah termasuk bek top di Inggris, bahkan di Premier League juga.

    Namun selama Euro 2024, Guehi patut diakui sebagai pemain penting bagi Tim Tiga Singa. Dia selalu tampil dalam lima pertandingan, hanya absen sekali melawan Swiss karena terkena akumulasi kartu.

    Guehi sudah mengejutkan pada fase grup dengan ikut membukukan dua clean sheet. Selanjutnya, dia membuat Inggris sulit ditembus saat melawan Slovakia dan Belanda. Saat dia main, Inggris cuma kebobolan tiga gol dalam lima laga.

     

    6 dari 8 halaman

    Ferdi Kadioglu (Turki)

    Selain Guehi, ada pemain yang juga tampil mengejutkan di Euro 2024. Ferdi Kadioglu mungkin tidak mendapat perhatian yang sama dengan rekan setimnya di Turki, Arda Guler.

    Namun, bek milik Fenerbache ini kerap menjadi ancaman nyata bagi tim lawan. Dia tampil sangat solid bersama Turki, meski harus puas cuma sampai perempat final setelah kalah 1-2 dari Belanda.

    Menariknya, Kadioglu sebenarnya lahir dan tumbuh besar di Belanda dari ibu berdarah Belanda-Kanada. Dia pun memilih Timnas Turki karena darah keturunan dari ayahnya. Kini, banyak klub yang disebut ingin mendapatkan tanda tangannya.

     

    7 dari 8 halaman

    Diogo Costa (Portugal)

    Sosok satu ini telah membuktikan dirinya adalah salah satu penjaga gawang terbaik di Euro 2024. Namanya sudah mencuri perhatian setelah menggagalkan tiga penalti Slovenia pada 16 besar.

    Diogo Costa adalah pemain penting bagi Portugal selama Euro 2024 dan satu-satunya kiper yang ada di dalam daftar ini. Selain piawai dalam penalti, banyak penyelamatan gemilang yang dilakukannya selama turnamen ini.

    Sayangnya, Portugal harus puas hanya sampai perempat final setelah kalah adu penalti dengan Prancis. Hasil ini membuat mereka gagal menambah koleksi trofi Euro setelah menjuarainya pada 2016.

    Sumber: ESPN

    8 dari 8 halaman

    Saksikan Liputan Eksklusif Euro 2024 di Bola.com

    Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

    <p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Sepak Bola Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer