Sukses


    3 Fakta Unik Francois Letexier, Wasit Final Piala Eropa 2024: Punya Kerja Sampingan sebagai Juru Sita Pengadilan

    Bola.com, Jakarta - Francois Letexier diumumkan sebagai wasit final Euro 2024 antara Spanyol dan Inggris. Selain itu, ia juga merupakan juru sita pengadilan paruh waktu.

    Ini akan menjadi pertandingan yang sangat menarik pada hari Senin (15/7/2024) dini hari WIB ketika kedua negara Eropa bertemu. The Three Lions berhasil mencapai final Piala Eropa 2020 tetapi gagal mencapai rintangan terakhir, dan belum memenangkan apa pun sejak Piala Dunia 1966, kali ini mereka akan sangat ingin melangkah lebih jauh.

    Spanyol, sebaliknya, berhasil mencapai semifinal Euro 2020, juga kalah dari Italia, dan terakhir kali memenangkan kompetisi tersebut pada tahun 2012. Ini adalah final turnamen internasional pertama mereka sejak kemenangan itu. Singkatnya, kedua tim akan lebih dari siap untuk kesempatan ini.

    Oleh karena itu, pertandingan dengan status tinggi perlu diawasi oleh ofisial dengan kualitas terbaik dan UEFA telah memutuskan bahwa Francois Letexier akan menjadi orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut. Masih berusia 35 tahun, itu akan menjadi momen membanggakan bagi pemain asal Prancis itu.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 4 halaman

    Jadi Wasit Sejak Usia 14 Tahun

    Dari Brittany, wasit tersebut sebenarnya merupakan wasit termuda di Ligue 1 saat dilantik pada 2016. Kemudian, ia hanya butuh waktu satu tahun untuk masuk daftar FIFA, meski ia sudah menjadi wasit sejak usia 14 tahun.

    Tampaknya pekerjaan paruh waktunya sebagai juru sita selain tugas resminya juga bisa menjadi rahasia kesuksesannya. Memang benar, seperti dikutip The Sun, ia menjelaskan betapa baiknya memiliki dua fokus profesional, bukan hanya satu.

    "Ini membantu saya menjaga keseimbangan hidup yang baik," kata Letexier.

    Hebatnya, Piala Eropa 2024 menjadi saatnya Letexier memimpin turnamen besar. Di Jerman sejauh ini, ia memimpin pertandingan penyisihan grup antara Kroasia melawan Albania, Denmark dan Serbia, dan kemudian menjadi wasit saat Spanyol menang 4-1 atas Georgia di babak 16 besar, ia juga menjabat sebagai ofisial keempat untuk pertandingan pembuka antara Jerman dan Skotlandia.

    3 dari 4 halaman

    Punya Asisten

    Berbicara tentang pemilihannya sebagai wasit final Piala Eropa 2024, Letexier mencatat betapa dia terkejut mendapatkan pertandingan tersebut tetapi sangat bangga.

    "Tentu saja, merupakan kehormatan besar dan kepuasan besar bisa ditunjuk untuk pertandingan ini. Ini adalah kejutan, karena saya hanya mencoba untuk tetap fokus hari demi hari sepanjang turnamen dan tidak mengharapkan sesuatu yang begitu besar."

    Dia juga mengungkapkan betapa emosionalnya ketika direktur pelaksana wasit UEFA, Roberto Rosetti, memberitahunya tentang berita tersebut.

    "Itu adalah perbincangan singkat, Roberto langsung menuju sasaran. Dia bertanya apakah saya mengharapkan sesuatu. Saya berkata 'tidak' dan kemudian dia mengatakan kepada saya bahwa saya akan menjadi wasit final, dan itu saja."

    "Saya senang sekaligus terkejut ini adalah momen yang emosional juga karena ini adalah sesuatu yang sangat langka. Saya terburu-buru menyampaikan kabar ini kepada asisten saya, Cyril Mugnier dan Mehdi Rahmouni. Itu adalah perasaan pertama saya karena ini adalah hadiah untuk tim. Kami bekerja bersama selama delapan tahun jadi kami memiliki cerita yang panjang, dan saya ingin berbagi momen dengan mereka."

    4 dari 4 halaman

    Kontroversi

    Meskipun usianya masih muda, dalam tujuh tahun sejak mendapatkan tugas pertandingan UEFA pertamanya dengan kualifikasi EURO U-19 antara Swedia dan Belgia, Letexier telah memperoleh banyak pengalaman tingkat atas. Faktanya, ia menjadi wasit Piala Super Eropa 2023 antara Manchester City dan Sevilla, dan menjadi wasit keempat pada final Liga Champions antara Real Madrid dan Borussia Dortmund.

    Namun, dia tidak luput dari kontroversi. Memang, pemain Prancis itu secara tidak sengaja bentrok dengan Erling Haaland saat hasil imbang 3-3 leg pertama perempat final Liga Champions di Real Madrid pada April 2024. Saat berdebat dengan Dani Carvajal, wasit tersebut mengangkat tangan dan secara tidak sengaja menampar pemain andalan Man City itu.

    Itu adalah kesalahan kecil dalam dunia wasit, namun ada momen yang lebih penting dalam kariernya. Pemain berusia 35 tahun itu membuat beberapa seruan tidak populer di Prancis selama tahun 2022. Pertama, ia mengeluarkan empat kartu merah kepada St Etienne, yakni tiga pemain dan seorang pelatih, pada pertandingan Ligue 2 melawan Le Havre.

    Kemudian, dalam pertandingan Ligue 1 antara Nice dan Nantes, setelah mengeluarkan Kader Bamba dan Alban Lafont dari Nantes dan membuat beberapa keputusan penalti yang kontroversial, ia menerima ancaman pembunuhan di media sosial.

    Sepak Bola Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer