Sukses


    Perjalanan Menuju Final Final Euro 2024: Timnas Inggris

    Bola.com, Jakarta - Timnas Inggris memastikan satu tempat di final Euro 2024. Inggris lolos ke partai puncak setelah mengeliminasi Timnas Belanda di semifinal.

    Inggris menang atas Belanda di semifinal Euro 2024, Kamis (11/7/2024). Inggris memenangi pertandingan babak 4 besar di Signal Iduna Park itu dengan skor 2-1.

    Belanda unggul cepat melalui gol Xavi Simons di menit 7, tapi Inggris bisa membalikkan keadaan. Inggris berbalik menang lewat penalti Harry Kane menit 18 dan gol Ollie Watkins menit 90.

    Inggris belum pernah menjuarai Euro. Sejauh ini, Inggris hanya sekali menjadi runner-up, yakni ketika kalah adu penalti dari Italia di final Euro edisi sebelumnya (Euro 2020).

    Berikut perjalanan Inggris ke final Euro 2024.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 6 halaman

    Juara Grup C Euro 2024

    Inggris tergabung di Grup C Euro 2024. Inggris berada satu grup dengan Denmark, Slovenia, dan Serbia.

    Pada laga pertama, Inggris menang 1-0 atas Serbbia berkat gol tunggal Jude Bellingham. Pada laga kedua, satu gol Harry Kane hanya cukup untuk memberi Inggris hasil imbang 1-1 melawan Denmark. Pada laga ketiga, Inggris bermain seri 0-0 dengan Slovenia.

    Inggris hanya mencetak total dua gol, tapi lima poin meloloskan mereka ke babak 16 besar sebagai juara Grup C.

    3 dari 6 halaman

    Babak 16 Besar: Inggris Nyaris Kalah dari Slovakia

    Di babak 16 besar, Inggris bertemu dengan Slovakia. Inggris nyaris kalah. Inggris kebobolan terlebih dulu. Gol Slovakia dicetak oleh Ivan Schranz pada menit 25.

    Inggris baru bisa menyamakan kedudukan melalui gol salto Jude Bellingham di menit 90+5. Laga pun berlanjut ke extra time. Gol Harry Kane menit 91 memastikan Inggris menang 2-1 dan maju ke babak berikutnya.

    4 dari 6 halaman

    Perempat Final: Inggris Kuras Fisik dan Mental untuk Singkirkan Swiss

    Di perempat final, Inggris bertemu dengan Swiss. Inggris dipaksa menguras fisik dan mental. Sebab, pertandingan berlanjut tak cukup hanya sampai extra time, melainkan hingga adu penalti.

    Tertinggal oleh gol Breel Embolo menit 75, Inggris membalas melalui gol Bukayo Saka menit 80. Skor 1-1 terus bertahan sampai akhirnya adu penalti harus digelar untuk menentukan pemenang.

    Inggris menang adu penalti 5-3 dan lolos ke semifinal.

    5 dari 6 halaman

    Semifinal: Inggris Comeback lagi, Giliran Belanda yang Jadi Korban

    Sama seperti di babak 16 besar dan perempat final, Inggris lagi-lagi kebobolan gol pertama. Namun, inggris lagi-lagi mampu comeback dan bangkit dari ketertinggalan.

    Bedanya, kali ini, gol menit 90 Watkins memastikan Inggris menang tanpa harus melalui extra time maupun adu penalti.

    Andai tak ada gol Watkins itu, Inggris mungkin bisa saja kalah. Sebab, mereka terlihat sudah tak punya cukup tenaga untuk bermain lebih lama.

    Inggris lolos ke final. Di partai puncak, Inggris akan berhadapan dengan Belanda. Mampukah Inggris menang dan meraih gelar juara Euro mereka yang pertama?

    Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, Published 14/07/2024)

    6 dari 6 halaman

    Liputan Eksklusif Bola.com

    Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

    <p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Sepak Bola Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer