Sukses


    3 Faktor yang Membuat Inggris Gagal Juara Euro 2020: Bisa Terulang di Edisi 2024?

    Bola.com, Berlin - Timnas Inggris mampu melaju ke final Euro 2020. Kesempatan mereka berpesta saat itu sangatlah besar. Apalagi, final ajang itu digelar di kandang mereka, Stadion Wembley.

    Saat itu Timnas Inggris harus menghadapi Timnas Italia. Rasa percaya diri menghinggapi para pendukung The Three Lions saat itu.

    Apalagi penampilan Timnas Inggris sejak babak penyisihan Euro 2020 bisa dikatakan sangat bagus. Lagu "It's Coming Home" pun menggema saat itu.

    Namun, Timnas Inggris pada akhirnya mendapatkan kekecewaan. Tim asuhan Gareth Southgate pun kalah lewat babak adu tendangan penalti dari Timnas Italia.

    Ada tiga faktor besar yang membuat Timnas Inggris kalah dari Timnas Italia di final Euro 2020. Sesuatu yang seharusnya tidak boleh diulang di final Euro 2024.

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 4 halaman

    Kekuatan Mental

    Harus diakui, kekuatan mental Timnas Italia di final Euro 2020 ada jauh di atas Timnas Inggris. Para pemain Azzurri benar-benar menikmati bermain di kandang Tiga Singa.

    Keberadaan banyak pemain senior di skuad Italia saat itu seperti Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci, Lorenzo Insigne, dan beberapa pemain lain jelas menjadi pembeda.

    Kekuatan mental itu pun tercermin saat babak adu tendangan penalti. Tiga dari lima penendang penalti Timnas Inggris gagal menjalankan tugasnya.

    3 dari 4 halaman

    Didominasi Italia

    Timnas Inggris memulai laga dengan sangat baik di final Euro 2020. Tim asuhan Gareth Southgate bisa memimpin pada menit kedua lewat gol dari Luke Shaw.

    Namun, setelah itu Timnas Inggris justru bermain bertahan. Timnas Italia benar-benar mendominasi jalannya pertandingan.

    Mereka unggul dalam banyak hal. Mulai penguasaan bola, penciptaan peluang, jumlah umpan dan hal lain. Timnas Italia pun menyamakan kedudukan dan memaksa laga diakhiri lewat adu tendangan penalti.

    4 dari 4 halaman

    Lengah saat Set Piece

    Gol balasan Timnas Italia pada laga ini tercipta pada menit ke-67. Pelakunya adalah sang bek andalan Azzurri, Leonardo Bonucci.

    Leonardo Bonucci memanfaatkan kemelut setelah situasi tendangan sudut. Para pemain belakang Inggris pun tampak tidak siap dengan kehadiran Bonucci.

    Hal serupa tentu tak boleh terjadi di final Euro 2024. John Stones dan kawan-kawan harus sigap dalam situasi apa saja.

     

    Sepak Bola Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer