Sukses


    Detik-Detik Gol Kemenangan Dramatis Spanyol di Final Euro 2024: Sontekan Mikel Oyarzabal yang Mengubur Asa Inggris untuk Pecah Telur!

    Bola.com, Berlin - Timnas Spanyol berhasil menjadi juara Euro 2024 sekaligus menobatkan diri sebagai raja dalam sejarah kompetisi sepak bola di Benua Biru itu. Spanyol menang 2-1 atas Inggris dalam pertandingan final yang digelar di Olympiastadion, Berlin, Senin (15/7/2024) dini hari WIB.

    Spanyol berhadapan dengan Inggris dalam laga final Euro 2024 yang digelar di Olympiastadion, Berlin. Tim asuhan Luis de la Fuente itu pun berhasil menjadi yang terbaik dalam kompetisi sepak bola Eropa tersebut.

    Alvaro Morata dkk. berhasil mengangkat trofi juara pada akhir pertandingan setelah kemenangan 2-1 yang diraih atas tim asuhan Gareth Southgate.

    Ini sekaligus membuat Spanyol menjadi tim dengan jumlah trofi terbanyak dalam sepanjang sejarah Piala Eropa.

    Termasuk dalam edisi 2024 ini, Spanyol tercatat sudah empat kali menjadi yang terbaik dalam sejarah kompetisi sepak bola Eropa tersebut. Ini juga sekaligus membuat Inggris masih belum berhasil menjadi yang terbaik dalam sejarah Piala Eropa.

    Dalam dua edisi terakhir, Inggris hanya berhasil mencapai final Piala Eropa, tetapi selalu gagal untuk angkat trofi. Sebelum kalah dari Spanyol di final Euro 2024, The Three Lions juga kalah dari Italia di final Euro 2020.

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 4 halaman

    Sontekan Oyarzabal

    Gol penentu kemenangan Spanyol di final Euro 2024 tercipta pada menit ke-86 lewat kaki pemain pengganti, Mikel Oyarzabal. Pemain yang masuk menggantikan Alvaro Morata pada menit ke-68 ini berhasil menjadi penentu sukses La Furia Roja menjadi juara.

    Berawal dari permainan satu-dua yang dilakukannya dengan Marc Cucurella, Mikel Oyarzabal yang mengarahkan bola kepada Cucurella yang berlari tanpa kawalan di sisi kiri penyerangan, menjemput umpan silang mendatar yang diberikan bek sayap kiri Spanyol itu di depan mata kiper Inggris, Jordan Pickford.

    Dengan sebuah sontekan cepat, Mikel Oyarzabal membuat jala gawang Inggris bergetar sekaligus membawa Spanyol unggul 2-1 dalam sisa waktu sekitar empat menit dari akhir pertandingan.

    3 dari 4 halaman

    Sempat Saling Balas Gol

    Pertandingan antara Spanyol dan Inggris memang berlangsung sangat seru di final Euro 2024. Sebelum Mikel Oyarzabal mencetak gol penentu kemenangan, kedua tim sempat bermain imbang 1-1.

    Nico Williams membuka keunggulan Spanyol pada menit ke-47. Baru saja babak kedua pertandingan dimulai, sebuah akselerasi luar biasa yang dilakukan Lamine Yamal berujung dengan gol Nico Williams yang mengecoh Jordan Pickford.

    Namun, Inggris kemudian juga berhasil menyamakan kedudukan. Keputusan pelatih Gareth Southgate memasukkan Cole Palmer menggantikan Kobbie Mainoo pada menit ke-70 berbuah manis pada menit ke-79, di mana sepakan keras Cole Palmer dari luar kotak penalti mampu menjebol gawang Spanyol.

    Sayangnya, gol Cole Palmer itu tak mampu membawa Inggris mengakhiri pertandingan dengan kemenangan. Gawang Jordan Pickford jebol oleh Oyarzabal pada menit ke-86 dan memastikan Spanyol menjadi juara Piala Eropa untuk kali keempat dalam sejarah.

    4 dari 4 halaman

    Laporan dari Jerman

    Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

    <p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Sepak Bola Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer