Sukses


    5 Catatan Fenomenal setelah Spanyol Juara Euro 2024: Lamine Yamal Istimewa! La Furia Roja Raja Eropa

    Bola.com, Berlin - Timnas Spanyol berhasil menjadi juara Euro 2024! La Furia Roja menjadi yang terbaik dalam turnamen sepak bola Eropa yang digelar di Jerman itu setelah menang 2-1 atas Inggris dalam laga final yang digelar di Olympiastadion, Berlin, Senin (15/7/2024) dini hari WIB.

    Pertarungan dua tim di final Euro 2024 ini sangat menarik. Setelah bermain imbang tanpa gol dalam 45 menit pertama, adu balas gol terjadi pada babak kedua. Nico Williams menjadi pemecah kebuntuan dan membawa Spanyol unggul pada menit ke-47.

    Berawal dari pergerakan impresif Lamine Yamal yang kemudian memberikan assist, Nico Williams mampu memperdaya Jordan Pickford untuk membawa Spanyol unggul lebih dulu pada awal babak kedua.

    Namun, Inggris mampu membalas pada menit ke-73. Sepakan keras Cole Palmer dari luar kotak penalti membuat Unai Simon harus mengambil bola dari dalam gawang Spanyol. Kedudukan menjadi 1-1.

    Empat menit sebelum waktu normal berakhir, Spanyol membuat pendukungnya yang hadir di Olympiastadion, Berlin, bergemuruh.

    Sontekan Mikel Oyarzabal di depan wajah Jordan Pickford membuat Spanyol berhasil unggul 2-1. Ini sekaligus jadi gol penentu kemenangan Spanyol untuk menjuarai Euro 2024.

    Berikut lima catatan fenomenal Spanyol setelah berhasil menjadi yang terbaik di Euro 2024:

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 7 halaman

    Lamine Yamal Cetak Rekor untuk Spanyol

    Baru tampil perdana di turnamen besar pada Euro 2024 ini, Lamine Yamal mampu langsung memberikan performa yang luar biasa untuk Timnas Spanyol.

    Tak hanya membantu Spanyol menjadi juara Euro 2024, Lamine Yamal menjadi pemain pertama yang berhasil mencatat empat assist dalam sebuah turnamen besar untuk Timnas Spanyol.

    Catatan empat assist dan satu gol pun membuat Lamine Yamal menjadi pemain muda terbaik di Euro 2024.

     

     

     

    3 dari 7 halaman

    7 Kemenangan Spanyol dalam Satu Edisi Piala Eropa

    Timnas Spanyol tidak hanya berhasil menjadi juara Euro 2024, tetapi juga menorehkan sejarah dengan memenangkan tujuh pertandingan yang harus dilalui sepanjang turnamen.

    Spanyol memulai Euro 2024 dengan kemenangan telak 3-0 atas Kroasia dan berlanjut dengan kemenangan identik 1-0 saat menghadapi Italia dan Albania di Grup B. Spanyol kemudian menyingkirkan Georgia di babak 16 besar lewat kemenangan telak 4-1.

    Spanyol kemudian membuat tim tuan rumah Jerman takluk di perempat final. La Furia Roja menang 2-1 di Stuttgart pada laga tersebut dan kemudian menang dengan skor identik atas Prancis di semifinal.

    Menariknya skor 2-1 seakan menjadi jimat bagi Spanyol yang kembali menang 2-1 di laga puncak Euro 2024.

     

     
    4 dari 7 halaman

    Paling Produktif di Euro 2024

    Timnas Spanyol juga berhasil menjadi tim paling produktif di Euro 2024. Melangkah dari Grup B dengan catatan lima gol tanpa kebobolan, Spanyol kemudian berhasil mencetak 10 gol dan kebobolan empat gol di fase knockout.

    Hal ini berbanding terbalik dengan Inggris yang hanya mencetak delapan gol dari awal Euro 2024 berlangsung hingga laga final.

    5 dari 7 halaman

    Spanyol Raja Eropa

    Keberhasilan Spanyol menjadi juara Euro 2024 membuat mereka kini unggul selangkah dari Jerman dalam perolehan trofi Piala Eropa.

    Sebelum menjuarai Euro 2024, Spanyol dan Jerman menjadi dua tim terbanyak dalam perolehan gelar juara di turnamen sepak bola Eropa tersebut, masing-masing dengan tiga gelar juara.

    Namun, kini Spanyol menjadi yang terbanyak meraih gelar juara Piala Eropa dengan empat gelar juara, yang berhasil dipastikan ketika bermain di Jerman.

     
    6 dari 7 halaman

    Kado Spesial Nico Williams dan Lamine Yamal

    Keberhasilan Spanyol menjadi juara memang ditentukan oleh gol yang dicetak oleh Mikel Oyarzabal yang membuat skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Spanyol.

    Namun, jangan lupakan bagaimana penting gol pertama Spanyol yang dicetak oleh Nico Williams yang memanfaatkan assist Lamine Yamal pada menit ke-47.

    Bahkan momen gol pembuka kemenangan ini menjadi sangat istimewa bagi kedua pemain tersebut. Nico Williams baru saja berulang tahun pada 12 Juli, sementara Lamine Yamal merayakan hari lahir pada 13 Juli. Dan pada 14 Juli, kedua pemain itu sukses membantu Spanyol menjadi yang terbaik di Eropa.

     

    Sumber: Squawka

     
    7 dari 7 halaman

    Laporan Langsung dari Jerman

    Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

    <p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Sepak Bola Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer