Sukses


    Daftar Penghargaan di Final Euro 2024: Dikuasai Pemain Spanyol, Termasuk Rodri dan Lamine Yamal

    Bola.com, Berlin - Euro 2024 telah berakhir, Spanyol menjadi tim terbaik dalam turnamen sepak bola Eropa yang digelar di Jerman pada musim panas ini.

    Timnas Spanyol berhasil menjuarai Euro 2024 setelah mengalahkan Inggris dengan skor 2-1 dalam laga final yang digelar di Olympiastadion, Berlin, Senin (15/7/2024) dini hari WIB.

    Nico Williams membuka keunggulan Spanyol melalui gol yang dicetaknya pada menit ke-47. Inggris sempat menyamakan kedudukan lewat gol Cole Palmer pada menit ke-73, tetapi Mikel Oyarzabal kembali membawa Spanyol unggul pada menit ke-86.

    Spanyol menjadi yang terbaik di Euro 2024 sekaligus memastikan titel raja Eropa lewat gelar juara keempat dalam sejarah Piala Eropa, yang membuat La Furia Roja menjadi tim paling sukses dalam sejarah turnamen sepak bola Benua Biru itu.

    Tak hanya berhasil secara tim di Euro 2024, torehan prestasi individual pun diraih oleh sejumlah pemain Spanyol pada turnamen kali ini.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 7 halaman

    Nico Williams Pemain Terbaik Final Euro 2024

    Nico Williams berhasil mencetak gol pembuka keunggulan Spanyol dalam laga final Euro 2024. Memanfaatkan umpan dari Lamine Yamal, penyerang sayap Timnas Spanyol ini mampu memperdaya kiper Inggris, Jordan Pickford.

    Penampilan impresifnya dalam laga puncak Euro 2024 ini membuatnya mendapatkan penghargaan sebagai pemain terbaik final Euro 2024.

    "Ia sangat berbahaya di lini serang, sering membantu pertahanan, membantu Marc Cucurella dan bergerak ke tengah untuk berkombinasi dengan Dani Olmo. Ia mencetak gol pertama dan menjadi pemain paling berbahaya di lapangan," ujar panelis teknis UEFA.

    3 dari 7 halaman

    Rodri Pemain Terbaik Euro 2024

    Sementara itu gelandang Timnas Spanyol, Rodri, terpilih menjadi pemain terbaik Euro 2024.

    Pemain Man City itu bermain selama 521 menit di Euro 2024 , mencetak satu gol, membuat 411 umpan yang berhasil dari 439 yang dilepaskannnya. Membuatnya memiliki akurasi umpan mencapai 92,84 persen.

    Rodri membuat pengaruh yang luar biasa di lini tengah Spanyol bersama Fabian Ruiz. Ia juga mencetak gol ketika La Furia Roja menang 4-1 atas Georgia di babak 16 besar.

    Sejak penghargaan pemain terbaik Piala Eropa dimulai pada 1996, Rodri menjadi pemain Spanyol ketiga yang meraih gelar individual tersebut.

    Sebelumnya ada Xavi Hernandez yang menjadi pemain terbaik Euro 2008 dan Andres Iniesta yang meraih gelar yang sama pada 2012, di mana Spanyol berhasil menjadi juara.

    4 dari 7 halaman

    Lamine Yamal Pemain Muda Terbaik Euro 2024

     

    Sementara itu, penghargaan pemain muda terbaik Euro 2024 jatuh kepada Lamine Yamal. Pemain muda Barcelona itu memang sudah memperlihatkan performa apik di Piala Eropa kali ini sejak fase grup.

    Bermain selama 507 menit bersama Timnas Spanyol di Euro 2024, Lamine Yamal sukses mencetak satu gol dan empat assist. Torehan assist itu pun membuatnya berhasil menjadi pemain Spanyol pertama yang mencatatkan jumlah tersebut dalam satu edisi Piala Eropa.

    Ia juga mencatatkan 32 dribel sepanjang turnamen yang berlangsung di Jerman tersebut. Ia juga tercatat menjadi pemain termuda dalam sejarah Piala Eropa ketika menjadi starter dalam kemenanga 3-0 atas Kroasia di pertandingan pertama fase grup, di mana usianya baru 16 tahun 338 hari.

    Ia genap berusia 17 tahun satu hari sebelum kemenangan 2-1 atas Inggris di final Euro 2024, membuatnya menjadi pemain termuda yang pernah tampil di final turnamen besar. Ia tampil luar biasa dengan sebuah assistu ntuk gol yang dicetak Nico Williams.

     

    5 dari 7 halaman

    Top Scorer Euro 2024: Ada Dani Olmo di Antara 6 Pemain Tersubur

    Sementara untuk pemain paling subur di Euro 2024, ada enam pemain yang berbagi tempat dengan torehan tiga gol. Satu di antaranya adalah pemain Spanyol, Dani Olmo, yang berhasil mencetak gol di 16 besar, perempat final, dan semifinal.

    Namun, seperti dituliskan di atas, Dani Olmo bukan satu-satunya pemain dengan jumlah gol terbanyak di Euro 2024. Ada lima pemain yang juga berhasil mencetak tiga gol dalam turnamen sepak bola di Jerman itu.

    Kelima pemain lain itu adalah Harry Kane (Inggris), Georges Mikautadze (Georgia), Jamal Musiala (Jerman), Cody Gakpo (Belanda), dan Ivan Schranz (Slovakia).

     

    6 dari 7 halaman

    Daftar Penghargaan Individual Euro 2024

    Pemain Terbaik Final Euro 2024: Nico Williams

    Pemain Muda Terbaik Euro 2024: Lamine Yamal

    Pemain Terbaik Euro 2024: Rodri

    Top Scorer Euro 2024: Harry Kane (Inggris), Georges Mikautadze (Georgia), Jamal Musiala (Jerman), Cody Gakpo (Belanda), Ivan Schranz (Slovakia), Dani Olmo (Spanyol)

    7 dari 7 halaman

    Laporan Langsung dari Jerman

    Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

    <p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Video Populer

    Foto Populer