Sukses


    Cetak Gol Penentu Kemenangan Spanyol di Final Euro 2024, Keberuntungan yang Istimewa bagi Mikel Oyarzabal

    Bola.com, Berlin - Spanyol berhasil menjadi juara Euro 2024 setelah meraih kemenangan 2-1 atas Inggris dalam laga final yang digelar di Olympiastadion, Berlin, Senin (15/7/2024) dini hari WIB. Pencetak gol penentu kemenangan La Furia Roja, Mikel Oyarzabal, mengaku beruntung bisa menjadi sosok yang menentukan keberhasilan timnya.

    Timnas Spanyol unggul lebih dulu dalam pertandingan ini. Pada menit ke-47, berawal dari pergerakan impresif Lamine Yamal, bola kemudian dikirimkan ke sisi kiri serangan yang membuat Nico Williams sukses menjebol gawang Inggris.

    Namun, keputusan Gareth Southgate memasukkan Cole Palmer untuk menggantikan Kobbie Mainoo terbukti jitu. Sang gelandang berhasil menjebol gawang Spanyol pada menit ke-73 untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

    Spanyol pada akhirnya keluar sebagai juara Euro 2024 setelah umpan Marc Cucurella disambar oleh Mikel Oyarzabal di depan wajah kiper Inggris, Jordan Pickford.

    Keunggulan 2-1 untuk Spanyol bertahan hingga laga usai. La Furia Roja menjadi juara Euro 2024, yang merupakan gelar juara Piala Eropa untuk kali keempat dalam sejarah, sekaligus memastikan diri sebagai tim yang paling sering menjuarai turnamen sepak bola Eropa itu.

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 4 halaman

    Merasa Beruntung

    Keberhasilan mencetak gol penentu kemenangan Spanyol diakui oleh Mikel Oyarzabal sebagai sebuah keberuntungan. Namun, menurutnya itu keberuntungan terbaik karena memberikan kontribusi nyata untuk keberhasilan tim menjadi juara.

    "Saya melakukan tugas saya dan saya cukup beruntung mencetak gol penentu kemenangan," ujar Mikel Oyazabal seperti dilansir dari situs resmi UEFA.

     "Jika Anda cukup beruntung untuk mencetak gol, itu yang terbaik," lanjutnya.

    3 dari 4 halaman

    Pencapaian Istimewa setelah Bertarung dengan Cedera

    Penyerang Spanyol yang bermain bersama Real Sociedad itu menjadi pahlawan kemenangan Spanyol. Padahal sebelumnya tak banyak yang mengenal sosok pemain berusia 27 tahun itu.

    Bahkan dalam pertandingan final Euro 2024 ini, Oyarzabal masuk menggantikan Alvaro Morata pada menit ke-68. Ia menjadi tenaga segar untuk membantu Spanyol menekan Inggris.

    Sebelumnya, Mikel Oyarzabal banyak berkutat dengan upaya pulih dari cedera yang menderanya. Itulah yang membuatnya kesulitan untuk bisa menjadi starter di Euro 2024. Namun, gol di laga final ini jelas menjadi sesuatu yang istimewa.

    "Saya melalui masa-masa sulit karena cedera, jadi rasa gembira ini adalah sesuatu yang istimewa setelah semua yang telah saya lalui," ujar Oyarzabal.

    "Ini giliran saya mencetak gol, tetapi kemenangan ini untuk semua orang. Skuad kami seperti keluarga," lanjutnya.

    Sumber: UEFA

    4 dari 4 halaman

    Laporan dari Jerman

    Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

    <p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Sepak Bola Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer