Sukses


    Perjalanan Karier Cemerlang Luis de la Fuente: Sama Jagonya di Level Junior dan Senior, Sukses Bikin Spanyol Kembali Menaklukkan Eropa

    Bola.com, Jakarta - Spanyol merengkuh gelar juara Euro 2024. Tim Matador menggasak Inggris 2-1 dalam laga final di Stadion Olimpiade Berlin, Senin (15/7/2024) dini hari WIB.

    Di balik kesuksesan Spanyol menjuarai Euro 2024 ada sosok Luis de la Fuente sebagai sutradaranya. Berkat pemilihan komposisi skuad dan racikan strateginya, membuat Spanyol menaklukkan Eropa.

    Spanyol sangat kuat sejak fase grup Euro 2024. Mereka belum pernah kalah ataupun imbang dalam 90 maupun 120 menit permainan. Tangan dingin De la Fuente membuat Spanyol sangat konsisten.

    Tidak ada salahnya melihat kembali sosok maupun jejak karier Luis de la Fuente sebagai seorang Profesor baru di sepak bola Spanyol. Yuk simak ulasan menarik Bola.com berikut ini.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 6 halaman

    Kenyang di Level Junior

    De la Fuente sendiri bukan orang baru di ranah sepak bola Spanyol. Sejak tahun 2013, ia dipercaya untuk menjadi pelatih timnas Spanyol junior di berbagai kelompok umur.

    Ia memulai karier kepelatihannya bersama Spanyol di kelompok umur pada Mei 2013 saat berusia 51 tahun, tugas pertamanya bersama RFEF adalah menukangi timnas Spanyol U-19.

    Sejak saat itu, De la Fuente menukangi timnas Spanyol di berbagai jenjang kelompok umur. Dirinya juga telah memberikan sejumlah prestasi kepada Negeri Matador.

    3 dari 6 halaman

    Makin Moncer

    Kemudian De la Fuente mengantar Spanyol menjadi juara Piala Eropa U-19 dan U-21, meraih medali emas di Mediterranian Games 2018, dan medali perak cabang sepak bola pada Olimpiade Tokyo 2020.

    Pelatih berkebangsaan Spanyol tersebut menjadi aktor utama dalam mengorbitkan sejumlah nama yang memperkuat tim nasional pada Piala Dunia 2022.

    Nama-nama seperti Ferran Torres, Pedri, Gavi, Ansu Fati, Eric Garcia dan lainnya pernah merasakan dilatih oleh De la Fuente saat masih membela timnas kategori umur Spanyol.

    4 dari 6 halaman

    Pengalaman Melatih Klub

    Selain bersama tim nasional Spanyol junior, pelatih berusia 61 tahun itu juga pernah menukangi beberapa klub di Spanyol seperti Club Portugalete, CD Aurrera de Vitoria, dan tim B Athletic Bilbao.

    Namun, penunjukkannya sebagai pelatih tim senior Spanyol merupakan yang pertama bagi De la Fuente melatih tim senior semenjak dipecat oleh Alaves pada 2011. Sebagai pemain professional, De la Fuente menyumbangkan dua gelar Liga Spanyol bersama Athletic Bilbao pada dekade 1980-an.

    De la Fuente juga telah mendapatkan dukungan dari pelatih yang ia gantikan, Luis Enrique yang mengatakan bahwa bersama De la Fuente, timnas Spanyol bisa meraih tujuannya.

    Debut De la Fuente menukangi Spanyol terjadi pada 26 Maret 2023 dalam babak kualifikasi Euro 2024, ia sukses membawa La Furia Roja menghajar Norwegia 3-0.

    5 dari 6 halaman

    Matador Rajai Eropa

    Keberhasilan De la Fuente mengantarkan Spanyol juara Euro 2024, membuatnya menyusul prestasi dari Luis Aragones dan Vicente del Bosque.

    Kedua pelatih sebelumnya sukses membawa La Furia Roja juara Euro 2008 dan 2012. Sebelum menggondol trofi Piala Eropa 2024, De la Fuente juga sukses mempersembahkan gelar juara UEFA Nations Cup 2023.

    6 dari 6 halaman

    Pencapaian Luis de la Fuente

    Daftar Prestasi Ruben de la Fuente:

    - Spanyol Juara Piala Eropa U-19 2015

    - Spanyol Juara Piala Eropa U-19 2021

    - Spanyol Meraih Medali Perak Olimpiade 2020

    - Spanyol Juara UEFA Nations Cup 2023

    - Spanyol Juara Euro 2024

    Sepak Bola Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer