Sukses


    7 Kandidat Pengganti Southgate di Timnas Inggris: Frank Lampard, Steven Gerrard, sampai Graham Potter Menyala!

    Bola.com, Jakarta - Inggris dan Gareth Southgate kembali gagal menyelesaikan Piala Eropa dengan manis. The Three Lions kalah dari Spanyol 1-2 dalam final Euro 2024 di Berlin, Senin (15/7/2024) dini hari WIB.

    Kegagalan itu sekaligus mengulangi memori tiga tahun lalu, saat Inggris juga gagal di final Euro edisi 2020 di kandang sendiri setelah kalah dari Italia di final.

    Gareth Southgate memutuskan mundur dari posisi pelatih kepala Timnas Inggris, Selasa (16/7/2024) meski kontraknya masih tersisa sampai akhir tahun nanti.

    Inggris tidak perlu khawatir dengan banyaknya kandidat yang layak menjadi pengganti Gareth Southgate.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 5 halaman

    Banyak Spekulasi

    Dengan hasil mengecewakan di Euro 2024, banyak spekulasi mulai beredar tentang masa depan Southgate sebagai manajer Inggris. Banyak pihak yang merasa ini adalah waktu yang tepat baginya untuk mundur setelah delapan tahun masa baktinya.

    Laporan terbaru menunjukkan bahwa FA ingin mempertahankan bosnya tersebut setelah kontraknya saat ini berakhir pada bulan Desember. Meski begitu, ia bisa saja tetap angkat kaki dengan kemauan sendiri.

    Dengan demikian, federasi sepak bola Inggris atau FA harus siap menyeleksi calon penggantinya. Menurut The Telegraph, mereka saat ini memiliki tujuh nama berbeda yang sedang mempertimbangkan siapa yang akan mereka tunjuk untuk menggantikannya jika memang diperlukan.

    3 dari 5 halaman

    Duo Gelandang Legendaris

    Yuk simak siapa saja dalam daftar sosok yang menjadi kandidat penerus tugas Southgate. Dua nama yang sedang dipertimbangkan oleh FA, namun juga dianggap tidak mungkin mendapatkan pekerjaan itu, adalah Frank Lampard dan Steven Gerrard.

    Pasangan ini memiliki banyak pengalaman mengambil bagian dalam turnamen besar bersama negaranya dan telah memulai karier sebagai manajer setelah pensiun dari bermain. Mereka mempunyai hasil yang beragam sebagai pelatih, dengan Lampard menghabiskan waktu bersama Derby County, Chelsea dan Everton, sedangkan Gerrard mendapatkan gelarnya di Rangers, sebelum mengambil alih Aston Villa.

    Gerrard sekarang menjadi pelatih kepala Al-Ettifaq di Arab Saudi. Mengingat tidak ada orang yang melihat terlalu banyak keberhasilan sebagai manajer, mereka tidak mungkin ditawari pekerjaan tersebut.

    Namun Gary Lineker dan Micah Richards baru-baru ini mengungkapkan bahwa mereka pikir Lampard akan menjadi pilihan yang tepat, jadi siapa yang tahu?

    4 dari 5 halaman

    Opsi Lain

    Meskipun kedua sosok tersebut kemungkinan besar tidak akan mendapatkan pekerjaan di Timnas Inggris, ada lima nama lain yang dipertimbangkan secara serius jika Southgate mundur. Manajer Newcastle United Eddie Howe adalah salah satu favorit.

    Kiprahnya bersama The Magpies telah mengesankan banyak orang, dan tampaknya FA termasuk dalam kelompok tersebut. Namun, dia bukan satu-satunya orang Inggris yang ikut dalam pencalonan tersebut. Mantan bos Brighton & Hove Albion Graham Potter dan manajer Inggris U21 saat ini Lee Carsley keduanya juga sedang dipertimbangkan.

    Potter telah menganggur sejak masa jabatan buruknya bersama Chelsea berakhir pada awal tahun 2023, sementara mantan gelandang Everton Carsley telah bekerja dengan Timnas Inggris U-21 selama tiga tahun terakhir.

    Dua nama luar negeri yang diincar adalah Thomas Tuchel dan Mauricio Pochettino. Keduanya punya segudang pengalaman melatih tim-tim level elit, antara lain Chelsea, Bayern Munich, dan PSG. Mereka telah memimpin tim-tim di tahapan termegah di klub sepak bola, jadi mudah untuk melihat mengapa mereka ikut serta.

    Terlepas dari siapa yang mengambil alih, mereka akan memiliki tugas besar yang harus diisi setelah masa jabatan Southgate yang luar biasa sebagai pelatih.

    5 dari 5 halaman

    Daftar Kandidat Pelatih Baru Timnas Inggris

    Daftar 7 Kandidat Pengganti Gareth Southgate

    1. Frank Lampard

    2. Steven Gerrard

    3. Eddie Howe

    4. Graham Potter

    5. Lee Carsley

    6. Thomas Tuchel

    7. Mauricio Pochettino

     

    Sumber: Give Me Sport

    Sepak Bola Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer