Sukses


    Cerita dari Jerman: Enggak Hanya karena Euro 2024, Frankfurt juga Meriah saat Orang Indonesia Kumpul

    Bola.com, Frankfurt - Suasana di Jerman, khususnya di 10 kota penyelenggara Euro 2024, meriah dalam satu bulan terakhir. Jelang final Euro 2024 di Berlin, tak hanya turnamen sepak bola Eropa itu yang meriah, tetapi juga suasana di Frankfurt, di mana banyak Warga Negara Indonesia (WNI) berkumpul.

    Ya, pada Sabtu (13/7/2024) atau satu hari sebelum final Euro 2024 digelar di Berlin, ada kumpul-kumpul yang dilakukan WNI di Frankfurt. Ya, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Frankfurt bekerja sama dengan Weltkulturen Museum menggelar Indonesia Summerfest di Metzlerpark, Frankfurt.

    Kegiatan Indonesia Summerfest ini digelar sebagai penanda berakhirnya program pameran "Sound Sources. Everything is Music!" yang digelar sejak November 2023. Pengunjung Indonesia Summerfest pun disambut alunan gamelan Grup Wacana Budaya yang sudah berusia 40 tahun.

    Dengan suasana piknik di Metzlerpark, Indonesia Summerfest menghadirkan berbagai pertunjukan seni tradisional Indonesia, seperti tarian yang dibawakan Pesona Indonesia and Friends, orkestra gamelan Grup Wacana Budaya, serta penampilan dan workshop Grup Angklung KJRI Frankfurt.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 4 halaman

    Cara Terbaik Membangun Jembatan Antarbangsa

    Kegiatan Indonesia Summerfest di Metzlerpark ini dibuka oleh Konsul Jenderal RI Frankfurt, Antonius Yudi Triantoro. Dalam sambutannya, Antonius Yudi bangga bisa menghadirkan budaya Indonesia di tengah pengunjung yang ada di Frankfurt.

    "Kebudayaan adalah salah satu cara terbaik membangun jembatan antarbangsa, mempererat persahabatan dan memperdalam pemahaman antarbudaya," ujar Antonius Yudi Triantoro.

    Konjen Yudi juga mengajak semua yang hadir di Indonesia Summerfest untuk memeriahkan Indonesia Culture and Arts Festival 2024 yang digelar di Gedung Titus Forum Nordwestzentrum Frankfurt pada 9-11 Agustus 2024.

    "Keragaman budaya Indonesia merupakan instrumen berharga dalam membangun dialog dan memperkuat kontak antar-masyarakat kedua negara, untuk menemukan ide-ide inspiratif dan terobosan demi mendorong kolaborasi antara masyarakat, pelaku budaya, dan pemerintah Indonesia dan Jerman," ujarnya.

    3 dari 4 halaman

    Banyak Makanan dan Minuman Khas Indonesia yang Bikin Rindu

    Kegiatan Indonesia Summerfest yang digelar pada sore hari yang cerah di pusat kota Frankfurt itu makin menyenangkan karena bazar makanan yang menawarkan kelezatan kuliner khas Indonesia.

    Dalam kesempatan ini ada begitu banyak makanan Indonesia yang membuat WNI di Frankfurt kangen dengan suasana di Tanah Air, seperti Sate Padang, Mie Ayam, Siomay, aneka jajanan hingga kopi susu gula aren khas Indonesia.

    Kopi susu gula aren yang disajikan oleh Meramanis, sebuah coffee shop yang ada di Kota Koln, dan hadir di Indonesia Summerfest, harus diakui Bola.com bisa membuat kita langsung kangen Indonesia. Kopi khas Indonesia yang punya cita rasa yang membuat orang-orang di Jerman juga menyukainya.

    Festival yang didukung Museum Weltkulture dan Yayasan Kulturfonds Frankfurt RheinMain ini dihadiri lebih dari 500 pengunjung. Harapannya, melalui festival ini kemitraan antara Indonesia dan Jerman makin kuat dan menciptakan lebih banyak kesempatan bagi masyarakat Indonesia dan Jerman untuk berbagi dan belajar satu sama lain.

     
    4 dari 4 halaman

    Laporan dari Jerman

    Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

    <p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Sepak Bola Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer