Sukses


    7 Maskot Piala Dunia yang Paling Fenomenal, Milik Italia Abstrak tapi Ikonik

    Bola.com, Jakarta - Perhelatan Piala Dunia selalu diwarnai dengan kehadiran logo dan maskot, yang punya ciri khas dan makna masing-masing. Maskot Piala Dunia ini mulai tercetus pada Piala Dunia 1966, meski turnamen sepak bola paling akbar ini telah berlangsung sejak 1930.

    Pada Piala Dunia 1966, Inggris selaku tuan rumah mengeluarkan maskot untuk turnamen sepak bola empat tahunan. Maskot pertama bernama Willie yang ternyata membawa keberuntungan karena Inggris jadi juara dunia untuk pertama kali.

    Setelah itu, tuan rumah setiap edisi Piala Dunia menciptakan maskotnya masing-masing, termasuk nanti di Piala Dunia 2022 Qatar. Maskot Piala Dunia biasanya identik dengan negara tuan rumah.

    Maskot bisa berwujud hewan khas negara tuan rumah, budaya setempat, atau tokoh. Negara tuan rumah akan membuat maskot semenarik dan seunik mungkin sehingga dikenang sepanjang masa.

    Dari sejumlah maskot yang telah muncul dari Piala Dunia 1966 hingga 2022, simak tujuh maskot terbaik di ajang ini. Langsung kita simak daftarnya.

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 8 halaman

    7. Qatar 2022: La'eeb

    La'eeb mengangkat sepotong kecil budaya Timur Tengah di Piala Dunia 2022. Maskot ini serupa bentuk ghutra atau hiasan kepala yang kerap para pria dipakai di Timur Tengah.

     

    3 dari 8 halaman

    6. Meksiko 1986: Pique

    Meksiko menggunakan ciri khas lada jalapeno dengan kumis dan sombrero sebagai maskot Piala Dunia 1986. Karakter itu adalah citra yang menggembirakan untuk branding turnamen.

     

    4 dari 8 halaman

    5. Prancis 1998: Footix The Cockerel

    Prancis menggambarkan cockerel atau ayam jantan, yang merupakan salah satu simbol bangsa dan tim nasional, sebagai maskot untuk Piala Dunia 1998. Prancis menamai maskot ini dengan sebutan Footix yang berarti membawa umur panjang.

     

    5 dari 8 halaman

    4. Afrika Selatan 2010: Zakumi

    Zakumi macan tutul adalah pemandangan yang menawan di Piala Dunia 2010 yang pertama kali berlangsung di Benua Afrika. Maskot berwajah bahagia itu menggambarkan makhluk yang percaya diri dan suka bertualang untuk membantu membawa suasana positif melalui turnamen.

     

    6 dari 8 halaman

    3. Brasil 2014: Fuleco Armadillo

    Brasil mengambil inspirasi dari hewan armadillo atau sejenis trenggiling yang diberi nama Fuleco untuk maskot untuk Piala Dunia 2014.

    Hewan ini mengalami penurunan populasi yang tajam sehingga dunia wajib tahu serta menyoroti keanekaragaman hayati di Brasil.

     

    7 dari 8 halaman

    2. Inggris 1966: Willie

    Willie yang lahir di Inggris pada 1966 menginspirasi lahirnya sejumlah maskot Piala Dunia hingga kini. Singa ini memiliki kemeja sepak bola Union Jack yang juga melambangkang lambang Three Lions.

     

    8 dari 8 halaman

    1. Italia 1990: Ciao

    Ciao, maskot untuk Piala Dunia 1990, adalah stickman dengan bola sebagai kepalanya yang dianggap maskot yang abstrak. Meski demikian, Ciao sangat modern saat itu, dan warna Tricolore Italia sangat mencolok untuk diperkenalkan ke dunia.

    Sumber: HITC

     

    Video Populer

    Foto Populer