Sukses


    Neymar dan Enner Valencia, Cermin Patriotisme Membela Negara di Piala Dunia 2022

    Bola.com, Doha - Piala Dunia 2022, bagi para pemain bukan sekadar ajang untuk pamer aksi individu. Lebih dari misi itu, turnamen sepakbola akbar sejagat di Qatar itu momen pemain menunjukkan patriotisme kepada negara masing-masing di mata publik Internasional.

    Itulah alasan kenapa para pesepakbola profesional sangat bangga bisa mengenakan jersey kebesaran negaranya.

    Hingga matchday kedua Piala Dunia 2022, sosok Neymar dan Enner Valencia pantas jadi contoh betapa besar rasa cinta mereka kepada Brasil dan Ekuador.

    Sikap itu mereka tunjukkan kala harus menahan rasa sakit di tengah laga demi menjaga harga diri negaranya.

    Neymar menangis saat ditarik keluar menit ke-80 ketika Brasil menggasak Serbia 2-0 pada laga pertama penyisihan Grup G Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail Iconic, Jumat (25/11/2022) dini hari WIB.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 6 halaman

    Cedera

    Tangis Neymar bukan karena Tim Samba menang. Tapi dia menyesali cedera engkel yang memaksanya harus mengakhiri pertandingan lebih awal dibanding rekan setimnya.

    Kekecewaan kapten tim ini bakal lebih besar lagi. Pasalnya, berdasar diagnosa tim dokter, Neymar dipastikan absen hingga akhir babak penyisihan Grup G Piala Dunia 2022.

     

    3 dari 6 halaman

    Enner Valencia Senada

    Setali tiga uang. Enner Valencia, pahlawan Ekuador saat mempermalukan Qatar 2-0 dan memaksa Belanda bermain imbang 1-1 juga harus menahan rasa perih di lututnya.

    Rasa sakit itu mulai dirasakan Valencia saat memborong dua gol Ekuador ke gawang Qatar pada penyisihan Grup A. Penderitaan striker berusia 33 tahun itu kembali dialami saat menyamakan gol melawan Belanda.

    Setelah pertandingan Valencia mengungkapkan rasa sakit di lututnya menyengat sejak debutnya kontra Qatar.

    "Saya menjalani tes dan ternyata lutut saya terkilir. Ini cukup mengganggu saya. Hari ini, saya bermain dengan rasa sakit, tetapi yang terpenting adalah saya bisa membantu tim dan kami masih kuat," kata Valencia.

    4 dari 6 halaman

    Kondisi Terkini

    Kapten Timnas Ekuador itu sempat menjalani scan untuk melihat sejauh mana cederanya sebelum menghadapi laga kedua dan dinyatakan fit.

    Usai Ekuador menahan laju Belanda, Valencia menyatakan tekadnya untuk terus membantu tim hingga fase tertinggi.

    "Ada beberapa peningkatan di lutut. Saya berharap bisa menahan rasa sakit itu dan pulih lagi saat melawan Senegal. Selama masih kuat, saya akan terus membantu tim," tuturnya.

    5 dari 6 halaman

    Performa Oke

    Pelatih Ekuador Gustavo Alfaro mengatakan Valencia sedang dalam performa yang bagus. Namun dia tidak merinci kesehatan sang kapten.

    "Dia adalah pemain papan atas saat mengenakan jersey Ekuador. Kadang-kadang dia dikritik secara tidak adil," ujar Alfaro.

    Valencia adalah satu-satunya pemain yang bertahan dari skuat Ekuador di Piala Dunia 2014 yang tidak lolos dari fase grup. Tampaknya, Valencia ingin menebus kegagalan di Piala Dunia 2022.

    6 dari 6 halaman

    Laporan Langsung KLY Sports dari Qatar

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer