Sukses


    Gibran Klaim Final Piala Dunia U-20 2023 Digelar di Solo, PSSI: Masih Rencana

    Bola.com, Jakarta - Wakil Sekjen PSSI, Maaike Ira Puspita, buka suara mengenai klaim Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, seputar rencana Stadion Manahan sebagai venue final Piala Dunia U-20 2023. Menurut Maaike, kabar itu masih dalam tahap rencana.

    Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengonfirmasi Stadion Manahan Solo sebagai venue final Piala Dunia U-20 2023. Kepastian itu didapat dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.

    Gibran mengaku senang dengan kepercayaan yang diberikan kepada Solo untuk menjadi venue final turnamen bergengsi tersebut. 

    Menurut Gibran, Kota Solo, khususnya Stadion Manahan, sudah berpengalaman menjadi tuan rumah internasional seperti ASEAN Paralympic Games (APG). 

    "Kita jadi tuan rumah final Piala Dunia U-20 2023, seneng banget saya. Kalau Pak Menpora sudah mengatakan, ya sudah. Solo ya beberapa kali jadi tuan rumah sukses semua. Tolong disampaikan ke warga, final Piala Dunia di Solo," kata Gibran seperti dikutip dari Merdeka.com.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 5 halaman

    Masih Rencana

    Wakil Sekjen PSSI, Maaike Ira Puspita, mengakui adanya rencana menjadikan Stadion Manahan Solo sebagai venue final Piala Dunia U-20 2023. Namun, pihaknya belum bisa menyebut pertimbangan apa yang diambil dalam pemilihan tersebut karena semuanya masih dalam tahap rencana.

    "Rencananya demikian," kata Maaike Ira Puspita dalam pesan singkat ke Bola.com, Senin (13/2/2023).

    "Masih dalam rencana. Jadi, pertimbangannya belum bisa di-share," tegas Maaike.

    3 dari 5 halaman

    FIFA Beri Pengecualian

    Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, menyebut FIFA memberikan dua pengecualian pada Indonesia saat menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Zainudin menyebut, FIFA mengizinkan diadakannya upacara pembukaan dan penutupan.

    Pada Piala Dunia U-20 sebelumnya, negara penyelenggaran tidak mengadakan acara pembukaan dan penutupan turnamen. Namun, Indonesia sudah meminta izin dan mendapatkan dukungan dari FIFA untuk menyelenggarakan agenda seremonial tersebut.

    Ada satu hal yang berbeda pada Piala Dunia U-20. Di Beberapa negara sebelumnya, sebenarnya U-20 itu tidak ada seremonial pembukaan atau openingnya. Akan tetapi, khusus untuk Indonesia ini oleh Presiden FIFA, acara itu diizinkan," kata Zainudin Amali.

    4 dari 5 halaman

    Siap Koordinasi

    Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memastikan siap berkoordinasi dengan Wishnutama Kusubandio yang bertanggung jawab saat opening dan closing ceremony Piala Dunia U-20 2023. Langkah itu dilakukan agar upacara penutupan bisa berlangsung lancar.

    Wishutama disebut juga bakal datang ke Solo untuk bertemu dengan Gibran. Nantinya, akan dibahas siapa saja yang bakal menjadi pengisi hiburan pada event penutupan tersebut.

    "Tunggu Pak Wishnutama ya, minggu-minggu ini ke Solo. Nanti band-bandnya siapa saja, tanya beliau," tegas Gibran

    5 dari 5 halaman

    Daftar Tim yang Sudah Lolos ke Piala Dunia U-20 2023

    1. Timnas Indonesia U-20
    2. Republik Dominika
    3. Guatemala
    4. Honduras
    5. Amerika Serikat
    6. Kepulauan Fiji
    7. Selandia Baru
    8. Inggris
    9. Prancis
    10. Israel
    11. Italia
    12. Slovakia
    13. Brasil
    14. Uruguay
    15. Ekuador
    16. Kolombia

    Video Populer

    Foto Populer